Beasiswa Aktivis Nusantara [Pengalaman & Cara Mendapatkannya]

Beasiswa Aktivis Nusantara [Pengalaman & Cara Mendapatkannya]


SeputarPembahasan.Com- Mimpi adalah motivasi berharga yang dimiliki oleh orang orang yang berharga pula. Setiap insan yang dibekali hati dan fikiran yang tergunakan dengan baik pasti akan memiliki mimpi dan cita cita mulia dalam hidupnya.berbicara tentang mimpi maka artinya kita memasuki ranah pemaknaan dari sebuah visi hidup dan rancangan tangga tangga masa depan. Ya, setiap orang memiliki hak yang sama untuk bermimpi setinggi mungkin tanpa adanya pemaksaan batas untuk bermimpi. Mimpi bukan hanya saja miliki orang dewasa , seorang anak kecil pun juga memiliki hak untuk bermimpi, mimpi bukan saja milik kalangan orang berharta , seseorang dari keluarga sederhana pun juga berhak untuk memiliki mimpi, mimpi bukan saja milik seseorang yang berasal dari keluarga yang dipenuhi dengan nuansa intelektual secara warisan namun seseorang yang terlahir dari keluarga yang jauh dari nuansa intelektualpun juga memiliki hak untuk bermimpi setinggi mungkin.
Baca Juga: 10 Jenis Beasiswa Skripsi Yang Jadi Rekomendasi
Inspirasi teladan dan motivasi adalah modal utama dari perwujudan sebuah mimpi. Mimpi hanya akan menjadi angan angan jika tidak terwujudkan melalui ikhtiar dan kerja keras. Setiap pribadi yang hidupnya dipenuhi dengan mimpi masa depan yang cerah akan memiliki tangga tangga mimpi yang harus dia naiki setiap tangga untuk menuju pada tangga mimpi terakhir. Untuk mencapai tangga teratas maka setiap pemimpi harus mampu melewati tangga tangga sebelumnya,  maka perencanaan yang baik dan ikhtiar kerja keras adalah kunci dalam mewujudnya.

Beasiswa Aktivis Nusantara


Pada kesempatan berbagi inspirasi dan pengalaman kali ini saya ingin menuliskan perjalanan ikhtiar saya dalam berjuang meraih beasiswa aktivis nusantara 2017. Beasiswa ini adalah beasiswa nasional yang terseleksikan kepada mahasiswa tingkat 3 dan 4. Adapun mahasiswa yang memiliki hak untuk mengikuti seleksi beasiswa ini adalah yang berasal dari Universitas Sriwijaya, Universitas Indonesia, Universitas Negeri Yogyakarta, Institut Pertanian bogor, Institut Teknologi Bandung, Universitas Padjajaran, Universitas Sebelas Maret Surakarta, Universitas Gadjah Mada, Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas Tanjung Pura, Institut Teknologi Sepuluh November, Universitas Airlangga dan Universitas Negeri Surabaya.

Beasiswa aktivis nusantara atau yang lebih dikenal dengan Bakti Nusa adalah beasiswa yang tertuju kepada mahasiswa yang merupakan aktivis kampus. Adapun persyaratan yang harus dipenuhi dalam proses seleksi beasiswa aktivis nusantara adalah sebagai berikut :

Syarat dan Ketentuan Beasiawa Aktivis Nusantara
  • Aktivis kampus
  • Beragama islam
  • Mahasiswa tahun ke 3 dan 4
  • Tidak pernah menerima beasiswa sejenis
  • Memiliki aktivitas sosial di masyarakat
  • Pernah menulis di media cetak dan atau media elektronik.
  • Pernah menjadi narasumber minimal skala kampus.
  • Memiliki rencana S2
  • Memiliki kemampuan bahasa asing ( diutamakan bahasa inggris)
  • Memiliki IPK min 3
  • Memilki dan aktif dalam akun sosial media
  • Bersedia mengikuti seluruh rangkaian program hingga selesai masa pembinaan ( 2 tahun)
  • Bersedia tidak menikah selama masa 1 tahun pembinaan beasiswa.

Pengalaman Mendaftar Beasiawa Aktivis Nusantara


Tahun ini saya beranikan diri untuk membulatkan tekat mendaftar seleksi beasiswa aktivis nusantara. Dari penulisan proposal hidup yang sangat rinci setiap bulan selama sepuluh tahun kedepan, penulisan cv dan identitas diri, surat rekomendasi dan penulisan essay dan diakhiri dengan seleksi uji public dan uji gagasan. Dan berikut adalah trip dan trik berdasarkan pengalaman pribadi :

Cara Mendapatkan Beasiawa Aktivis Nusantara


Proses seleksi berkas.


Ada beberapa berkas yang harus disiapkan dalam proses seleksi. Dalam tahap ini saya termasuk peserta yang mengirim kategori deadline. Bayangkan saja saya mengirim H- 1,5 jam sebelum penutupan itupun dengan cara pengiriman VIP alias dengan pengiriman khusus melalui cara lain setelah saya complain kepada panitia seleksi bahwa web untuk mengupload berkas sedang crowded karena efek jam jam penutupan pengumpulan . Jadi pastikan berkas kamu nanti terkirim jauh jauh hari sebelum tanggal penutupan. Pastikan semua data pada formulir terisi dengan lengkap. Adapun berkas dokumen yang harus dilengkapi adalah sebagai berikut :

Proposal Hidup

Pada bagian proposal hidup pastikan setiap bulan pada setiap tahun terisi planning hidupmu dengan lengkap dan berlogika, karena bagian ini nanti akan mendapatkan monitor evaluasi jika diterima menjadi penerima bakti nusa. Tulislah bagian mimpi dan visi hidup seinspirasi mungkin, strategis dan sebagus mungkin namun kamu optimis akan mencapainya. Di bagian berkas ini ni yang membuat saya tak kunjung menyelesaikan berkas karena bagi saya benar benar butuh pertimbangan yang matang dalam menentukan planning tangga mimpi beberapa tahun kedepan, karena biasanya selama 21 saya hidup apa yang saya citakan dan azzamkan untuk tercapai dimasa kedepan itulah yang akan saya ikhtiarkan untuk tercapai jadi pastikan tidak main main dalam menulis proposal hidup

Curriculum vitae.

Nah di bagian ini tuliskan selengkap mungkin identitas diri kita hingga amanah organisasi dan kepanitiaan apapun yang kamu miliki. Akan memiliki nilai lebih lagi jika kamu pernah mengemban amanah strategis di tingkat apapun. Karena ini akan masuk dalam kriteria kemampuan leadership. Oh ya tidak kalah penting masukan semua prestasi yang kamu miliki dari sejak kamu lahir hingga detik kamu melengkapi berkas seleksi. Karena leadership dan prestasi adalah dua poin utama yang diunggulkan oleh bakti nusa. Biasanya nih penghafal quran juga akan menjadi pandangan prioritas oleh pihak manager untuk menerima nya sbg penerima beasiswa aktivis nusantara.

Surat rekomendasi.

Nah akan lebih baik lagi jika surat rekomndasimu berasal dari tokoh yang punya pengaruh strategis di lingkungan kampus/ masyarakat. Karna bisa jadi ini akan menunjukan kualitas integritasmu.

Essay .

Nah ini adalah bagian penting. Essay inilah yang berisi gagasan gagasan brilianmu untuk kontribusi negeri dan agama. Pastikan gagasanmu tidak mainstream dan linear biasa biasa saja. Pastikan essay dibuat seantimainstream mungkin. Lebih bagus lagi kalau kamu mencantumkan kutipan dari tokoh tokoh terkenal. Sebenarnya macam macam sih isi yang tertulis pada tulisan essay, ada yang menceritakan tentang mimpi mimpinya yang sudah dan akan dia perbuat untuk negeri dan agama ini, ada yang berisi paragraph nasionalisme.

Tapi menurut saya essay yang bagus dalam kontek seleksi bakti nusa berisikan gagasan gagasan abstrak yang visioner terbaru dan antimainstream disertai dengan mimpi mimpi apa yang akan kamu berikan untuk negeri dan agama ini sesuai dengan realisasi dan kematangan dirimu bukan sekedar idealism yang tidak realistis. Nah kalau judul essay saya kemarin adalah “Bukankah Peradaban Negeri Ini Dimulai Dari Pembinaan Insan Dan Peradaban Ilmu?”. Oh ya pastikan judul essaymu menarik yaaa…

Pastikan semua syarat syarat terpenuhi dalam dirimu, terkait syarat bisa dilihat di web bakti nusa. Yang menjadi syarat strategis adalah pastikan dirimu punya kemampuan leadership yang bagus dengan ditunjukan memiliki peran / kontribusi kebaikan yang pernah engkau emban dan punya prestasi. dan jangan lupa syarat terakhir yang saya tuliskan diatas untuk tidak menikah. Tapi tenang aja mulai tahun ini syarat ini hanya berlaku satu tahun pertama selama menerima beasiswa dibandingkan taun sebelumnya full 2 tahun ndak boleh nikah, karena kalau melanggar aqad harus denda 15 juta.

Seleksi tahap wawancara dan LGD.


Nah pada tahap ini peserta yang lolos tahap 1 akan dikumpulkan bersama dalam satu forum untuk LGD. Disini nanti kalian akan dihadapkan dengan berita terupdate untuk didiskusikan solusinya. Maka selama menjelang seleksi perbanyak baca berita aja. Dulu saya setiap hari selalu update berita online terkini meskipun pada akhirnya berita yang menjadi bahasan saat LGD berita terupdate hari itu sehingga karena focus prepare saya lupa buat baca berita terkini, but it’s no problem, tetap ada solusi lain dari setiap masalah keadaan yang penting kunciny adalah fikiran dan jiwa tetap santai dan tidak tegang.

Nah saran saya carilah tips sebanyak mungkin menjadi peserta LGD yang baik. Kalau kmrin saya sampai nanya nanya hal teknis dalam fgd yang baik kepada penerima BA tahun lalu bahkan dari regional Jakarta sekalipun, banyakin baca referensi LGD yang baik di internet. Nah dalam LGD ini kemampuan berfikir logis, ilmiah dan sistematis sangatlah menentukan. Jangan menjadi orang yang dominan egois dalam forum sekalipun kamu punya ide yang sangat brilian karena di forum ini dibutuhkan sosok yang punya kemampuan leadership yang baik yaitu mampu memanage dirinya dan respect dengan peserta lain.

Jangan menunjukan kengenyelan ide / pendapat kita. Jika ingin menolak karna tidak setuju ide kawan lain maka sampaikan dengan baik. Intinya pedulikan tatakrama dalam berdiskusi( tidak egois &  ngototan, perhatikan & hargai orang lain berbicara, siapkan nuansa wajah dan senyum yang sejuk dan pastinya aktif ( kalau aku dulu ketika ditawari siapa yang mau jdi notulensi/ moderator oleh manager Dompet dhuafa saya segera sigap angkat tangan buat menyanggupinya).

Kalau kamu gak punya ide gagasan baru solusinya adalah dengarkan dulu yang lain berargumen karena barang kali kamu akan menemukan gagasan dengan mengkombinasikan atau menyaring gagasan gagasan yang sudah tersampaikan. Di forum ini juga otak kanan kamu akan diuji kamu akan di tantang buat puisi dan mendeskripsikan kasus yang dibhas dalam fgd lewat gambar dan diminta untuk menjelaskan lisan.

Nah setelah LGD kamu akan ditantang mentalnya untuk tahap wawancara. Ditahap ini nanti sekitar 20- 30 menit kamu bakal ditanya Tanya untuk menggali dirimu. Pastikan kamu sudah paham dan matang tentang dirimu. Pastikan juga kamu paham dan yakin dengan proposal hidup yang kamu tulis karena akan ditanyakan keseriusannya disini.

Nah jadi kemarin saya ditanyai tentang harapan ortu kepada mimpi anaknya dan apa mimpi saya. Dari sekian mimpi mimpi saya Ketika saya menjawab mimpi profesi  utama seorang dosen, pewawancara berbalik nanya kembali “seberapa kamu yakin bisa mencapai mimpimu? “nah momen ini yang tidak akan pernah saya lupakan. Saya terdiam sebentar merenung dan berfikir untuk menjawab karena bagi saya jawaban yang akan saya berikan adalah janji saya kedepan yang harus ikhtiar untuk saya wujudkan. Bismillah “90 % pak”. Sang pewawancara menjawab “bagus kalau keyakinan dan keinginan sudah tinggi itu bagus, kalau missal keinginanmu saja  hanya 60 / 70 %  maka usahamu akan diragukan”.

Selanjutnya beliau memberikan wejangan alur berfikir untuk menjadi seorang dosen yang insya allah akan saya pegang. Oh ya disesi ini saya juga mendapat pertanyaan “kamu orangnya obsessive ya?? Apa yang kamu inginkan harus tercapai, hal apa yang kamu inginkan tapi blm tercapai dan hal apa yang kamu tdk inginkan tapi tercapai?” nah pokoknya siapkan jawaban yan matang dan meyakinkan,  sejujurnya jangan melebih atau mengkurangkan.

Pahamii betul dirimu, jangan menjawab pertanyaan dengan bertele tele biasanya pewawancara akan bosen. Jawab singkat tapi tegas dan meyakinkan. Pastikan kondisi psikologimu tenang , flexible dan santai dan pasang nuansa wajah menyejukan penuh senyum. ( biasanya kalau sudah akhlaq akan terpancar dan terbiasa dengan sendirinya semoga Allah menanamkan itu dalam diri kita).

Namun di sesi ini adalah proses yang tidak akan saya lupakan adalah persiapan. Disinilah kekuatan tawakal dan pertolongan allah semakin menguat. Hari hari persiapan seleksi semakin memperkuat doa kepada Allah adalah bentuk dari kesungguhan bermimpi apalagi ini seleksi beasiswa bergengsi nasional. Diam dalam bekerja dan berdoa.

Di setiap sholat selalu berdoa “ya rabb izinkan saya mempersembahkannya untuk ayah dan ibu”. Menjelang menit menit wawancara memperbanyak dzikir dan tilawah adalah menjadi pilihan persiapan mental. Masya allah semua terasa lancar dalam berbicara dan berfikir di luar logica dan kemampuan saya atas izin Allah. Kekuatan lisan yang berdzikir adalah salah satu cara kita untuk dekat dan mendekatkan pertolongan Allah.

Seleksi Uji Publik dan uji gagasan/ orasi.


Nah ini adalah tahap terakhir dalam seleksi penerimaan beasiswa aktivis nusantara. Di tahap ini kamu akan diuji kemampuan public speaking dan orasi. Jadi di tahap ini kamu akan diberi waktu 5 menit untuk menyampaikan gagasan dalam essay di depan audiensi. Oh ya jadi peserta diwajibkan membawa tim sukses minimal 5 orang sebagai syarat bisa lanjut ke tahap uji public, jika kurang dari 5 maka akan didiskualifikasi. Oh ya jadi critanya pengumuman kelolosan ke tahap uji public adalah diumumkan sabtu sore sedangkan uji public dilaksanakan hari ahad, maka saya harus tidak lebih dari 12 jam buat mencari  dan mengkoordinir para pendukung saya yang besuk bisa hadir adalah pekerjaan yang susah susah mudah mengingat waktu yang sangat mendadak, belum lagi saya belum mempersiapkan belajar public speaking untuk orasi.

Finally timses saya terbanyak saat uji public hingga beberapa peserta melobi saya untuk  “meminjamkan “ anggota timses saya yang berlebih kepada mereka agar tidak terdiskualifikasi. Ya saya percaya Allah yang akan menentukan takdir hambaNya nanti, saat itu naluri hati saya mengatakan “ya bantulah “ meskipun secara logika ini merugikan saya karena menyelamatkan “lawan “ saya.

Pada Tahap ini kamu akan diberikan beberapa pertanyaan dari sesama peserta dan audiensi. Menjaga ketenangan diri adalah salah satu kunci berfikir jernih saat menjawab pertanyaan. Finally persiapan uji public hingga jam 2 malam semoga diakhiri dengan kebarokahan dari Allah. Tinggal doa dan doa yang bisa dilakukan.

Tidak ada satu minggu kemudian pengumuman tersampaikan. Seperti biasa sebelum membuka hal besar mengawalinya dengan berwudhu tilawah dan berdoa adalah salah satu bentuk tawakal kita akan pertolongan Allah.
Demikianlah tulisan mengenai Beasiawa Aktivis Nusantara [Pengalaman & Cara Mendapatkannya] penulis dalam artikel ini adalah Amin Septianingsih Mahasiswa Fakultas MIPA Univeritas Gajah Mada Angkatan 2013. yang menjadi salah satu penerima Beasiawa Aktivis Nusantara. Semoga bisa menjadi inspirasi. Baca juga tulisan lainnya;

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Beasiswa Aktivis Nusantara [Pengalaman & Cara Mendapatkannya]"