4 Cara Mudah Lolos Beasiswa Bank Indonesia yang Harus Kamu Baca

Cara Lolos Beasiswa Bank Indonesia

Beasiswa bisa dikatakan sebagai sebuah bantuan yang diberikan oleh lembaga pemerintah dan instansi perusahaan baik itu berbentuk swasta maupun negara. Bentuk beasiswa yang diberikan berupa bantuan keuangan, sehingga cenderung bersifat untuk memotivasi seseorang untuk terus melanjutkan pendidikannya. Di Indonesia, kesempatan untuk memperoleh beasiswa sangatlah besar. Hal ini dikarenakan program beasiswa sendiri sudah menjadi bagian dari Corporate Social Responsibility (CSR) lembaga-lembaga dan instansi.
Hal ini dilatar belakangi dari perlu adanya pengabdian suatu lembaga atau instansi kepada masyarakat karena lembaga atau instansi juga sebagai bagian dari lingkungan masyrakat itu sendiri. Selain itu, penulis juga beranggapan bahwa beasiswa perlu diberikan dengan berpegang teguh pada motto “sebesar apapun instansi atau lembaga, maka tidak akan berguna jika tidak ada manfaatnya untuk masyarakat”. Sebagai penulis yang memegang teguh motto ini, maka pada kesempatan ini saya akan berbagi cerita tentang cara memperoleh beasiswa.

Sebelumnya, saya selaku penulis artikel ini adalah seorang penerima Beasiswa Bank Indonesia pada periode 2016 dan 2017. 2 periode karena masa penerima beasiswa ini hanya berkisar 1 tahun. Pada beasiswa ini, saya tidak hanya diberikan bantuan keuangan saja, namun sayajuga diberikan banyak hardskill ( Bahasa Inggris dan enterpreneurship ) dan softskill (pelatihan kepemimpinan, pemberian motivasi dan etika, kemampuan berkomunikasi, serta pembelajaran kerjasama dalam suatu kepanitiaan). Selain hardskill dan softskill, kami yang selaku penerima Beasiswa ini juga dibentuk organisasi oleh Bank Indonesia yang bernama Generasi Baru Indonesia (GenBI).

Sehingga di dalam organisasi inilah, kami mendapatkan pengalaman tentang cara melakukan bakti sosial, kegiatan peduli lingkungan, dan bahkan yang paling berkesan adalah mempresentasikan uang rupiah terbaru emisi 2016 kepada masyarakat-masyarakat sekitar. Melihat hal-hal tersebut, tentu ini beasiswa yang sangat positif untuk teman-teman semua.

Cara untuk memperoleh melalui wawancara dengan ketiga orang yang berasal dari Karyawan Bank Indonesia, pihak universitas, dan pengurus dari organisasi GenBI. Pertanyaannya sebagian adalah tentang diri teman-teman, apa kegiatan-kegiatan yang telah dilakukan untuk universitas, dan menanyakan komitmen untuk GenBI karena sebagai penerima, akan diwajibkan untuk turut aktif di organisasi GenBI, yang mana di GenBi inilah, saya mendapat pengalaman-pengalaman yang luar biasa ini. Berbeda dengan masa beasiswa, masa di GenBI bersifat seumur hidup.
 
Tentu bagi saya selaku penulis, beasiswa ini sangat berkesan dan saya sangat beruntung dapat memperolehnya. Sehingga saya sangat merekomendasikan untuk teman-teman mengambilnya. Oleh karena itu, saya juga tidak ragu untuk berbagi tips kepada rekan-rekan semua, agar lolos di beasiswa ini. Tips yang telah saya lakukan dan telah terbukti, bahkan hingga menerima beasiswa ini 2 periode. Berikut tipsnya :

Cara Lolos Beasiswa Bank Indonesia

  1. Jujur, karena sistem seleksinya adalah wawancara. Jawab pertanyaannya secara jujur, sehingga terkesan bahwa diri teman-teman adalah orang yang dapat dipercayai untuk memperoleh beasiswa ini.
  2. Pelajari hal-hal yang berkaitan dengan GenBi. Selain bantuan keuangan yang teman-teman peroleh, teman-teman juga dituntut untuk aktif di GenBI. Oleh karena itu, pewawancara akan lebih senang dengan orang yang ingin aktif di GenBI. sehingga dalam wawancara ini, sebaiknya teman-teman menambah wawasan teman teman tentang GenBI agar mempermudah teman-teman memperoleh beasiswa ini.
  3. Agar mudah memperoleh beasiswa ini kedua kalinya, usahakan untuk turut aktif di GenBI, sehingga pewawancara sudah tidak ragu lagi dengan komitmen teman-teman dan dapat lolos dengan mudah.
  4. Berdoa, karena dengan berdoa, maka timbul ketenangan di dalam hati kita dalam menjawab pertanyaan. Sehingga jawaban tidak melenceng dari pertanyaan
Berikut tips yang saya berikan, semoga saja dengan adanya tulisan ini sendiri dapat membantu teman-teman semua. Kemudian saya selaku penulis juga berpesan andai gagal, jangan kecewa karena di balik kegagalan terdapat rezeki lain yang lebih baik. Intinya, jangan putus asa dan terus mencoba.

Demikianlah tulisan mengenai Cara Lolos Beasiswa Bank Indonesia yang ditulis oleh Hansen Tandra. Semoga dapat bermanfaat bagi segenap pembaca yang sedang mencari informasi atau sedang mencari tips mendapakan beasiswa.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "4 Cara Mudah Lolos Beasiswa Bank Indonesia yang Harus Kamu Baca"