Cara Ampuh Lulus SNMPTN Bagi Lulusan SMK

Bagi kalian yang membuka tulisan ini barangkali adalah lulusan atau calon lulusan Sekolah Menengah Kejuruan atau lebih dikenal dengan SMK. Lulusan SMK sejatinya memang dipersiapkan untuk terjun langsung dipekerjaan atau menciptakan lapangan pekerjaan. Masalahnya banyak sekali lulusan SMK malah menggur tak memiliki perekerjaan, harapannya tak sesuai kenyataan. Dimana lapangan pekerjaan terbatas dan peminat atau pencari pekerjaan tidak terbatas. Inilah sebenarnya masalah klasik yang harus senantiasa diatasi bersama, terutama bagi para generasi muda.

Meskipun begitu tak bisa dipungkiri juga banyak lulusan SMK yang berhasil bersaing di dunia pekerjaan. Misalnya untuk lulusan SMK yang berhasil bersaing di lapangan adalah mereka yang menonjol dari bidang tertentu, misalnya dalam bidang lomba, yang sampai juara Nasional atau Internasional. Atau meraka yang memiliki relasi kuat saat malakukan KKL atau PPL.

Ada pula sebagai lainnya, terutama lulusan SMK ingin melanjutkan sekolah ke Perguruan Tinggi Negri (PTN) melalui jalur SNMPTN. Sebenarnya keputusan ini harus mendapat dukungan sepenuh hati, mengingat dengan kuliah seseorang akan lebih berfikir dewasa dan juga akan meningkatkan statusnya di mata masyarakat.

Untuk kasus bagimana lulusan SMK agar lulus tes SNMPTN, perlu dipahami dan diteliti. Yang memang kasus lulusan SMK adalah mereka yang spesifik kelimuannya, untuk SMK jurusan Akuntasi, atau Otomotif. Dapat dipastikan bahwa tersebut telah fokus keilmuannya dalam bidang tersebut, sedangkan untuk tes-tes pada soal SNMPTN keilmuannya sangat mendukung bagi lulusan SMA atau MA.


Strageti agar lulusan SMK bisa lulus SNMPTN sangalah diperlukan , karena tanpa stategi yang pas tentusaja mengakibatkan kegagalan yang singnifikan, kegagalan yang dimaksuda adalah gagal tidak lulus SNMPTN.

Dalam pembahasan ini akan membagikan prihal cara atau tips bisa lulus SNMPTN bagi lulusan SMK. Tips tersebuta atau cara tersebut akan dibagi kedalam 6 cara. Semoga enam cara ini bisa membantu atau setidaknya memberikan gambaran, agar kamu bisa lulus SNMPTN bagi lulusan SMK.

Lulus SNMPN Bagi Lulusan SMK

Pertama: Pilih Jurusan Yang Sesuai atau Sejalan Dengan Lulusan SMK
Cara pertama yang perlu dilakukan adalah memilih jurusan yang sesuai dengan kamu berasal. Jurusan ini tentu yang dimaksud adalah jurusan sewaktu SMK. Misalnya untuk kamu yang berasal darii jurusan SMK Akutansi setidanya memilih Jurusan Akutansi di PTN atau bisa juga sebagai pilihan lain adalah jurusan Pendidikan Ekonomi.

Baca: 7 Kesalahan Saat Tes SNMPTN yang Sering dilakukan

Hal ini tentu akan memudahkan kamu dalam mengerjakan soal, perlu diangat dan dipahami untuk lulus SNMPTN pesaing kamu adalah lulusan SMA atau MA. Mereka punya skill yang lebih dalam mengerjakan soal, oleh karennya sekedar saran jangan sampai waktu SBMPTN kamu memilih jalus IPC (Ilmu Pengetahuan Campuran) ini akan menyulitkan, pilihkan jalur yang sesuai atau yang liner saja misalnya untuk SMK jurusan sosial pilih jalur Soshum atau untuk SMK yang berasal dari Saintek, ambil jurusan saintek saat Ujian.
Kedua: Bimbel Menjadi Soslusi Bagi Lulusan SMK untuk bisa Lulus SNMPTN
Bimbel memang masih menjadi daya tarik, bagi para lulusan SMA atau MA. Termasuk para lulusan SMK yang ingin lulus SNMPTN. Dengan bimbel ini para lulusan SMK akan mudah memahami bentuk soal yang telah lama lupa atau tidak dikerjakan.

Tetapi perlu diingat bahwa yang terpenting adalah belajar, jika kamu bimbel tapi malas untuk belajar itu juga akan percumah atau sia-sia, terlebih lagi hal itu bisa menggagalkanmu untuk Lulus SBMPTN. Karena banyak lulusan SMK yang Lulus SNMPTN Tanpa Bimbel. Cara Lulus SNMPTN tanpa bimbel bisa dibaca disini
Ketiga: Mengikuti Try Out Cara Jitu Lulus SNMPTN bagi Lulusan SMK
Ketiga atau cara selanjutnya, bagi lulusan SMK agar bisa lulus SNMPTN adalah dengan mengikuti try out. Try out ini banyak diselenggarakan oleh lembaga kemahasiswaan di Perguruan Tinggi Negri (PTN) yang bekerjasama dengan salah satu bimbel yang terkenal.

Penyelanggaraan try out ini biasanya akan dilakukan mendekati ujian SBMPTN, atau sekitaran  bulan 12 sampai dengan bulan 4. Jika kamu mengikuti try out tersebut otomatis kamu akan bisa mengukur kemampuanmu yang kamu miliki.
Keempat: Melihat Passing Grade Jurusan Cara yang Bisa dilakukan agar lulus SBMPTN Bagi Lulusan SMK
Melihat passing grade bisa dilakukan bagi pelajar lulusan SMK. Dengan melihat passing grade ini tentu saja lulusan SMK akan bisa membantu sejauhmana kemampuannya, sekedar saran, Bahwa jangan pernah mencoba atau gengsi mengambil jurusan, sebab jika hanya mencoba dan gengsi kamu akan gagal pada tes SNMPTN ini.

Untuk Jurusan yang minim peminat di seluruh perguaruan tinggi di Indonesia, bisa baca disini
Kelima: Melihat Peta Persebaran Alumni dari SMK
Meihat peta persebaran ini adalah cara konfensional yang bisa dilakukan bagi lulusan SMK yang ingin lulus SNMPTN. Cara ini bisa langsung ditanyakan kepada guru atau tata usaha di sekolah SMK mu. Misalnya meminta nomor henphone kakak kelas yang diterima di PTN, selanjutnya banyaklah untu tanya ke kakak tingkatmu yang lulus SNMPTN tersebut, Tanya prihal bagimana bisa lulusanya, dan jangan lupa tanyakan juga bagimana peluang jurusan yang ingin kamu ambil.

Kakak kelas pasti lebih paham, sebab selain dia memiliki pengalaman dia juga pada saat ini merasakan bagimana suasana di PTN. Silahkan segera hubungi saja atau melihat saja peta persebaran alumni dari SMK di sekolahmu.
Keenam: Berdo’a Menjadi Senjata Paling Ampuh dilakukan Untuk Lulusan SMK agar lulus SNMPTN
Cara yang terahir bagi lulusan SMK agar bisa lulus di tes SNMPTN adalah berdo’a, sekalagi lagi tanpa adanya do’a kamu hanya akan merasa kebingungan dan was-was. Berdo’a merupakan wujud ketengan yang bisa dilakukan bagi banyak orang.

Selain itu dengan berdo’a kamu juga akan merasakan optimisme yang mendalam. Berdo’ala kamu para pelajar SMK agar bisa Lulus SNMPTN.

SMK patsi bisa, ayo terus semangat kalian yang lulusan SMK dan ingin Lulus SNMPTN. 6 tips atau cara ampuh untuk lulus SBMPTN bagi lulusan SMK ini semoga membantu, jika da tambahan atau saran silakah dilakukan sendiri, tulisan ini hanyalah murni berbagi, semoga saja tanpa mengurangi. Baca: Jurusan Paling Banyak Peminat Saat Tes SNMPTN

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Ampuh Lulus SNMPTN Bagi Lulusan SMK"