10 Langkah Mendapatkan Beasiswa Bidikmisi

Bagaimana kabar para pembaca website seputar pembasan semua, terutama adik-adik yang ingin masuk perguruan tinggi? semoga selalu sehat dan dalam kebaikan. Untuk adik-adik yang kemarin telah menyelesaikan Ujian Nasionalnya sudah ada pengumuman belum? insyaallah lulus semua. Amiin.

Nah, untuk adik-adik yang sudah lulus SMA/SMK/MA/Sejenisnya apakah ada keinginan untuk melanjutkan ke Perguruan Tinggi? pastinya mau semua dong, nah kalau sudah mau tunggu apa lagi segera daftar untuk masuk Perguruan Tinggi yang kalian inginkan, atau adakah yang sedang dipikirkan atau dipertimbangkan, masalah yang sering ditemukan saat ini adalah kebanyakan siswa yang lulus sekolah tidak mau melanjutkan ke Perguruan Tinggi dengan alasan biaya, jika memang seperti itu masalahnya apakah ada solusinya?

Jangan khawatir adik-adik, jika kamu adalah siswa berprestasi dan mempunyai tekat atau keinginan kuliah yang tinggi disini mumun akan membagikan beberapa langkah mudah agar dapat kuliah gratis sekaligus dapat uang bulanan yang kurang lebih Rp 600.000 per bulan,  jangan sampai kalian yang berprestasi terhambat untuk melanjutkan pendidikan hanya karena biaya yang kurang mencukupi.

Nah, kurang apalagi coba kita bisa kuliah gratis sampai lulus plus dapat uang saku tiap bulan lagi, namun untuk mendapatkan keberuntungan itu tentunya adik-adik harus mempersiapkannya dari awal. Adik-adik sudah tau belum program apa yang mumun maksud itu, baiklah jika ada adik-adik yang belum tau akan mumun jelaskan sekilas.

Saat ini ada program dari Pemerintah yang namanya Beasiswa Bidikmisi atau sering disingkat dengan BM. Program yang digalakkan oleh Pemerintah ini bertujuan untuk memperluas akses pendidikan masyarakat terutama yang memiliki prestasi namun secara ekonomi kurang mampu, harapannya dengan diadakannya program beasiswa bidikmisi ini para siswa yang memiliki prestasi baik dan semangat serta bersungguh-sungguh untuk melanjutkan pendidikan dapat terfasilitasi tanpa membebani keluarga atau orang tua bahkan dirinya sendiri hanya karena biaya.

Maka dari itu, dalam postingan kali ini kita akan membagikan info langkah-langkah yang harus ditempuh jika adik-adik ingin mendapatkan keberuntungan dan menjadi salah satu penerima beasiswa tersebut.



Langkah Pertama Dalam Mempersipakan Beasiswa Bidikmisi Yaitu Dengan Persiapkan Prestasi Dari Awal Masuk atau Kelas X.

Karena program beasiswa ini diperuntukkan bagi yang memiliki prestasi baik akademik maupun non akademik penting bagi adik-adik jika ingin mendapatkan beasiswa ini mempersiapkannya mulai dari awal masuk Sekolah. Yang mumun maksud disini yaitu adik-adik harus berprestasi baik di kelas ( akademik ) maupun ekstrakurikuler (non akademik ) atau kegiatan yang sekiranya dapat menyalurkan bakat sehingga dapat membawa pada suatu prestasi yang gemilang, bisa dengan mendapatkan rangking di kelas atau sejenisnya dan mengikuti ajang perlombaan yang adik-adik minati atau sesuai dengan keahlian yang adik-adik miliki.

Jika salah satu prestasi yang adik-adik miliki cukup gemilang maka Beasiswa Bidikmisi ini insyaallah akan adik-adik dapatkan, apalagi jika adik-adik dapat lolos perlombaan yang mewakili Kecamatan, Kabupaten, Provinsi, bahkan Nasional beasiswa bidikmisi ini sudah pasti adik-adik dapatkan dengan syarat adik-adik juga harus berada dikategori menengah ke bawah secara finansialnya karena itu adalah salah satu syarat utamanya. Namun disini jika adik-adik yang membaca sudah terlanjur memasuki kelas XII dan sudah lulus tidak menutup kemungkinan prestasi yang mumun tegaskan diatas tidak menjadi syarat utamanya karena yang terpenting jika ingin mendaftar apapun persyaratan yang diminta itu harus ada.


Langkah Kedua Dalam Mempersipakan Beasiswa Bidikmisi Yaitu Mengikuti Organisasi Baik di Internal Maupun Eksternal Sekolah

Di zaman yang modern ini tidak hanya kecerdasan yang dicari oleh orang namun juga skill sangat dibutuhkan, banyak orang yang pintar dalam menjalankan suatu kegiatan namun belum tentu dia cerdas dalam mengambil keputusan akan setiap masalah yang sedang dialami. Tidak hanya itu, keterampilan dan kepekaan akan suatu pekerjaan sangat penting demi terwujudnya suatu hasil yang maksimal.

Maka dari itu, sekarang ini banyak berbagai instansi atau lembaga yang menjadikan syarat mengikuti suatu organisasi baik di dalam maupun di luar lingkup Sekolah atau Perguruan Tinggi jika ingin masuk atau bergabung, karena dengan kita mengikuti suatu organisasi maka kita akan mengetahui bagaimana cara berinteraksi dengan seseorang, bagaimana dapat menyelesaikan masalah yang sedang dialami, menuangkan dan mengasah ide atau kreatifitas demi tercapainya tujuan suatu organisasi tersebut, dan masih banyak lagi manfaat yang dapat diambil.

Dengan terbiasanya mengikuti suatu organisasi di Sekolah maka tidak menutup kemungkinan siswa juga akan mengikuti organisasi yang ada di Perguruan Tinggi, sehingga calon Mahasiswa tersebut dapat meningkatkan bakat serta dapat menorehkan prestasi di organisasi yang diikuti yang nantinya itu dapat meningkatkan akreditasi Perguruan Tinggi tersebut. Jadi tidak heran jika ingin masuk Perguruan Tinggi apalagi ingin mendapatkan beasiswa pengalaman organisasi juga diperhitungkan.


Langkah Ketiga Dalam Mempersipakan Beasiswa Bidikmisi Yaitu Dengan Mencari Link Beasiswa Bidikmisi

Ketika kita ingin mencapai suatu tujuan maka penting bagi kita untuk mencari sumber yang dapat dimintai tolong untuk memberikan informasi, sehingga kita tidak akan ketinggalan informasi penting yang dapat membantu untuk mempermudah menyiapkan segala sesuatunya, seperti persyaratan dan jadwal penting selain kita juga mencari informasi di media sosial karena biasanya pihak Perguruan Tinggi akan menyebar luaskan informasi melalui media sosial.

Tapi jangan salah sangka dulu ya adik-adik link yang  maksud disini bukanlah link yang dapat memasukkan atau membantu adik-adik untuk mendapatkan beasiswa secara mudah bahkan tanpa test atau cara yang kurang baik, namun link sebagai sumber informasi adik-adik sehingga dapat mempermudah mencapai tujuan adik-adik nantinya.


Langkah Keempat Dalam Mempersipakan Beasiswa Bidikmisi Yaitu Harus Lulus UN

Setelah adik-adik mengikuti langkah-langkah diatas, langkah selanjutnya yaitu dimana adik-adik sudah memasuki masa akhir Sekolah. Nah, langkah yang satu ini cukup penting jika adik-adik ingin masuk Perguruan Tinggi.

Sudah pasti jika adik-adik ingin mendapatkan beasiswa bidikmisi syarat yang paling penting yaitu adik-adik harus lulus UN atau Ujian Nasional terlebih dahulu, jika tidak ya so pasti adik-adik tidak akan mendapatkan beasiswa ini, bagiamana adik-adik bisa masuk Perguruan Tinggi jika adik-adik belum lulus Sekolah.


Langkah Kelima Dalam Mempersipakan Beasiswa Bidikmisi Yaitu Daftar SNMPTN atau SBMPTN Sekaligus Daftar Beasiswa Bidikmisi

Jika adik-adik sudah lulus UN maka penting langkah selanjutnya yang harus adik-adik lakukan untuk mendapatkan beasiswa Bidikmisi ini yaitu mendaftar Perguruan Tinggi jalur SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri ) atau SBMPTN (Seleksi Bersama masuk Perguruan Tinggi Negeri ) karena hanya dengan mendaftar jalur inilah beasiswa Bidikmisi dapat adik-adik dapatkan.

Untuk jalur SNMPTN http://www.indonesiastudent.com itu biasanya sekolah lah yang mendaftarkan sebelum UN dilakukan karena ada password yang dimana setiap sekolah itu berbeda-beda, dan jalur ini seleksinya melalui nilai rapot, maka dari itu dilangkah yang pertama mumun tegaskan untuk meningkatkan prestasi akademik salah satunya yaitu dengan nilai rapot, karena jika nilai rapot adik-adik dari semester 1 atau 3 biasanya yang dipertimbangkan maka adik-adik memilki peluang untuk lolos jalur SNMPTN.

Sedangkan untuk jalur SBMPTN, jalur ini dilakukan dengan cara test mengerjakan soal sesuai dengan pilihan baik itu IPA, IPS, dan IPC. Ketika adik-adik ingin mengikuti seleksi SNMPTN atau SBMPTN maka penting adik-adik untuk mempertimbangkan jurusan mana yang sekiranya paling adik-adik minati serta Perguruan Tinggi mana yang adik-adik ingin masuk, setelah itu cari sekiranya Perguruan Tinggi mana yang peminatnya minim dan passange grade kecil sehingga peluang adik-adik untuk lolos seleksi jalur ini dapat tercapai ( Baca : Jurusan Minim Pendaftar Pada Seleksi SBMPTN ).

Biasanya di test SBMPTN ini terdapat soal tes potensi akademik yang jika kurang teliti dalam mengerjakan akan membuat calon mahasiswa terkecoh sehingga hasilnya tidak maksimal. Penting bagi adik-adik yang ingin mengikuti test SBMPTN untuk mengindahkan cara-cara dan hal yang tidak seharusnya dilakukan agar memperoleh hasil sesuai dengan yang diinginkan ( Baca : Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Tes SBMPTN ).

Langkah Keenam Dalam Mempersipakan Beasiswa Bidikmisi Adalah Harus Lulus SNMPTN atau SBMPTN

Setelah adik-adik mendaftar jalur SNMPTN atau SBMPTN maka adik-adik harus memastikan masuk jika ingin mendapatkan Beasiswa Bidikmisi ini, karena jika adik-adik belum lulus kedua jalur ini maka Beasiswa Bidikmisi belum bisa adik-adik dapatkan.

So belajar yang rajin dan berusaha semaksimal mungkin jangan lupa diiringi dengan doa dan minta restu orang tua agar dipermudah jalannya sesuai dengan yang diharapkan, yakni untuk mendapatkan beasiswa bidikmisi.

Langkah Ketujuh Dalam Mempersipakan Beasiswa Bidikmisi Yaitu Lengkapi Berkas Persyaratan Beasiswa Bidikmisi.

Ketika adik-adik ingin mendaftar atau masuk kesuatu lembaga atau instansi maka adik-adik harus melengkapi segala persyaratan yang diminta demi terwujudnya harapan dan mempermudah dalam proses perseleksian.

Biasanya syarat yang diminta adalah surat-surat dari Sekolah dan Kelurahan yang dimana surat dari Sekolah untuk meminta keterangan status di Sekolah benar atau tidaknya siswa di Sekolah tersebut dan meminta bukti prestasi yang pernah diraih.

Dan untuk yang di Kelurahan biasanya surat yang diminta adalah mengenai identitas diri dan keluarga dan surat keterangan penghasilan orang tua serta status perekonomian keluarga.

Biasanya adik-adik yang ingin mengurus surat baik di Sekolah maupun di Kelurahan mengalami kesulitan karena harus mondar-mandir. Apalagi jika di Kelurahan harus menunggu sampai beberapa hari, disini mumun punya tips untuk mempercepat proses pembuatan suratnya yaitu dengan membuat sendiri surat yang diminta setelah itu ketika datang ke Kelurahan tinggal minta tanda tangan dan cap sehingga dalam waktu satu hari surat dari Kelurahan dapat kita selesaikan.

Syarat yang ini cukup penting ada karena jika sampai adik-adik tidak melengkapinya maka kemungkinan adik-adik untuk lolos seleksi kecil.

Langkah Kedelapan Dalam Mempersipakan Beasiswa Bidikmisi Usahakan Semua Berkas Valid.

Saat ini banyak calon mahasiswa yang memalsukan data ketika mendaftar Beasiswa Bidikmisi, sehingga membuat Perguruan Tinggi terkait melakukan pengecekan atau survey tempat tinggal dan lain sebagainya.

Dapat adik-adik bayangkan bukan, jika seandainya ternyata yang akan di survey tersebut adalah tempat tinggal adik-adik?.

Jika dirasa oleh pihak Rektorat atau bagian tim Dosen yang melakukan perseleksian mendapati kejanggalan dalam berkas yang adik-adik berikan maka tidak menutup kemungkinan tim survey akan mendatangi tempat tinggal adik-adik, jika didapati kesalahan atau pemalsuan berkas maka dapat dipastikan yang tadinya seharusnya adik-adik mendapatkan beasiswa Bidikmisi dihapus.

So, berarti data yang adik-adik berikan harus valid agar pihak penyeleksi tidak mengirimkan tim survey kerumah adik-adik. Namun, jika memang itu benar adanya keadaan yang adik-adik alami dan tim survey mendatangi tempat tinggal adik-adik maka tidak perlu khawatir karena mungkin pihak Perguruan Tinggi ingin melihat kebenarannya, jadi adik-adik jangan khawatir.

Langkah Kesembilan Dalam Mempersipakan Beasiswa Bidikmisi Adalah Mengikuti Seleksi Wawancara.

Ditahap ini, adik-adik yang sudah lolos SNMPTN atau SBMPTN serta telah memenuhi segala persyaratan penting untuk mengikuti tes wawancara yang diberikan oleh pihak Perguruan Tinggi melalui Dosen.

Pada tahap ini usahakan adik-adik sudah mempersiapkan kemungkinan pertanyaan yang akan diberikan oleh pihak pewawancara pada malam harinya, dan ketika melakukan wawancara jaga sopan santun dan etika ketika berhadapan dengan tim pewawancara, adik-adik pasti tau dong bagaimana cara sopan santun yang baik dan benar, setelah itu adik-adik usahakan jangan terlihat gugup harus enjoy dan santai jawab setiap pertanyaan yang diberikan dengan penuh keyakinan dan meyakinkan.

Pada akhir wawancara berikan penjelasan kepada pihak pewawancara bahwa adik-adik benar-benar ingin melanjutkan kuliah namun terhalang oleh biaya maka dari itu katakan bahwa adik-adik sangat mengharapkan mendapatkan beasiswa bidikmisi ini.


Langkah Kesepuluh Setelah Diterima Beasiswa Bidikmisi Harus Mempertahankan IP Dan IPK.



Nah, jika adik-adik sudah berhasil masuk Perguruan Tinggi yang adik-adik inginkan serta mendapatkan Beasiswa Bidikmisi maka adik-adik harus mendapatkan IP sesuai dengan ketentuan minimal yang diberikan oleh pihak Perguruan tinggi, setelah itu adik-adik harus dapat mempertahankan IPK itu sampai adik-adik nanti lulus atau wisuda.

Biasanya waktu tempuh adik-adik melaksankan perkuliahan juga dibatasi sampai empat tahun atau delapan semester, tentu bukan waktu yang sebentar kan. Karena jika sampai IP atau IPK adik-adik tidak memenuhi persyaratan maka kemungkinan beasiswa Bidikmisi tersebut akan dicabut dan digantikan dengan Mahasiswa yang lain, tentu hal tersebut tidak adik-adik inginkan kan.

Demikianlah informasi tentang pembahasan mengenai 10 Langkah Mendapatkan Beasiswa Bidikmisi yang dapat penulis berikan semoga adik-adik yang ingin masuk Perguruan Tinggi dapat dipermudah jalannya serta berhasil mendapatkan Beasiswa Bidikmisi tersebut. Jangan lupa belajar, terus semangat untuk menggapai mimpi serta jangan lupa berdoa minta restu orang tua supaya setiap langkah kita dapat dipermudah oleh sang kuasa.

Subscribe to receive free email updates:

3 Responses to "10 Langkah Mendapatkan Beasiswa Bidikmisi"

New Sam mengatakan...

Kak, saya tertarik untuk mendaftar bidikmisi. Saya sudah meminta rekomendasi dari sekolah, dan masih di usahakan. Nah yang saya bingung dan mau saya tanyakan berkas apa saja yang dibutuhkan? Saya bertanya kepada guru saya, tapi jawabannya dirasa kurang lengkap. Mohon bantuannya ka. Terimakasih

Admin mengatakan...

Yang pasti itu surat keterangan tidak mampu kak, selanjutnya tahap wawacara dan verifikasi

Munir Junior mengatakan...

Apa aja Yg diujikan ketika tes ?