21 Persyaratan Lengkap Ujian Skripsi Bagi Mahasiswa Unila

Skripsi bisa dibilang sebagai ujian akhir yang diterapkan oleh banyak kampus atau perguruan tinggi di Indonesia, tetapi ada sebagian kampus atau perguruan tinggi yang pada saat ini menghapuskan skripsi dan menggantinya dengan bentuk laporan kegitan, misalnya laporan kegiatan pengabdian masyarakat. Yang harus detail sebagaimana bentuk draf skripsi.

Meskipun begitu untuk perguruan tinggi yang ada di Provinsi Lampung, khusunya di Universitas Lampung (Unila) skrispi adalah syarat wajib yang harus dilakukan agar lulus dari jenjang Sarjana atau S1. Dengan demikian semoga tulisan pada postingan kali ini akan mengulas syarat ujian skripsi atau koprehensif bagi mahasiswa di Unila.

Ada 21 persyaratan yang harus dilakukan untuk ujian skripsi atau komprehensif tersebut sifatnya adalah multak, tak boleh ditinggalkan atau terlupakan sedikitpun. Oleh karenanya untuk mempersiapakan syarat wajib ujian skripsi bagi mahasiswa Unila. Kalian minimal menggurusnya lebih dari 1 minggu agar semuanya bisa selesai.

Tips mengurus syarat ujian skripsi lebih dari satu minggu ini penulis lakukan dan semoga saja pembaca semuanya juga bisa melakukannya.

21 Syarat ujian skripsi bagi mahasiswa Unila, diantaranya adalah sebagai berikut:
  1. Foto 4x6  (2 lembar) dan 3x4  (2 lembar) Hitam Putih (Laki-lak ipakai jas + dasi, Perempuan pakaisanggul kecuali yang berjilbab)
  2. Foto Copy KTM 1 lembar. Jika KTM hilang maka mahasiswa harus mengurusnya terlebih dahulu, proses mengurus KTM mahasiswa Unila yang hilang memakan waktu kurang lebih setengah bulan.
  3. Transkrip Nilai yang disahkan oleh Pembantu Dekan I disetiap Fakultas yang sedang mahasiswa tempuh. Perlu dicatat bahwasanya untuk transkrip nilai ini harus sudah selesai matakuliah semuanya, terutama mata kuliah wajib. Setalah selesai kalian juga pastikan bahwa nilai di KHS kalian haruslah sudah keluar nilai seminar 1 (Seminar Proposal) dan nilai seminar 2 (Seminar Hasil)
  4. KHS (Kartu Hasil Study) asli semester 1 sampai dengan semester akhir (termasuk di dalamnya nilai Semester Pendek, harus di print dan meminta disahkan)
  5. Tanda bukti SPP asli dan copy SPP terakhir (1 lembar). Untuk ujian skrispi memang hanya memerlukan tanda bukti slip SPP yang terahir, tetapi untuk mendaftar wisuda, slip SPP haruslah dicantumkan semuanya, kalau hilang segera di urus slip SPP kalian tersebut. Cara mengurusnya bisa baca: Cara Mengurus Slip SPP mahasiswa Unila yang hilang 
  6. SK pembimbing. SK Pembimbing biasanya di dapat sebelum mahasiswa melakukan Seminar 1 atau Seminar Usul
  7. Foto copy bebas pinjaman (Perpustakaan Unila+ Ruang Baca). Untuk mengurus Surat bebas pinjam di Perpusataan Unila, mahasiswa haruslah menyerahkan photo copy KTM dan juga Slip SPP yang asli dari yang terahir di tempuh. Ini sayart wajibnya.
  8. Berita Acara, Surat Tugas, Daftar Hadir Seminar dan Nilai Proposal Skripsi. Oleh karenanya saat Seminar 1 dan Seminar 2 atau hasil. Berkas-berkas tersebut tak boleh ada yang hilang
  9. Foto Copy Ijazah SMA 1 lembar. Hanya cukup Copy Ijazah, saat kalian sekolah SMA/SMK/MA/Sederajat (tidak perlu di legalisir)
  10. Surat Keterangan PA untuk pengajuan Outline Skripsi
  11. Outlne Skripsi
  12. Surat Pengesahan Komisi Pembimbing
  13. Form Proses Bimbingan Skripsi
  14. Surat keterangan Layak Uji dari pembimbing
  15. Form Layak Uji Skripsi dari Jurusan
  16. Undangan Ujian Skripsi (dibuat seletah semuanya selesai, yakni setelah surat dan syarat ujian skripsi semuanya tertandatangani)
  17. Kartu Presensi Seminar (Kartu ini bentuknya seperti lembaran, jadi simplenya kartu ini akan di dapat setelah mahasiswa membeli di dekanat. Dan untuk mendaptkan tandatangan mahasiswa harus mengikuti seminar dari mahasiswa lain, baik kakak tingkat, atau adik tingkat.
  18. Foto Copy Sertifikat Propti
  19. Foto Copy TOEFL 1 lembar (untuk Foto Copy TOEFL 1 sangat diperlukan ligalisir dan selain itu juga masa berlakunya masih aktif. Untuk masa berlaku TOEFL di Unila adalah satu tahun)
  20. Softcopy Jurnal (diseraahkan dalam bentuk file, dengan memanfaatkan CD)
  21. Surat pernyataan Bermaterai (surat ini akan dibuat seperti kalian menyatakan bahwa skripsi yang akan di ajukan adalah benar-bener karya kalian)
Dengan adanya persyaratan sebanyak 21 persyaratan tersebut tentu saja, mahasiswa yang ingin melakukan ujian skripsi sangat perlu untuk fokus dan bersabar, menunggu dosen dan mengurusnya. Semoga tulisan 21 Persyaratan Lengkap Ujian Skripsi Bagi Mahasiswa Unila bisa membantu, dan sukses terus untuk skripsinya ya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "21 Persyaratan Lengkap Ujian Skripsi Bagi Mahasiswa Unila"