8+ Cara Menjadi Juara Olimpiade Sains Nasional yang Harus Dibaca

Menjadi Juara Olimpiade

Olimpiade Sains Nasional adalah ajang dimana siswa dan siswi berkompetisi dalam bidang sains di jenjang SD, SMP, maupun SMA. Siswa dan siswi yang mengikuti ajang kompetisi ini apabila lolos seleksi di tingkat sekolah, kabupaten/kota hingga ke provinsi merupakan siswa/siswi terbaik. (Olimpiade Sains Nasional) OSN ini merupakan kompetisi paling bergengsi bagi pelajar SMA sederajat yang ada di Indonesia.

Melalui (Olimpiade Sains Nasional) OSN ini dapat dilihat dimana minat dan bakat dalam bidang akademik yang dimiliki seseorang. Untuk dapat menjadi juara dalam kompetisi ini bukan hal yang mudah apabila seseorang tidak mempersiapkan diri semaksimal mungkin, dari pengetahuan maupun pembelajaran.
 
Diperlukan untuk mengenal dan memilih bidang (Olimpiade Sains Nasional) OSN sehingga tidak sampai salah pilih bidang yang akan membuat membuat kesulitan diri sendiri. Dalam (Olimpiade Sains Nasional) OSN tersebut terdapat beberapa tahap penyeleksiannya.
 
Contoh dari pengalaman pribadi saya, saat kelas X saya belum begitu mengetahui tentang mata pelajaran Ekonomi namun saya menyukai mata pelajaran tersebut. Dengan adanya kompetisi Olimpiade Sains Nasional (OSN) ini saya ingin belajar untuk mendalami Ekonomi dan ikut serta pada kompetisi tersebut. Saya mempersiapkan diri dalam waktu beberapa hari untuk seleksi Olimpiade Sains Nasional (OSN) tingkat sekolah yang akan mewakilkan ke Tingkat Kabupaten.
 
Saya tidak menyangka mendapatkan Juara III Ekonomi Olimpiade SMAN 5 Tambun Selatan Tahun Ajaran 2013-2014. Lalu terpilihlah untuk mengikuti OSN (Olimpiade Sains Nasional) Tingkat Kabupaten. Walaupun hanya peringkat 10 di Tingkat Kabupaten, tetapi itu sudah menjadi pengalaman yang sangat berharga.
 
Untuk meraih kemenangan dibutuhkan strategi dan persiapan yang maksimal. Dari pengalaman saya tersebut, berikut beberapa tips-tips yang dapat saya bagikan untuk sobat disini;
 

Cara Juara Olimpiade Sains Nasional (OSN)


Untuk tips menjadi pemenang dalam olimpiade sains nasional, antara lain;

1. Ketahui Bidang yang Diminati Terlebih Dahulu
 
Setidaknya yang perlu diketahui bahwa dengan mengetahui bidang yang diminati, akan dengan mudah untuk memilih mata pelajaran apa yang ingin lebih di pelajari lagi, hingga bisa ikut ambil bagian pada Olimpiade Sains Nasional (OSN)
 
2. Coba Untuk Mulai Semakin Menyukai Minat dan Bakat
 
Semakin menyukai akan semakin mudah untuk menggali kemampuan yang miliki

3. Berdoa

Berdoa adalah cara yang paling tepat sehingga bisa memantapkan hati dan terarah hanya kepada Tuhan Yang Maha Esa menyerahkan apa yang sudah kita pilih. Apapun yang sudah dipilih dan ingin dilakukan jika tanpa doa akan sia-sia
 
4. Meminta Restu Doa dari Orang Tua

Dengan restu doa Orang Tua pasti akan berjalan lancar ketika mau mengikuti kompetisi OSN
 
5. Belajar dengan Giat dan Terjadwal

Tentunya sobat perlu belajar untuk mempersiapkan OSN tersebut sesuai dengan bidang yang sudah diambil. Buatlah sebuah jadwal teratur untuk setiap hari nya. Apabila memiliki kesulitan, bertanyalah kepada Bapak/Ibu Guru atau Kakak Kelas Sobat yang memiliki ilmu dibidang tersebut.

6. Persiapkan  Dengan Maksimal Untuk Kompetisi OSN Tersebut
  1. Cari buku tentang soal-soal dan pembahasan OSN tahun sebelumnya,
  2. Belajar dan latihan soal-soal dari tahun yang sebelumnya,
  3. Bertanyalah kepada kakak kelas yang pernah mengikuti OSN di tahun sebelumnya,
  4. Update tentang informasi terbaru untuk OSN yang akan sobat ikuti, 
  5. Perhatikan apabila banyak sekali peraturan baru pada OSN yang akan sobat ikuti
7. Motivasi

Dengan memotivasi diri sendiri, akan menolong kita untuk lebih memperjuangkan apa yang akan kita lakukan. “Karena di dunia ini tidak ada jaminan untuk kesuksesan, yang ada hanya peluang”

8. Fokus dan Jangan Malas dengan Bidang OSN yang Telah Diambil

Dengan fokus akan membawa sobat bisa mendapatkan Kejuaraan di Tingkat Nasional maupun Tingkat Internasional. Karena fokus sobat hanya pada bidang satu mata pelajaran yang sudah sobat pilih dan tekuni.
“Kenalilah diri anda sendiri maka anda akan memenangkan semua pertempuran”
 
Demikian tips menjadi juara dalam olimpiade sains nasional yang dapat dibagikan kepada sobat semua, Adapun penulis dalam artikel ini adalah Cyntia Monalisa. Semoga bermanfaat bagi sobat yang akan dan mau mencoba menjadi peserta Olimpiade Sains Nasional (OSN). Tetap semangat dan terus berjuang! Karena harapan sobat tidak akan hilang apabila mau berusaha. Jika ada beberapa pertanyaan atau informasi dapat menghubungi saya melalui email : cyntiamonalisa@gmail.com

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "8+ Cara Menjadi Juara Olimpiade Sains Nasional yang Harus Dibaca"