Cara Sukses Lulus SBMPTN Tanpa Bimbel

Sumber Gambar : nyunyu.com

Selesksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negri (SBMPTN) memang menjadi momok menegangkan tersendiri bagi para pelajar SMA/MA/SMK/Sederajat. Bahkan banyak sekali yang bilang SBMPTN lebih mainstream daripada Ujian Nasional (UN) yang dari tahun ketahun selalu diadakan oleh pemerintah dengan banyak kekuarangan didalamnya.

Sebenarnya yang membuat SBMPTN lebih mainstream (baca; sulit), karena SBMPTN tersendiri terbilang cukup memiliki persaingan yang sangat sengit, ada yang bilang pula baahwa 1 (satu) kursi untuk bisa kuliah di  Universitas atau Intitut yang di inginkan harus mengalahan 50-60 siswa lain yang ada diseluruh Indonesia. Bukan hanya itu, soal-soal SBMPTN adakalanya lebih terasa sukar, tentunya hal itu terjadi bilamana kamu tidak belajar.

Oleh karenanya tulisan Cara Sukses Lulus SBMPTN Tanpa Bimbel ini akan sedikit banyak menjelasakan, bagimana jika kamu ingin lulus SBMPTN namun tidak bimbel atau kursus mata pelajaran tertentu yang belum seberapa dikuasai, hal ini bisa disebabkan karena kendala uang atau finansial, karena kesibukan atau karena tinggal dipedesaan yang amat sangat jauh dari tempat bimbelan.

Namun sebelumnya, tulisan ini bukan bermaksud menggurui-hanya sekedar berbagi (shering) tentang Cara Sukses Lulus SBMPTN Tanpa Bimbel, yang awal mulanya berangkat dari pengalaman pribadi waktu lolos SBMPTN tertulis tidak pernah mengikuti bimbel.

Cara Lulus SBMPTN Tanpa Bimbel

Berikut cara saya, sewaktu tidak mengikuti bimbel namun lulus Tes SBMPTN akan dipaparkan satu persatu ;
Cara Sukses Lulus SBMPTN Tanpa Bimbel yang Pertama ; Pelajari berbagai contoh soal SBMPTN tahun-tahun sebelumnya, terutama soal-soal yang sifatnya general seperti soal-soal logika.

Kelemahan bagi para pelajar yang ingin lolos SBMPTN tanpa bimbel adalah ketidaktahuan bagaimana menyelesaikan soal-soal seperti itu, hal ini bisa menjadi suatu kewajaran mengingat soal-soal yang berbagau logika tidak pernah diajarkan ketika duduk di bangku SMA atau sederajat.
Apalagi soal-soal logika memiliki frekuesi yang lumayan besar, maka pelajarilah, dan sebenarnya pula, soal-soal seperti ini memilki kesamaan penyelesaian dari soal-soal SBMPTN sebelumnya, oleh karenanya yang menjadi kunci apabila kamu ingin lolos SBMPTN pelajari soal-soal tersebut secara berulang.

Cara Sukses Lulus SBMPTN Tanpa Bimbel yang kedua ; Luangkan waktumu lebih dibandingkan dengan mereka yang ikut BIMBEL.

Tingkat PeDe antara siswa yang ikut bimbel dengan tidak memang sangat banyak perbeaan, umumnya siswa yang ikut bimbel lebih percaya diri untuk bisa lulus SBMPTN sedangkan siswa yang tidak mengikuti bimbel lebih was-was, alias takut tidak lulus SBMPTN.

Hal terpenting dari PeDe para siswa yang ikut bimbel ketika tes SBMPTN, karena frekuesi mereka belajar lebih banyak. Kamu bisa bayangkan, deh, siswa yang ikut Bimbel di setiap sore selalu belajar sedangkan yang tidak mengikuti bimbel jarang sekali untuk belajar.

Menyikapi hal itu, entah kesibukan dan alasan apa yang membuatmu tidak mengikuti bimbel usahakan dimalam harinya, kamu bangun (kalau yang Islam, sholat Tahajud) selanjutnya kamu belajar, saran saya bangun dan belajarlah dimalam hari berkisaran pukul 03;00 dini hari, mulai belajar dari jam segitu, suasana tenang dan nyaman akan membuatmu lebih bisa memahami segala soal-soal yang ada.

Cara Sukses Lulus SBMPTN Tanpa Bimbel yang Ketiga ; Selesai UN usahakan masih tetap belajar bahkan diperbanyak lagi frekuesi waktunya

Hal yang menjadi masalah ketika kita tes SBMPTN adalah jarak waktu, yang biasanya ada jenjang cukup lama dari Ujian Nasional, masa-masa luang otamatis lebih banyak, kan?. Nah, untuk memanfaatkanya, tetaplah untuk terus belajar seraya bertanya kepada teman-teman, akses informasi semaksimal mungkin, dengan begitu kamu akan lebih siap setara dengan teman-teman yang ikut Bimbelan.

Cara Sukses Lulus SBMPTN Tanpa Bimbel yang Keempat ; Perbanyak bertanya dengan kakak kelas yang sudah lulus SBMPPTN

Cara yang keempat ini takalah penting, untuk kamu yang ingin Sukses Lulus SBMPTN Tanpa Bimbel adalah bertanya dengan banyak kakak kelas yang sudah kuliah artinya sudah pernah lolos SBMPTN, Tanya tipsnya bahkan jika diperlukan tanyakan kepada beliau-beliau, soalnya masih ada apa tidak?, pokoknya bertanyalah yang sekiranya bermanfaat untuk meningkatkan kePeDeanmu, lolos SBMPTN.

Cara Sukses Lulus SBMPTN Tanpa Bimbel yang Kelima ; Sesekali Usahakan Ikut Try Out yang saat ini banyak diselenggarakan oleh berbagai lemaga kemahasiswaan atau intitusi pendidikan.

Mengikuti Try Out sebisa mungkin untuk dilakukan, bagi kamu yang ingin Lulus SBMPTN Tanpa Bimbel. Hal ini sebagai upaya melihat kemampuan dan nilaimu, dimana sekiranya ada jurusan dan univeritas yang bisa menerima dan sesuai dengan kapasitas nilai yang kamu miliki.
Jangan memaksakan kehendak!, misalnya kamu harus lolos di Jurusan Kedokteran Universitas Indonesia, namun nilaimu tak cukup untuk kesana, maka carilah yang PG (Passing Grade) nya yang lebih kecil, dari Universitas disana yang sekarang bisa kamu akses di Internat.

Cara Sukses Lulus SBMPTN Tanpa Bimbel yang Keenam ; Memaksimalkan adanya Les Disekolah Ketika menjelang Ujian Nasional.

Hampir setiap sekolah, baik di pedesaan atau di perkotaan, baik swasta atau negri selalu mengadakan les yang waktunya biasanya kurang lebih 3 bulanan. Nah, jika kamu nggak ikut BIMBEL SBMPTN dan berkeinginan untuk lolos, momentum ini bisa kamu ikuti dengan maksimal, sesekali kamu juga bisa curhat dan meminta ajari guru yang ada di sekolah.

Beliau para guru yang kita tanya biasanya cepet tanggap, kok, karena biar bagaimanapun kewajiban seorang guru adalah mendidik dan mengajarkan ilmu kepada murid-muridnya.



Semoga Cara Sukses Lulus SBMPTN Tanpa Bimbel, yang telah penulis sebutkan dapat membatu teman-teman untuk lolos SBMPTN, amin.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Sukses Lulus SBMPTN Tanpa Bimbel"