Contoh Negara Sukses Memanfaatkan Kondisi Bonus Demografi



Kondisi bonus demografi bisa dikatakan sebagai suatu keuntungan bahkan bisa juga dikatakan suatu kerugian besar, hal ini dikarenakan banyak tokoh yang menyebut kondisi bonus demografi adalah dua sisi mata pisau, dimana yang satu tumpul dan yang satunya tajam. Represetasinya, tumpul diartikan sebagai kegagalan dan tajam diartikan sebagai keberhasilan tentang memanfaatkan bonus demografi.

Menyikapi hal itu, dalam pembahasan mengenai Negara Sukses Memanfaatkan Kondisi Bonus Demografi  pada umumnya memanfaatkan 5 hal pokok atau syarat dalam mengisi kualitas penduduknya.
5 hal pokok memanfaatkan bonus demografi tersebut adalah investasi bidang pendidikan, kesehatan, perbaikan kualitas tenaga kerja, mengatisipasi penuaan sehaingga membuat usia tidak produktif dan yang terahir adalah antisipasi pembangunan yang tidak merata.
Baca : Pengertian Bonus Demografi Menurut Beberapa Ahli

Dan ternyata setelah 5 kunci sukses memanfaatkan kondisi bonus demografi tersebut banyak Negara-negara yang terlebih dahulu jaya dengan memanfaatkan kondisi bonus demografi.

Berikut ini adalah salah satu Negara yang Sukses Memanfaatkan Kondisi Bonus Demografi, yaitu:

Negara Korea Selatan

Korea Selatan adalah suatu Negara yang berbatasan dengan Korea Utara dimana kedua Negara ini baik sebelum dan sesudah perang dunia ke-2 selalu mengalami peperangan saudara. Namun, siapa sangka ditengah kondisi peperangan itu, Korea Selatan sukses memanfaatkan kondisi bonus demografi.

Padahal jika ditarik kebelakang, sejarah kemerdekaan Korea Selatan sebagai suatu Negara hanya selisih sekitar 2 hari dengan kemerdekaan Indonesia sebagai suatu Negara. Namun pada saat ini perkembangan dan kemajuan korea selatan lebih tinggi dibandingkan dengan Negara kita, baik itu tentang kesehatan, pendidikan dan lain sebgainya.

Menurut PBB pada tahun 2013 saat ini kondisi korea selatan sangat bangus dan layak untuk diperhitungkan, sebab penilaian IPM (Indeks Pembangunan Manusia) korea selatan menempati urutan ke dua belas (12) diatas Hongkong dan dibawah Negara Jepang.

Terus, yang menjadi pertannyaan subtansinya, mengapa korea selatan begitu sukses memaksimalkan kondisi masyarakat pada saat bonus demografi yang dialami Negara itu?

Berikut pembahasan mengenai kunci sukses mengapa Korea Selatan bisa sukses memaksimalkan kondisi bonus demogari?

Pertama: Negara korea selatan sangat jarang menggunakan produk luar negari atau produk import, masyarakatnya selalu cinta produk dalam negari hal ini dikeranakan rasa nasionalisme Negara korea selatan cukup tinggi.

Kedua: Korea selatan sukses memanfaatkan kondisi bonus demografi dengan memaksimalkan keadaan hiburan. Dimana keberhasilan korea selatan dibidang industry hiburan terlihat nyata pada saat sekarang yang kebanyakan memang Negara mengetahui korea selatan dengan hiburannya yang berkualitas, baik dari dunia perfilman sampai pada dunia nyanyian bahkan masyarakat kita juga ada penggemar dunia hiduran itu salah satunya adalah maraknya istilah K-Pop.

Dua alasan itulah menjadi penyebab kenapa korea selatan sukses memaksimalkan kondisi bonus demografi, semoga kita kedepan bisa mencontoh korea selatan yang sukses dengan kondisi bonus demografi.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Contoh Negara Sukses Memanfaatkan Kondisi Bonus Demografi"