10 Rekomendasi Pondok Pesantren Terbaik di Bandar Lampung

Pondok Pesantren di Bandar Lampung

Pondok pesantren barangkali istilah yang tak lagi asing bagi masyarakat Indonesia, bahkan istilah pondok pesantren ini sendiri dikenal sebelum Indonesia merdeka. Dan tentunya takalah membanggakan sampai saat ini eksistensi pondok pesantren masih terus terjaga dalam mengembangkan para peserta didiknya untuk menjadi manusia yang berilmu, beriman, dan bertaqwa.

Nah, taukah ada bahwa hampir sebagian besar daerah yang ada di Indonesia ini memiliki pesantren, salah satunya adalah daerah Bandar Lampung. Ibu Kota Provinsi Lampung yang juga memiliki pondok pesantren.

Pondok Pesantren di Bandar Lampung


Untuk arti pondok pesantren di Bandar lampung sebenarnya ada banyak sekali, bahkan jikalau di hitung jumlah pesantren di Bandar lampung ini lebih dari puluhan pesantren. Tetapi, agar lebih mengefesiensikan pengetahuan dan pengalaman, dalam pembahasan kali ini hanya akan merekomendasikan beberapa pesantren yang bisa menjadi bahan acuan.

Daftar Pondok Pesantren di Bandar Lampung

Berikut ini adalah daftar terkait dengan adanya pondok pesantren yang ada di Bandar Lampung. Antara lain;

1. Pondok Pesantren Al-Hikmah

Pondok Pesantren Al-Hikmah adalah salah satu pondok pesantren yang menjadi percontohan di Provinsi Lampung. Bagimana tidak?, sebab pesantren ini memiliki ratusan santri, dan bangunan yang amat sangat megah.

Selain itu pesantren ini berhasil menjadi percontohan karena pelajaran yang di ajarkan berkualitas, bahkan tak jarang di Pesatren ini juga seringkali ada kegiatan atau agenda pertemuan para Alumni Pondok Pesantren Lirboyo di Jawa Timur.

Bagi yang memiliki anak dan ingin dititipkan di Podok Pesantren silahkan barangkali Pondok Pesantren Al-Hikmah bisa menjadi piliha. Untuk alamatnya, Pondok Pesantren Al-Hikmah terletak di Jl. Sultan Agung Gg. Raden Saleh No. 23 Way Halim, Kecamatan Kedaton, Kota Bandar Lampung. Atau bisa mengunjungi blog Pondok Pesantren Al-Hikmah dengan alamat http://al-hikmah-way-halim.blogspot.co.id/

2. Pondok Pesantren Darussa’adah

Nama Pondok Pesantren Darussa’adah memang seringkali kita dengarkan, baik Pondok Pesantren Darussa’adah yang ada di Lampung Tengah, atau Pondok Pesantren Darussa’adah yang ada di Pulau Jawa. Dan Pondok Pesantren Darussa’adah yang ada di wilayah lainnya.

Dan saat ini yang akan di bahas adalah Pondok Pesantren Darussa’adah di Bandar Lampung. Pondok pesantren ini berdiri dari tahun 2001, selama berdiri Pondok Pesantren Darussa’adah di Bandar Lampung pada Tahun 2020 berganti nama menjadi Pondok Pesantren Darussa'adah Kyai Asikin.

Hanya saja di Pondok Pesantren Darussa’adah tidak memiliki sekolah formal, adapun para santri yang tinggal di pesantren ini sebagain besar ada yang menjadi mahasiswa Universitas Lampung, Malhayati, Teknokrat, Umitra, dan kampus lainnya.

Untuk alamat websitenya Pondok Pesantren Darussa’adah https://pondokpesantrendarussaadah.blogspot.com/ adapun untuk tempat keberadaan Pondok Pesantren Darussa’adah di Jln. Punawirawan 7 Gg. H. Abdul Latif, Kelurahan Gunung
Terang, Kecamatan Langkapura, Kota Bandar Lampung.

Perlu diketahui juga bahwa Pondok Pesantren Darussa’adah menerima santri putra ataupun santri untuk tinggal dan mengaji di pesantren tersebut.

3. Pondok Pesantren AL-Mutakim

Pesantren ini terletak hampir berdekatan dengan terminal Kemiling Bandar Lampung. Jika ditempuh menggunakan sepeda motor, untuk sampai di pesantren ini sekitar 10 Menit dari terminal. Adapun yang tersedia di Ponok Pesantren ini adalah pendidikan, SMP dan SMA.

Untuk masalah biaya pesantren ini juga menggeratiskan bagi santrinya yang tidak mampu, bagi para orangtua yang memiliki anak silahkan di titipkan di Pondok Pesantren ini.

4. Pondok Pesantren Darul Hikmah


Sejak berdiri di Bandar Lampung, pondok pesantren ini tak henti-hetinya menyebarkan luasakan Agama Islam. Sebagai salah satu pondok pesantren di Bandar Lampung, ciri khas pesantren ini adalah pesantren mahasiswa.

Untuk alamatnya Pondok Pesantren Darul Hikmah terletak di Jalan Sutan Jamil Nomor 29, Keluarahan Gedung Meneng, Kecamatan Rajabasa, Lampung. Atau arah-arah daripada letak pondok pesantren ini sangat berdekatan dengan sekolah Global Madani. Blog pondok ini beralamatkan di ppmdh.blogspot.com

5. Pondok Pesantren Putri Hikmatul Mubtadi-aat

Pondok Pesantren Putri Hikmatul Mubtadi-aat menjadi pesantren terbaik yang ada di Provinsi Lampung. Dimana dengan Alamat Jalan Imam Bonjol Gg. Flamboyan Langkapura, Kemiling, Kota Bandar Lampung. Di Pesantren ini ada kegiatan Bulnan dan Tahunan, adapun Kegiatan Bulanan misalnya saja Sima'an Al-Qur'an Rutin setiap haris Jum'at pertama dan Jum'at Ketiga, Sholawat bersama dan muhadoroh bersama Anak-anak TPQ.

Sedangkan kegiatan Tahunannnya ada Ziaroh waliyulloh dan Masyayikh di Kota Bandar Lampung, Ziarah Wali Songo, dan lain sebagianya.Untuk kegiatan harian juga ada Ngaji Al-Qur'an, Qiyamullail/Sholat Malam, dan lainnya.

6. Pondok Pesantren Darul Fatah

Pondok pesantren yang kelima adalah Pondok Pesantren Darul Fatah, dimana pondok pesantren ini letaknya tak terlalu jauh dengan Pondok Pesantren Darul Hikmah. Selain memiliki perguruan tinggi saat ini Pondok Pesantren Darul Fatah juga membuka SMP (Sekolah Menengah Pertama) IT (Islam Terpadu) bagi orangtua yang berkeinginan untuk menitipkan anaknya tinggal di Pondok Pesantren Darul Fatah silahkan datang ke alamat Jalan Kopi No.23 A, Kelurahan Gedung Meneng, Kecamatan Rajabasa, Kota Bandar lampung. Alamat blog Pondok Pesantren Darul Fatah bkmdarulfatah.blogspot.com

7. Pondok Pesantren Madarijul Ulum

Pondok Pesantren Madarijul Ulum terletak di Jln. WA. Rahman. Gg. SImpang Makmur, Kelurahan Batu Putu, Kecamatan Teluk Betung Barat, Kota Bandar Lampung. Pondok pesantren ini selain tergolong sebagai pondok pesantren salafiah, juga mengajarkan ilmu umum.

Ilmu umum di ajarkan terbukti dengan adanya MTs dan MA Madarijul Ulum yang sampai saat ini terakreditasi B+. Bagi orangtua yang sedang mencari pondok pesantren untuk anaknya barangkali Pondok Pesantren Madarijul Ulum bisa menjadi rekomendasi.

8. Pondok Pesantren Ulul Abab

Pesantren ini terletak di Jln. P. Sebesi No. 38 Sukarame Kota Bandar Lampung. Bagi orangtua yang sedang mencari alamat pondok pesantren mungkin Pondok Pesantren Ulul Abab bisa menjadi pilihan, sebab di Pondok Pesantren Ulul Abab ini selain memiliki gedung yang bagus juga menyediakan pendidikan formal, dari SD sampai SMA. Alamat email Pondok Pesantren Ulul Abab ululalbablampung@gmail.com

9. Pondok Pesantren Salafiyah Al-Hijrotul Munawaroh

Pondok Pesantren Salafiyah Al - Hijrotul Munawaroh dahulunya bernama Pondok Pesantren Nurul Iman. Alasan pondok pesantren ini berganti nama menurut salah seoarang santri Pondok Pesantren Al - Hijrotul Munawaroh karena pesan guru Kyai yang menjadi pimpinan pondok pesantren ini.

Alamat Pondok Pesantren Salafiyah Al - Hijrotul Munawaroh terletak di Jalan. Purnawirawan Raya No.115, Gunung Terang, Kecamatan Langkapura, Kota Bandar Lampung.

Meskipun lebel Pondok Pesantren Al - Hijrotul Munawaroh adalah salafiah akan tetapi di pesantren ini juga memiliki pendidikan formal, dengan penyetaraan izasyah, yakni terselenggaranya paket B dan Paket C.

Santri yang tinggal di Pondok Pesantren Salafiyah Al - Hijrotul Munawaroh juga ada beberapa yang seraya kuliah, baik kuliah di Unila, atau bahkan banyak santri Pesantren Salafiyah Al - Hijrotul Munawaroh memilih kuliah di IAIN Raden Intan, Kota Bandar Lampung.

10. Pesantren Tahsinul Khuluq

Daftar dan alamat lengkap Pesantren Tahsinul Khuluq ini sendiri berada di Jalan Padat Karya Lingsuh, Rajabasa Jaya, Kecamatan Rajabasa, Bandar Lampung. Dimana pesantren ini berdiri sejak Tahun 2006 dan secara resmi mendapatkan legalitas dari Kemenag pada Tahun 2021. Untuk lokasinya sendiri sangatlah dekat dengan Unila dan Polinela sehingga mahasiswa/i yang ingin mengaji agama secara mendalam bisa tinggal di pesantren ini.

Demikianlah ulasan dalam pembahasan tentang 8 Rekomendasi Pondok Pesantren di Bandar Lampung, semoga bisa membatu, baik kepada para pembaca atau kepada mreka yang sedang mencari informasi tentang Pondok Pesantren di Bandar Lampung

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "10 Rekomendasi Pondok Pesantren Terbaik di Bandar Lampung"