#3 Cara Lolos Beasiswa Dengan Mudah, No 2 Penting!



Cara Lolos Beasiswa Dengan Mudah


SeputarPembahasan.Com- Tidak ada yang mudah memang di dunia ini, namun juga tidak ada yang tidak mungkin jika mau berusaha. Mental seperti inilah yang dimiliki oleh para pemburu beasiswa, baik beasiswa PPA, Djarum, KSE, LPDP, atau yang lainnya. Semuanya  terlihat sangat jauh dan susah digapai pada awal, namun kepercayaan pada diri sendirilah yang membuat semuanya terasa mungkin dan akhirnya menjadi kenyataan.
Baca: 8 Cara Juara Olimpiade Sains Nasional
Satu-satunya yang dapat menolong dalam seleksi beasiswa adalah diri sendiri, karena kenyataannya dukungan dari berbagai pihak hanya menguatkan untuk maju saja. Namun apa yang diri perbuat dilapanganlah yang menentukan segalanya. Maka dari itu, perencanaan yang matang sangat diperlukan.
 

Cara Lolos Seleksi Beasiswa



Lolos Adminsitrasi
 
Pada seleksi tahap pertama, yakni tahap administrasi, yang perlu dilakukan adalah hanyalah kejujuran. Kejujuranlah kunci utama agar bisa lolos pada tahap ini. Isilah dokumen-dokumen yang disyaratkan dengan jujur sesuai dengan keadaan mengapa kita pantas mendapatkan beasiswa tersebut, terlebih lagi ketika ada persyaratan untuk melampirkan esai karya sendiri. Apa yang kita tuliskan pada esai haruslah dapat menyentuh dan menggugah hati para juri tanpa meninggalkan kejujuran.
 
Artinya, setiap kata demi kata harus dipikirkan dan dirangkai dengan baik, agar apa yang ingin kita sampaikan dapat terungkapkan dengan tepat. Lebih baik jika esai tersebut ditulis dengan tulisan tanga-apabila tidak diperintahkan untuk diketik, karena tulisan tangan dapat menyampaikan perasaan penulis secara eksplisit, dan tak jarang pula diantara tim penyeleksi beasiswa salah satunya adalah psikolog yang dapat membaca karakter seseorang dengan menganilisa tulisan tangan, sehingga dapat memperbesar peluang pengaju beasiswa apabila esai tersebut ditulis dengan kejujuran.
 
Kejujuran kembali sangat diperlukan pada tahap wawancara, pengaju beasiswa yang memenuhi pesyaratan dan memiliki kejujuran tidak akan terlalu gusar mengahadapi tes pada tahap ini. Hal yang perlu dipersiapkan hanyalah melatih diri untuk dapat menajawab pertayaan-pertanyan tim penyeleksi dengan tenang. Caranya bisa dengan membaca kembali dokumen-dokumen yang telah diisi pada tahap administrasi untuk menerka pertanyaan-pertanyaan yang mungkin diajukan, dan melatih ketenangan dengan cara membiasakan diri untuk berbicara santai dengan orang-orang asing.

Ketenangan sangat menentukan untuk lolos pada tahap ini, karena tak jarang orang yang jujur gagal pada tahap ini karena gugup dan tidak bisa menjawab dengan tenang saat diajukan pertanyaan, sehingga apa yang dikatakan tidak sesuai dengan apa yang seharusnya menjadi jawaban. Ketenangan dan kejujuran harus berkolaborasi dengan ciamik untuk berhasil pada tahap ini.
 
Tahap Tes Bakat dalam Beasiswa
 
Tahap selanjutnya yang sering menjadi salah satu syarat dengan poin tinggi untuk lolos beasiswa adalah tahap tes bakat. Pada tahap ini pengaju beasiswa di harapkan dapat mampu memikat hati tim penyeleksi dengan pertunjukkan bakat. Satu kata yang perlu untuk diingat, yakni memikat. Telah sering didapati bahwa orang-orang yang memiliki bakat namun mengacuhkan satu kata ini gagal menerima beasiswa.
 
Untuk itu, pada tahap ini yang diperlukan adalah jadilah pengunjuk bakat yang cerdas. Dalam artian, bakat yang kita tunjukkan tak perlu banyak, cukup paling banyak dua bakat, namun dengan konsep yang dapat memikat hati yang melihat. Berpikirlah untuk menunjukkan pertunjukkan bakat yang memikat dan susah untuk dilupakan.
 
Sukses focus group discussion
 
Tahap terakhir yakni focus group discussion. Tahap ini akan memperlihatkan orang-orang cerdas, kritis, dan yang memliki kemampuan public speaking yang baik. Satu-satunya kunci untuk lolos pada tahap ini yakni tampil menonjol.
 
Cara untuk dapat menonjol dari peserta lainnya yaitu dengan menguasai pokok bahasan yang didiskusikan dengan baik dan berani untuk beragumentasi, setiap argumen yang kita sampaikan haruslah berisi. Maksudnya adalah tidak melenceng dari bahasan, sesuai dengan data-data yang valid, dan menggunakan pilihan kata yang tepat sehingga mudah dimengerti. Pilihlah kata-kata yang dapat membuat orang-orang yang mendengar setiap argumen kita membenarkan argumen tersebut. Public speaking skill yang baik dapat memuluskan jalan pada tahap ini, cara untuk meningkatkan kemampuan public speaking yakni dengan mulai sering berlatih mengajukan pertanyaan dan menjawab pertanyaan pada saat diskusi dikelas.
 
Modal utama dalam mengikuti seleski beasiswa adalah keyakinan bahwa pasti bisa lolos, namun usaha mempersiapkan berbagai tahapan tes adalah yang terpenting. Karena keyakinan tanpa usaha sama halnya seperti berharap rezeki turun dari langit. Mulailah untuk mencari tahu terlebih dahulu segala hal mengenai beasiswa yang ingin diikuti, seperti jadwal pendaftaran, tahapan tes apa saja yang harus dilalui, dan persyaratan apa saja yang harus dilengkapi.
 
Lalu mulailah persiapkan segala hal untuk setiap tahapan tes dengan baik jauh hari sebelum tahapan tes tersebut dimulai. Usahakan untuk merencanakan segala sesuatunya, agar penampilan pada setiap tes tidak akan mengecewakan diri sendiri. Karena sesungguhnya sebaik-baik hal yang dapat dilakukan manusia adalah berencana dan berusaha, selebihnya biarlah Tuhan yang menentukan.

Demikinalahlah tulisan mengenai #3 Cara Lolos Beasiswa Dengan Mudah, No 2 Penting!. Dengan judul asli Cara Lolos Beasiswa Berencana dan Berusaha. Penulis dalam artikel ini adalah Indri Amrina Rossada. Semoga dapat bermanfaat bagi setiap pembaca yang sedang mempersiakan diri dalam "Beasiswa". Trimakasih, jangan lupa baca juga artikel lainnya;
  1. Cara Menang Main Catur Secara Cepat, Terbukti. 
  2. Saat Ini, Lampung Punya 8 Tokoh Yang Patut Dijadikan Inspirasi 
  3. Cara Mendaftar Wisudawan Terbaik di Unila 
  4. Kabupaten Tulang Bawang Barat, dan [5] Fakta yang Harus Kamu Baca!

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "#3 Cara Lolos Beasiswa Dengan Mudah, No 2 Penting!"