7 Cara Menjadi Juara Kelas bagi Pelajar SD sampai dengan SMA

Cara Menjadi Juara Kelas bagi Pelajar

Menjadi juara kelas mungkin dambaan setiap murid, karena menjadi juara kelas adalah sesuatu yang membanggakan baik untuk diri kita sendiri maupun orang tua kita. Tapi jangan sampai hal itu membuat kita sombong dan meremehkan orang lain. Untuk memperolehnya pasti juga tidak mudah, kita ingin menjadi juara di kelas, teman kita juga berpikiran hal yang sama yaitu ingin menjadi juara di kelas, hal itu berarti kita punya saingan untuk memperebutkan menjadi juara kelas.

Mungkin hampir semua teman sekelas kita berpikiran hal yang sama, berarti saingan kita banyak kan? Yang harus kita kalahkan juga banyak kan? Hal itu juga dapat kita gunakan sebagai motivasi agar kita selalu semangat untuk belajar dan berusaha. Kita harus bersaing dengan sportif tentunya. Kita juga harus punya cara tersendiri dalam hal belajar. Berikut ini akan saya bagikan cara yang saya gunakan untuk belajar dan bisa menjadi juara kelas.

Cara Juara Kelas Bagi Pelajar

Cara untuk menjadi juara kelas bagi kalian yang masih sekolah SD/MI/Sederajat, SMP/MTS/Sederajat, atau SMA/MA/SMK/Sederajat yang baik dan benar. Antara lain;

Selalu minta pertolongan kepada-Nya dengan berdo’a

Apa yang kita miliki sekarang ini semuanya adalah milik-Nya, termasuk diri kita sendiri. Mengapa kita tidak meminta kepada-Nya saja agar kita menjadi juara kelas? Agar kita dimudahkan dalam menuntut ilmu? Tidak ada yang tidak mungkin jika DIA berkehendak. Oleh karena itu kita harus selalu berdo’a kepada-Nya.

Luruskan Niat

Jika kita ingin menjadi juara kelas, kebanyakan dari kita akan berpikir bahwa nilai adalah segalanya. Jangalah berpikiran seperti itu, karena sebenarnya untuk menjadi juara kelas nilai bukanlah segalanya. Berpikirlah bahwa kita bersekolah adalah untuk mencari ilmu bukan mencari nilai.

Bersikap baiklah kepada guru

Guru adalah orang tua kita disekolah. Sudah sewajarnya jika kita harus bersikap baik dan menghormatinya. Jangan sampai kita membenci ataupun tidak suka kepada guru yang mengajar kita. Karena jika kita tidak suka dengan guru yang mengajar kita, pasti kita akan malas jika guru tersebut mengajar kita.

Kalau kita malas kebanyakan dari kita tidak memperhatikan dengan benar apa yang dijelaskan oleh guru, kalau sudah begitu siapa yang rugi? Tentu diri kita sendiri bukan? Selain itu jika kita selalu bersikap baik kepada guru kita, bisa jadi guru kita tersebut tidak segan – segan memberi kita nilai yang baik, meskipun sebenarnya nilai kita pas – pasan.

Utamakan kejujuran

Jujur adalah segalanya. Misalnya dalam ulangan kita tidak bisa mengarjakan padahal malamnya kita sudah belajar, jangan sampai kita mencontek teman kita karena kemungkinan teman kita juga tidak bisa menjawab, bisa jadi jawaban yang diberikan ke kita itu juga salah.

Lebih baik kita kerjakan sendiri, kalaupun salah ya sudah, itu juga jawaban kita sendiri, kalau kita mencontek teman kita, mungkin kita akan berpikir untuk menyalahkan teman kita itu.  Ulangan digunakan untuk menguji diri kita, seberapa kemampuan kita atau seberapa pahamkah kita akan materi tersebut, kalau kita mencontek, dari mana kita tahu seberapa kemampuan kita? Kalaupun dengan jujur nilai kita jelek, berarti kita harus belajar lebih serius lagi agar kita dapat memahami materi tersebut dengan benar.

Tentukan waktu untuk belajar

Bagi kita yang sibuk sekali disekolah mungkin susah sekali mendapatkan waktu untuk belajar selain disekolah. Apalagi buat kita yang aktif yang berbagai ekstra kirikuler yang ada disekolah. Biasanya kita berangkat ke sekolah pagi hari dan pulang sore hari karena kita harus mengikuti ekstra kurikuler yang ada disekolah. Karena pulang sekolah kita sudah capek akhirnya kita malas untuk belajar, dan memilih untuk tidur. Dan besoknya hal itu terulang lagi.

Mulai sekarang jangan seperti itu, kita harus merubah kebiasaan itu. Kita harus tetapkan waktu belajar kita, misalnya dalam satu hari kita harus belajar selain disekolah selama 2 jam, kita harus menepati itu, dan untuk jamnya bebas, tidak harus jam 19.00-21.00 atau jam berapa gitu bebas.

Asalkan jumlahnya 2 jam. Sebenarnya dalam belajar tidak harus lama, asalkan waktu belajar kita itu dapat kita gunakan dengan maksimal dan efektif. Belajar tidak harus membaca, bisa juga dengan mengerjakan latihan soal, mengerjakan latihan soal sangat membantu kita saat kita ujian.

Hindari hal-hal yang dapat membuat kita malas belajar

Mungkin beberapa menit yang lalu kita berniat untuk belajar setelah ini, namun karena ada sesuatu, kita tidak jadi belajar. Misalnya ada acara kesukaan kita di televisi, akhirnya kita memilih untuk menonton acara tersebut dan tidak belajar, atau mungkin juga saat kita akan belajar kita meihat notifikasi handphone kita dulu, dan ternyata ada pesan dari dia, sehingga membuat kita kepikiran dia, dan lain sebagainya.

Oleh karena itu kita harus menghindarinya, bisa jadi awalnya susah, namun lama – kelamaan kita juga akan terbiasa untuk menghindari godaan – godaan yang membuat kita malas atau bahkan tidak belajar tersebut.

Jangan lupa jaga kesehatan

Kesehatan itu penting, karena kalau kita sakit pasti kita tidak bisa belajar bukan? Kalaupun kita belajar tentunya juga tidak bisa konsentrasi, apalagi waktu ujian pasti kalau kita sakit akan menyusahkan banget.

Oleh karena itu selalu jaga kesehatan, misalnya dengan olahraga, tidak harus lama dan yang berat untuk kita lakukan namun lakukan secara rutin, kita juga bisa menjaga kesehatan dengan mengkonsumsi sayur dan buah dengan cukup, karena tubuh kita membutuhkan zat – zat yang terkandung didalamnya.

Jangan lupa juga selalu konsumsi air putih yang cukup, untuk memenuhi kebutuhan tubuh kita, mengkonsumsi air putih yang cukup juga dapat menjaga konsentrasi kita. Kalau konsentrasi kita terjaga pasti kita juga akan mudah dalam belajar

Mungkin itu saja 7 Cara Juara Kelas Bagi Pelajar yang bisa saya sampaikan untuk kalian semua yang membaca ini, dan yang ingin menjadi juara di kelas, adapun penulis dalam artikel ini adalah Rachma Vinka yang semasa sekolah seringkali memperoleh juara di kelas.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "7 Cara Menjadi Juara Kelas bagi Pelajar SD sampai dengan SMA"