Syarat dan Cara Pindah Jurusan di Unila

Bagi sebagian mahasiswa barangkali ada yang merasa keberatan atau merasa tidak cocok dengan studi yang diambil ketika saat ini sudah menjalankan kuliah. Terutama kuliah di Universitas Lampung (Unila). Karena merasa tidak cocok atau keberatan tersebut pada akhirnya berkeinginan untuk pindah jurusan atau alih studi tetapi tetep ingin studi di Unila, hanya berkeinginan pindah jurusan saja.

Beberapa teman penulis juga demikian, ia menceritakan tentang keinginnannya untuk pindah jurusan. Meskipun ada yang gagal pindah jurusan karena ada berabagi pertimbangan, tapi ada juga yang berhasil untuk pindah jurusan di Universitas Lampung. Untuk meraka yang berhasil pindah jurusan ini biasanya adalah mereka yang turun tingkat misalnya dari Fakultas Teknik (FT) Universitas Lampung (Unila) Jurusan Teknik Mesin, selanjutnya ia pindah ke Jurusan Pendidikan Sejarah di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Lampung (Unila).

Turun tingkat karena untuk passing grade kedua jurusan terbeut berbeda, selengkapnya bisa baca: Jurusan Minim Pendaftar di Unila Beradarkan Passing Grade dan Jurusan Paling Banyak Pendaftar di Unila Beradarkan Passing Grade.


Perlu diketahui, bahwasanya untuk pindah jurusan atau alih program studi di Unila, menurut syarat dan ketentuan yang berlaku dalam Buku “Peraturan Akademik dan Tata Peraturan Unila” Bab 30 dijelaskan sebagai berikut:
  1. Universitas Lampung atau Unila melayani alir program pendidikan untuk mahasiswa Unila dan program studi terakreditasi di Luar Unila
  2. Alih program pendidikan adalah perpindahan dari satu program studi ke program studi lainnya, tapi masih tetap di Unila
  3. Alih program pendidikan atau pindah studi dpat berupa: dalam fakultas yang sama, dari program leguler atau nonreguler, dari program regular ke nonreguler, dari program nonreguler ke program nonreguler, dari fakultas eksata ke eksakta, dari faultas noneksakta ke noneksakta, dari fakultas noneksakta ke eksakta, dari fakultas nonpendidikan ke pendidikan, dan lain sebagainya
  4. Mahasiswa program sarjana atau pascasarja yang berkeinginan untuk pindah jurusan atau alih program minimalnya adalah semester 3
  5. Mahasiswa yang berkeinginan untuk pindah jurusan tersebut minimum memperoleh 20 SKS
  6. Mahasiswa yang ingin pindah jurusan di Unila harus memiliki IPK minimum 3,00
  7. Mahasiswa yang ingin pindah jurusan wajib untuk pengajukan permohonan program kepada rektor
  8. Mahasiswa yang ingin pindah jurusan tersebut, setelah diterima dan disetujui wajib untuk membayar biaya administrasi biaya alih program yang sama dengan biaya administrasi mahasiswa baru, selain itu mahasiswa yang alih program di Unila juga wajib untuk membayar daftar ulang dan registrasi.
Untuk lebih jelasnya tentang syarat atau cara pindah program atau alih program bagi mahasiswa di lingkungan Universitas Lampung sangat penulis sarankan agar membaca kembali Buku “Peraturan Akademik dan Tata Peraturan Unila” tepatnya di Bab 30 tentang alih program pendidikan.

Buku “Peraturan Akademik dan Tata Peraturan Unila” bisa didapatkan oleh Mahasiswa Universitas Lampung setelah mendaftar atau registrasi,warna buku disesuaikan dengan warna di setiap fakultas, misalnya untuk FISIP menggunakan warna orange dan untuk Fakultas Hukum menggunakan warna merah, dan begitulah seterusnya.

Adapun sebagai gambaran, bagi mahasiswa di Unila yang ingin pindah program studi atau alih program studi di Unila haruslah mempertimbangan beberapa keputusannya, keputusan tersebut dipertimbangan karena da hal-hal yang setidaknya kurang berkenan. Misalnya mahasiswa harus mau mengulang studi karena banyak mata pelajaran atau mata pelajaran yang ditinggalakn, atau karena mahasiswa harus membayar registrasi yang sama dengan mahasiswa baru.

Sebagai saran terakhir jika ingin pindah jurusan atau alih program studi di Unila lebih baik mahasiswa tes masuk Unila lagi, dengan SBMPTN tertulis atau ujian mandiri (Baca: 5 Jalur Masuk Unila), mengulang lebih baik. Karena pindah jurusan juga sama saja dengan mahasiswa mengulang mata pelajaran semuanya. Baca: Cara Mengurus Slip SPP Mahasiswa Unila yang Hilang

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Syarat dan Cara Pindah Jurusan di Unila"