Lulusan SMK Perlu Strategi Untuk Lulus SBMPTN

Strategi sangat diperlukan dalam setiap pengambilan keputusan, tak terkeculai bagi lulusan SMK agar bisa lulus SBMPTN. Strategi diperlukan kerana dengan strategi inilah seorang lulusan SMK bisa dengan mudah untuk lolos SBMPTN.

Bagi pelajar yang berasal dari SMK barangakali tulisan ini akan mengulas mengapa strategi sangat diperlukan, tak lain karena lulusan SMK sudah spesifik keilmuannya, misalnya saja berasal dari SMK Kesehatan ingin lulus SBMPTN Jurusan Kedokteran, atau dari SMK Otomotif yang ingin lulus SBMPTN Jurusan Teknik Mesin, atau lulusan SMK lainnya yang juga ingin lulus SBMPTN dalam suatu jurusan tersentu.

Baca: 6 Cara Ampuh Lulus SBMPTN Bagi Lulusan SMK

Alasan strategi diperlukan karena SMK memiliki keterbatasan mengikuti test SBMPTN. Bukan lawan ringan untuk bisa lulus SBMPTN, jika pelajar SMK berhadapan dengan pelajar yang berasal dari lulusan SMA atau MA, apalagi jikalau pelajar SMA atau MA tadi mengikuti bimbingan belajar (BIMBEL) akan senantiasa menambah beratnya untuk lulus SBMPTN.

Tapi jangan dulu galau apalagi risau jika kalian adalah lulusan SMK dan ingin lulus dalam seleksi SBMPTN, selain melihat passing grade kalian juga bisa belajar dengan mengulang pelajaran yang telah lalu, atau mengikuti try out di lembaga tertentu yang sekarang menjamur di adakan menjelang SBMPTN. Beberapa hal yang perlu diperhatikan tentang strategi bagi lulusan SMK untuk lulus SBMPTN adalah sebagai berikut:


SMK Dipersiapkan Untuk Terjun di Dunia Kerja

Pendirian dan menjamurnya Sekolah Menengah Kejuruan atau SMK salah satu tujuannya adalah untuk mempersiapkan para generasi muda agar langsung terjun di dunia pekerjaan atau minimalnya menciptakan lapangan pekerjaan. Keputusan ini berlaku sejak beberapa tahun silam, pemerintah melihat perlu adanya SMK karena dengan SMK tersebut pemerintah akan mudah menamkan skill bagi para generasi muda.

Akan tetapi melihat dampaknya lulusan SMK yang kurang kompetitif untuk bersaing di dunia kerja maka banyak sekali SMK malah menggur setelah lulus, alasanya sederhana, yakni lapangan yang tersedia tak cukup mampu menampung lulusan SMK. Bahkan untuk lulusan sarjana saja masih banyak yang menggur, apalagi lulusan SMK, begitulah sederhananya.

Oleh karena itu lulusan SMK pada akhirnya memilih untuk kuliah, atau melanjutkan perndidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Terutama sekali yang banyak dialakukan bagi lulusan SMK adalah memilih masuk perguruan tinggi lewat jalur SBMPTN.

Jalur SBMPTN adalah Jalur Yang Terbuka

Jalur SBMPTN banyak dipilih oleh lulusan SMK Karen jalur ini adalah jalur terbuka, semua orang atau semua lulusan. Baik SMA/MA/SMK/Sederajat, bahkan paket C bisa mendaftar di julur ini. Selain karena biaya yang murah jika lulus SBMPTN, yakni karena SBMPTN akan mampu membuktikan bahwa lulusan SMK bisa bersaing disegala penjuru. Inilah sebabnya SMK banyak yang ingin mendaftar di SBMPTN

Perlunya Strategi Bagi Lulusan SMK yang ingin Lolos SBMPTN

Strategi perlu dilakukan bagi lulusan SMK, fungsi strategi ini selain bisa mempermudah juga akan bisa membawa lulus SMK memilih pandangan agar lolos SBMPTN. Strategi yang dilakukan sangatlah berbeda-beda, namun umunya untuk strategi yang dilakukan bagi lulusan SMK melihat passing grade disetiap jurusan mana yang jurusan passing grade kecil (Jurusan Kuliah di Indonesia Yang Menim pendaftar di Kampus Terkenal di Indonesia) dan mana yang memiliki passing grade besar, selanjutnya setelah melihat passing grade. Staeginya lulusan SMK lulus SBMPTN adalah mengukur kemampuannya melalui try out yang diselenggaran di berbagai daerah dengan bentuk yang berbeda.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Lulusan SMK Perlu Strategi Untuk Lulus SBMPTN"