Tips Jitu Lulus SNMPTN Undangan

Ilustrasi: Lulusan SMA
Masuk Perguruan Tinggi Negri (PTN) merupakan harapan setiap siswa atau siswi diseluruh Indonesia. Dengan berbagai cara para pelajar tersebut masuk Perguruan Tinggi Negri (PTN), mulai dari mereka melakukan Bimbingan Belajar (Bimbel) intensif ataupun dengan cara belajar berkelompok. Semua dilakukan, demi satu tujuan, yakni cita-cita masuk di PTN.

Baca: Cara Lulus SBMPTN Tanpa Bimbel

Adapun beberapa tahun belakangan ini, pelajar lulusan SMA/MA/SMK/Sederajat bisa masuk di perguruan tinggi melalui beberapa jalur. Salah satu jalur yang di buka oleh pemerintah agar para pelajar masuk di PTN adalah jalur SNMPTN Undangan, jalur SNMPTN Undangan selalu dibuka setiap tahunnya. 5 Jalur Masuk Universitas Lampung

Tujuan diselenggarakan jalur SNMPTN Undangan agar sekiranya pelajar yang berprestasi lebih mudah masuk di PTN, hal tersebut tentusaja mendukung, mengingat untuk lulus SNMPTN tertulis yang diperlukan bukan hanya cerdas, yakni keberuntungan.

Agar pelajar SMA/MA/SMK lulus jalur SNMPTN Undangan sangat diperlukan cara atau strategi, cara atau starategi diperlukan agar sekiranya kesempatan untuk ikut jalur SNMPTN Undangan tidak terbuang begitu saja, adapun strategi agar masuk PTN melalui jalur SNMPTN Undangan diantaranya akan kita ulas lebih mendalam sebagai berikut.


Cara Lulus SBMPTN Undangan

 

Pertama Ketahui Dahulu Akreditasi Sekolahan
Mengetahui akreditasi sekolah merupakan cara lulus jalur SNMPTN Undangan. Mengetahui akreditasi sekolah sangatlah menentukan, misalnya untuk acuan pemerintah akreditasi sekolah dan penjelasaanya sebagai berikut:
  1. Sekolah yang terakreditasi A akan mendapatkan kuota SNMPTN Undangan 75%
  2. Sekolah yang terakreditasi B akan mendapatkan kuota SNMPTN Undangan 50%
  3. Sekolah yang terakreditasi C akan mendaptakan kuota SNMPTN Undangan  20%
  4. Sekolah yang terakreditasi lainnya akan mendapatkan kuota SNMPTN Undangan 10%
Artinya dari aturan pemerintah tidak semua siswa mendapat kesempatan untuk ikut seleksi seleksi lewat jalur SNMPTN Undangan. Hanya mereka yang tergolong pintar atau sering juara di kelas di sekolahan tersebut.

Jika kalian terpilih artinya kalian adalah orang-orang yang diberi kesempatan untuk ikut seleksi masuk PTN melalui jalur SNMPTN Undangan. Gunakan kesempatan dengan, baik, ketahui akreditasi sekolah. Akreditasi sekolahan menentukan kamu lulus atau tidak.
Kedua Tanyakan Persebaran Alumni yang Lulus PTN melalui jalur SNMPTN Undangan
Setalah kalian mendapat kesempatan untuk ikut seleksi masuk PTN melalui jalur SNMPTN Undangan, langkah selanjutnya tanyakan persebaran alumni disekolahmu yang lulus SNMPTN. Jika alumnimu lulus SNMPTN Undangan di kampus-kampus besar seperti Universitas Indonesia (UI), Universitas Gajah Mada (UGM), Institut Pertanian Bogor (IPB), atau Institut Teknologi Bandung (ITB). Artinya sekolahmu adalah sekolah yang bagus

Namun jika alumni disekolahmu tak ada yang masuk di PTN favorite tersebut saran penulis jangan memaksakan kehendak, untuk masuk di PTN tersebut, karena hasilnya akan sia-sia, toh jalur SNMPTN Undangan adaalah kesempatan besar bagimu untuk masuk di PTN, kan.
Ketiga Melihat Passing Grade di Universitas atau Institut yang Kamu Inginkan
Melihat passing grade sebenarnya adalah langkah pelajar yang ingin masuk di PTN melalui jalur SNMPTN Undangan. Dengan melihat passing grade di Univeritas atau Intitut yang ingin kamu tuju, dengan begilah kamu akan bisa membaca peluang lulus atau tidak nantinya.

Baca: Jurusan Minim Pendaftar di SNMPTN Undangan

Apabila nilai kamu pas-pasan jangan memaksakan kehenda untuk mengambil passing grade yang tinggi karena itu akan sia-sia, tetapi jika kamu cukup yakin, yasudah langsung saja daftar di PTN yang memiliki passing grade tinggi tersebut. Baca: Jurusan Paling Banyak Pendaftar di SNMPTN Undangan
Keempat Jangan Mengikuti Teman, Karena Kamu Harus Punya Pendirian
Langkah selanjutnya agar lulus atau masuk PTN dengan jalur SNMPTN Undangan adalah jangan mengikuti teman, ikuti saja dimana kamu ingin masuk PTN. Kuliah bukan ikut-ikutan, karena hal itu akan menyulitkan, oleh karenanya, saran penulis, sih. Yakin sama pilihanmu sekarang, setelah mempertimbangkan nilai, kemampuan, dan passing grade.
Kelima Melampirkan Sebanyak Mungkin Prestasi
Langkah selanjutnya agar lulus SNMPTN melalu jalur undangan adalah dengan melampirkan prestasi yang kamu dapatkan di waktu sekolah. Tujuannya agar pihak Universitas atau Intitut mempertimbangkan kemampuanmu tersebut.

Pretasi yang dapat kamu lampirkan adalah Juara Regional, tingkat kabupaten atau provinsi, atau juara nasonal, bahkan juara internasional.
Keenam Melempirkan Organisasi
Langkah keenam adalah melamiprkan riwayat organisasi sewaktu kamu sekolah, agar bisa lulus PTN lewat jalur SNMPTN Undangan. Organisasi ini sangat penting tak kalah penting dengan pretasi, sebab teman penulis sendiri tak memiliki pretasi tapi memiliki riwayat organisasi, pada kenyataanya bisa lulus PTN lewat jalur SNMPTN Undangan.

Demikianlah pembahasan pada tulisan Tips Jitu Lulus SNMPTN Undangan yang berlaku dari tahun ketahu, atau berlaku sepangan mas, semoga cara lulus SNMPTN Undangan ini bisa menjadi anduan awal bagi kalianbyang ingin masuk PTN melalui jalur SNMPTN Undangan. Baca: Kesalahan Yang Sering dilakukan pada seleksi SBMPTN



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Jitu Lulus SNMPTN Undangan"