6 Pondok Pesantren Terkenal Di Metro


Perkembangan zaman yang semakin penuh kemajuan, membuat banyak orang harus cerdas-cerdas dalam membentengi dirinya dengan moral Agama. Sebab salah satu fungsi Agama memang mengatur moral atau ahlak, hal ini sesuai dengan Sabda Nabi pimpinan umat Islam (Baca: Pengertian Agama Islam), manusia pelopor cahaya zaman, beliaulah Muhammad S.A.W yang mengatakan bahwa “Aku Tidak Di Utus Ke Muka Bumi Ini Kecuali Untuk Menyempurnakan Ahlak”, Jadi memang ahlak memiliki peran yang sangat penting dalam setiap perkembangan manusia.

Bahkan ada yang bilang bahwa kelebihan manusia adalah akal, akal yang bisa mengalahkan nafsu melalui ahlak lebih baik daripada mahluk Tuhan bernama “Malaikat” dan apabila nafsu dalam akal manusia yang mampu mengalahkan ahlak lebih biadab daripada ciptaan Tuhan yang membangkang, yakni “Setan”. (Baca: 7 Tempat Paling Banyak Setan di Lampung)

Sejalan dengan hal itulah, salah satu lembaga pendidikan tertua di Indonesia, yakni Pondok Pesantren (Baca: Pengertian Pondok Pesantren) memiliki peran penting dalam upaya memperbaiki ahlak manusia, meskipun tak semuanya orang yang tinggal di Pondok Pesantren memiliki ahlak yang baik namun dapat dipastikan bahwa seseorang yang tinggal di Pondok Pesantren belajar tentang bagimana ahlak yang baik.

Oleh karena demikian, dalam pembahasan kali ini untuk memperkenalkan pondok pesantren di kalangan pembaca, kita akan mengulas lebih dalam tentang 6 Pondok Pesantren di Kota Metro, Provinsi Lampung meski ada banyak pondok pesantren di kota Metro Lampung, namun 6 Pondok Pesantren di Metro ini menurut hemat dalam website seputar pembahasan adalah pondok pesantren yang terkenal.

Adapun 6 pondok pesantren terkenal di Metro tersebut adalah sebagai berikut:

Pondok Pesantren di Metro Yang Pertama adalah Pondok Pesantren Raudlatul Qur’an.

Pondok Pesantren Raudlatul Qur’an atau lebih dikenal dengan PPRQ atau lebih lazim disebutkan RQ adalah salah satu Pondok Pesantren di Metro Lampung yang memang terkenal dan cukup memberikan kontribusi bagi perkembangan ahlak manusia, betapa tidak? Pondok Pesantren Raudlatul Qur’an merupakan pondok pesantren yang berkontribusi aktif dalam membimbing santrinya untuk mendalami dan memahami Al-Qur’an.



Al-Qur’an di Pondok Pesantren ini menjadi santapan atau pelajaran sehari-hari, santri-santrinya yang berjumlah ratusan yang bersal dari santero Provinsi Lampung atau bahkan saentero Indonesia diwajibkan untuk menghafal Al-Qur’an. Selain itu Pondok Pesantren Raudlatul Qur’an ini juga tersedia pendidikan Formal dari tingkatan SD, SMP dan SMA. Bahkan tak jarang santri yang ada di Pondok Pesantren Raudlatul Qur’an ini banyak yang menempuh pendidikan perguruan tinggi, baik di PGSD Unila, STAIN Jurai Siwo Metro, sampai ada yang kuliah di IAIM NU Metro.

Jadi apabila para pembaca sedang mencari Pondok Pesantren di Metro Lampung, yang fokus dalam hafalan AL-Quran di Pondok Pesantren Raudlatul Qur’an tempatnya. Untuk alamat Pondok Pesantren Raudlatul Qur’an terlek di Jalan Pratama Praja 16 B, Kelurahan Mulyojati, Kecamatan Metro Barat, Kota Metro, Provinsi Lampung.

Pondok Pesantren di Kota Metro Yang Kedua adalah Pondok Pesantren Darul A’mal.

Pondok Pesantren Darul A’mal letaknya tidak jauh dari Pondok Pesantren Raudlatul Qur’an, sebab kedua Pondok Pesantren ini memang berdekatan, hanya beberapa menit perjalan yang digunakan dalam menempuh dari Pondok Pesantren Raudlatul Qur’an ke Pondok Pesantren Darul’Amal.

Untuk alamat Pondok Pesantren Darul A’ma (PPDA) yang lebih dikenal dengan DA adalah di Jalan Pesantren Mulyojati 16 B Kecamatan Metro Barat. Kota Metro, Provinsi Lampung. Di Pondok Pesantren Darul A’mal juga tersedia pendidikan formal dari jenjang SMP atau MTS, sampai SMA, MA Darul A’amal dan SMK Darul A’mal.

Pondok Pesantren di Kota Metro Yang Ketiga adalah Pondok Pesantren Tuma’ninah Yasin.

Pondok Pesantren Tuma’ninah Yasin adaah salah satu pondok pesantren yang terkenal di Metro, pondok pesantren ini telah berdiri sejak tahun 1993 yang di dirikan oleh Letnan Kolonel Tituler KH. Ahmad Yasin, beserta Istrinya, yakni Hj. Tuma'ninah.

Adapun alamat Pondok Pesantren Tum'ninah Yasin terletak di Jalan Pala Nomor 15 – 51 Kauman Kelurahan Metro, Kecamatan Metro Pusat, Kota Metro, Provinsi Lampung. Dengan memiliki visi “Terwujudnya Manusia Muslim yang Bertaqwa, Berakhlaq Mulia, Cerdas, Cakap, Terampil dan Mandiri” konon Pondok Pesantren Tuma’ninah Yasin adalah pondok pesantren gratis, yang dikhususkan untuk anak-anak yatim dan orang-orang yang kurang mampu.

Pondok Pesantren Tuma’ninah Yasin sampai saat ini memiliki berbagai jenjang pendidikan, diantaranya adalah Taman Kanak-Kanak (TK), Sekolah Dasar Islam Terpadu (SD IT), Madrasah Tsanawiyah (MTs), Madrasah Aliyah (MA) Tuma’ninah Yasin dan juga Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).

Pondok Pesantren di Kota Metro Yang Keempat adalah Pondok Pesantren Al-Muhsin.

Bisa dibilang bahwa Pondok Pesantren Al-Muhsin adalah pondok pondok pesantren modern di Kota Metro, sebab Pondok Pesantren Al-Muhsin selama ini dikenal sebagai salah satu pondok pesantren yang paling jago dalam mewujudkan santrinya yang pandai bahasa, pondok pesantran ini paling terkenal dalam penguasaan Bahasa Inggris dan Bahasa Arab.

Bahkan banyak alumni-alumninya yang sudah mendapatkan beasiswa dari berbagai lembaga untuk melanjutkan pendidikan ke luar negri, konon paling banyak alumni dari Pondok Pesantren Al-Muhsin mendapatkan beasiswa di Negara-negara yang berada di Timur Tengah.

Untuk alamatnya Pondok Pesantren Al-Muhsin terletak di Jalan Dr. Sutomo 28B. Keluarahann Purwosari, Kota Mentro.

Pondok Pesantren di Kota Metro Yang Kelima adalah Pondok Pesantren Darussalam.

Pondok Pesantren Darusslam adalah salah satu pondok pesantren yang berada di Kota Metro, pondok pesantren ini tepatnya di simpang kampus, dekat sekali dengan SMP 4 Metro atau SMKN 1 Mentro dan SMK N 3 Metro.

Untuk alamat Pondok Pesantren Darusslam berada di Jalan Kemiri Nomor 2, 15A Iring Mulyo, Kecamatan  Metro Timur Kota Metro dengan alamat Kode POS nya adalah 34111.

Pondok Pesantren di Kota Metro Yang Keenam adalah Pondok Pesantren Riyadlatul’Ulum.

Pondok Pesantren Salafyah Riyadlatul’Ulum atau lebih dokenal dengan PPRU sebenarnya secara geografis terletak di Kabupaten Lampung Timur (Baca: 3 Fakta Kabupaten Lampung Timur) akan tetapi letak daripada pondok pesantren ini tidak jauh dari Kota Metro, bahkan pondok pesantren ini juga dibilang stategis untuk para pembaca yang sedang sekolah ataupun kuliah di Metro.
Santri Riyadlatul'Ulum
Banyak mahasiswa yang tinggal di Pondok Pesantren Riyadlatul’Ulum, mahasiswa tersebut adalah para mahasiswa dari berbagai Perguruan Tinggi, misalnya saja dari STAIn Jurai Siwo, IAIM NU, STIT Agus Salim, STO Metro, PGRI Metro, sampai pada Universitas Muhammadyah Metro (UMM).

Jadi bisa juga dibilang bahwa pondok pesantren dekat dengan STAIN Jurai Siwo Metro.

Untuk pendidikan formalnya Pondok Pesantren Riyadlatul’Ulum tersedia MTs Riyadlatul’Ulum, sedangkan untuk letak alamatnya Pondok Pesantren Riyadlatul’Ulum di Jalan Pondok pesantren 39 b Desa Bumiharjo, Kecamatan Batanghari, Kabupaten Lampung Timur.

Demikianlah tadi pembahasan tentang 6 pondok pesantren terkenal di metro, bagi para pembaca sekalian yang ingin menambahkan silahkan saja coret-coret di kolom komentar. Semoga bermanfaat, dan ayo kita dukung gerakan #AyoMondok

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "6 Pondok Pesantren Terkenal Di Metro"