9+ Cara Menjadi Masinis Kereta Api yang Wajib Kamu Ketahui!

Menjadi Masinis Kereta Api

Masinis menjadi salah satu pekerjaan yang banyak di idam-idamkan, baik oleh pelajar Lulusan SMA atapun pelajar Lulusan SMK. Alasan hal itu diungkapkan karena bekerja menjadi masinis adalah pekerjaan dengan gaji besar, selain itupula pekerjaan menjadi masinis juga sangalah mulia. Oleh karena itulah dalam tulisan ini kami akan membahas bagimana langkah menjadi masinis.

Cara Menjadi Masinis


Cara yang dapat dilakukan untuk menjadi masinis ada dua yang paling utama, diantarnya adalah lulusan SMK yang langsung bisa menjadi masinis ataupun banyak yang harus sekolah terlebih dahulu, minimal D3 Jurusan Pekereta Apian.

Cara Menjadi Masinis Kereta Api


Berikut ini adalah kualifikasi yang harus dipahami terlebih dahulu, mengenai bagimana caranya menjadi seorang masinis.

1. Usia

Usia menjadi pendaftar atau pelamar untuk menjadi masinis yang sampai saat ini diterpakan adalah 18 Tahun, jika kamu memenuhi syarat utama ini maka kamu bisa mendaftar menjadi seorang masinis.

2. Tidak Memakai Obat Terlarang

Cara selanjutnya yang harus benar-benar kamu hindari agar menjadi seorang masinis adalah tidak memakai obat-obaratn terlarang, misalnya mamai sabu, narkoba, ataupun minum-minuman keras.

3. Tidak Melanggar Hukum

Jangan pernak kamu lakukan suatu kegiatan yang melanggar hukum, jikalau kamu ingin menjadi masinis. Hal ini diungkapkan karena menjadi seoarang masinis juga ada syarat yang paling utamanya, yaitu menggunakan SKCK.

4. Mengunjungi Situs Resmi PT Kereta Api Indonesia

Syarat yang harus dilakukan atau tatacara agar menjadi soarang masinis adalah update dengan segala informasi yang dikeluarkan oleh PT Kereta Api Indonesia, sebab dalam informasinya PT Kereta Api Indonesia ini sewaktu-waktu bisa dikeluarkan.

5. Mengikuti Prosedur Pendaftaran dengan Benar

Langkah selanjutnya yang bisa kamu lakukan agar menjadi seorang masinis adalah dengan mendaftar sesuai syarat dan ketentuan. Pendaftaran ini bisanya seringkali di abaikan atau asal-asalan, hal ini lantaran kekuarang siapan waktu. Oleh karenannya jika kalian ingin menjadi Masinis di Kereta Api lakukan segala persyaratan administratif dengan benar.

6. Tidak Pantang Menyerah

Tips atau trik agar kalian menjadi masinis adalah dengan tidak menyerah, dengan cobaan dan godaan apapun. Terus berusaha serta melakukan pendaftaran dengan sempurna, nikmati proses perjalanan pendaftaran.

7. Belajar Giat

Belajar Giat menjadi salah satu kunci utama dalam hal apapun, termasuk menjadi seorang masinis, belajar tidak harus dengan mendadak, lakukan segelanya dengan kontinyu. Bahkan belajar juga bisa dari pengalaman orang, misalnya belajar dari Sofyan Hadi salah satu pelajar SMK yang dari kecil ingin menjadi masinis, meskipun pernah ditolak iya terus melakukan yang terbaik dan akhirnya diterima.

8. Tepat Mengambil Jurusan Kuliah atau Sekolah

Cara ke-8 agar menjadi seorang masinis adalah menggambil jurusan yang tepat, jurusan yang tepat ini untuk seorang masinis adalah Jurusan listrik, Jurusan Mesin, dan juga Jurusan Teknik elektro.

9. Berdo’a

Usaha tanpa doa’a adalah omong kosong, oleh karena itulah sejatinya jika kalian ingin menjadi seseorang masinis jangan lupa terus berdo’a kepada yang membuat hidup.

8 Cara Agar Menjadi masinis kereta api diatas adalah gambaran umumnya, secara singkat akan tetapi perlu kalian pahami bahwa menjadi masinis ikatan kerjanya memang cukup padat, sekitar 4 sampai dengan 5 Jam dalam sehari. Liburan Hari Raya juga jarang adanya cuti.

Gaji Menjadi Masinis

Dengan adanya pekerjaan yang membawa penumpang dan beresiko tersebut gaji yang diperoleh masinis rata-ratanya adalah 7, 5 Juta bahkan bisa sampai dalam sebulan seorang masinis mendapakan gaji sekitar 18 Juta.

Demikinianlah tulisan mengenai cara untuk menjadi masinis yang bisa kamu lakukan setahap demi setaham. Cara ini meskipun tidak lengkap akan tetapi secara garis besar telah kami sebutkan. Semoga bermanfaat, dan trimakasih.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "9+ Cara Menjadi Masinis Kereta Api yang Wajib Kamu Ketahui!"