6 Cara Menjadi Juara lomba Menyanyi/Solo Song yang Harus Diketahui

Menjadi Juara lomba Menyanyi

Banyak di antara kita yang memiliki bakat menyanyi dan ingin mengikuti kompetisi menyanyi serta ingin mengasah kemapuan dengan cara mengikuti kompetisi tersebut untuk mengetahuai sebatas manakah kemampuan yang kita punya di bidang menyanyi.

Oleh karena itulah, berikut ini adalah  beberapa tips untuk mempersiapkan diri mengikuti kompetisi menyanyi atau solo song.

Cara Juara Menyanyi atau Solo Song


Tips untuk menjadi pemenang dalam lomba menyanyi, antara lain;

1. Mengetahui dan Memahami Ketentuan Perlombaan

Masing-masing perlombaan memiliki kriteria dan syarat yang berbeda-beda. Sebagai peserta lomba, kamu dapat bertanya pada panitia dan meminta saran dari teman-teman yang pernah mengikuti kompetisi agar kamu lebih memahami persyaratan atau ketentuan yang dimaksud.

Tanpa mengetahui kriteria atau persyaratan tersebut, hasil penilaian  tidak akan dapat di ukur karena tidak jelas persyaratannya.

2. Fokus pada Satu Perlombaan Menyanyi

Fokus pada satu perlombaan sangat penting. Para peserta lomba harus mempunyai komitmen dan konsisten dengan tujuan lomba yang ingin di capai. Fokus pada satu perlombaan akan membuat peserta lomba lebih konsentrasi dan mempertahankan tujuan awal yang diharapkan.

3. Mempersiapkan Waktu untuk Latihan dan Menjaga Kesehatan

Hal pertama yang harus dilaksanakan adalah menyediakan waktu untuk latihan. Latihan secara bertahap sangat dianjurkan sebelum mengikuti suatu kompetisi perlombaan menyanyi. Melakukan pemanasan dengan cara melemaskan pita suara dan berbunyi “ma, mi, mu, me, mo”. 

Latihan ini bertujuan untuk mengolah vokal  peserta lomba agar penekanan suara lebih stabil. Selain latihan, menjaga kesehatan tubuh juga sangat penting. Kenapa penting? Karena kesehatan yang baik sangat  menentukan kualitas suara calon peserta lomba.

Agar tetap sehat sebelum mengikuti kompetisi atau saat latihan, para peserta lomba harus menghindari makanan-makanan berminyak seperti gorengan, daging dan makanan atau minuman  manis yang dapat melapisi pita suara sehingga menjadi tegang. Vokal yang bagus akan membuat kita fokus serta percaya diri saat berada di atas panggung.

4. Mengatur Strategi yang Kreatif Sesuai Kriteria

Kostum dan  penampilan yang menarik  menjadi salah satu penilaian oleh para juri untuk menilai peserta terbaik dalam perlombaan menyanyi. Setiap perlombaan mempunyai bobot dan kriteria yang berbeda.

Tetapi dalam perlombaan menyanyi, penilaian yang dominan bukan pada kostum, ,melainkan pada harmonisasi suara. Sekalipun kamu memakai jas atau dress yang super bagus atau keren, tetapi kualitas suara yang kurang dan tidak memenuhi persyaratan dalam kriteria penilaian para juri, mungkin kamu tidak akan terpilih menjadi juara lomba atau pun lolos lima besar dalam perlombaan.

5. Aransemen dan Pemilihan Lagu yang Tepat

Untuk memaksimalkan poin saat penilaian, kita perlu membuat aransemen, pemilihan lagu yang baik dan vokal yang menarik. Pemilihan lagu yang baik harus sesuai dengan karakter suara para peserta lomba.

Jika memilih lagu sesuai keinginan, tanpa menentukan karakter suara terlebih dahulu, hal ini menyebabkan lagu yang dibawakan dan makna yang ingin disampaikan tidak akan harmonis. Maka para juri tidak akan terkesan dan hal ini kurang menarik perhatian para juri.

6. Sound Check dan Peralatan di Panggung

Sebelum perlombaan di mulai, para peserta lomba bisa mengecek mikrofon dan peralatan panggung. Apakah sudah berfungsi dengan baik atau belum. Tujuan pengecekan yaitu untuk menghindari sound yang tidak berfungsi atau peralatan panggung yang mati secara tiba-tiba.

Hal seperti ini akan membuat para juri kurang terkesan dan membuat kamu merasa tidak nyaman dan penampilan kurang maksimal. Hal seperti ini tidak boleh abaikan karena menjadi salah satu penentu kemenangan.

Demikianlah artikel mengenai cara untuk menjadi juara lomba menyanyi atau solo song yang dibagikan oleh Diyah Ayu Inten Purnamasari. Semoga dapat bermanfaat bagi segenap pembaca yang sedang mencari refrensi tentang cara atau tips menjadi juara lomba menyanyi.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "6 Cara Menjadi Juara lomba Menyanyi/Solo Song yang Harus Diketahui"