Pengertian dan Pembahasan Alat Kontrasepsi Secara Sederhana

pengertian dan pembahasan alat kontrasepsi
Sebelum memberikan pengertian dan pembahasan mengenai Alat Kontrasepsi, penulis agaknya terlebih dahulu memberikan ulasan yang nantinya menjadi sebuah alasan, tentang pentingnya alat kontrasepsi bagi kehidupan.

Alat kontrasepsi bisa dikatakan sebagai salah satu benuk kongrit daripada program Keluarga Berencana (KB), sehingga alat kontrasepsi menjadi pelayanan kesehatan preventif yang paling dasar dan utama yang harus ditaati oleh masyarakat Indonesia pada umumnya.

Menurut Tukiran (1996), pengertian Kontrasepsi (sebagaimana Alat Kontrasepsi)  berasal dari kata “kontra” yang artinya mencegah atau melawan, sedangkan “konsepsi” adalah pertemuan antara sel telur yang matang dan sel sperma yang mengakibatkan kehamilan. Sehingga, maksut daripada pengertian kontrasepsi disisni,  yaitu menghindari atau mencegah terjadinya kehamilan sebagai akibat pertemuan antara sel telur yang matang dengan sel sperma.

Sehingga, secara tidak langsung alat kontrasepsi bersifat sementara dan dapat pula bersifat permanen, tergantung daripada kebutuhan yang diperlukan dalam mencegah kehamilan. Lebih lanjut, Kuniasari Dewi (2006), mengatakan bahwa mendapatkan informasi dan akses terhadap metode-metode keluarga berencana (termasuk alat kontrasepsi) yang aman, efektif, terjangkau dan dapat diterima menjadi hak atas kesehatan reproduksi bagi setiap orang.

Dengan demikian pengenalan alat-alat kontrasepsi yang berbeda-beda tersebut harus intens agar setiap jenis alat yang dipergunakan dapat dipahami dan dimengerti penggunaanya. Pada ahirnya masyarakat akan lebih tertarik untuk menggunakan.

Karena lebih jauh lagi, program keluarga berencana (KB) berfungsi sebagai subyek yang dimainkan peran oleh pemerintah, sedangkan wujud impelementasinya adalah masyarakat yang berfungsi sebagai objek.

Hal ini telah sesuai dengan program keuarga berencana sejak perama kali diuncurkan pada tahun 1965 yang disponsori oleh Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI). Dengan model yang sudah lama diterapkan yang akan mengindentifikasikan bahwa program keluarga berancana adalah pelayanan kerjasama antara masyarakat dan pemerintah yang saling berkesinambungan dan membutuhkan satu sama lain.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian dan Pembahasan Alat Kontrasepsi Secara Sederhana"