Pulau Pahawang Tempat Liburan Murah dan Mewah

Bagi sebagian orang, berlibur menjadi cara efektif melepas segala beban yang selama ini bersemayam dalam setiap urusan. Tetapi banyak diantara kita tak memiliki waktu dan modal (biaya) untuk berlibur. Demikianlah setidaknya menjadi masalah klasik yang selalu mewarnai curhatan dibaranda media sosial, baik facebook, twitter, instagram, atau line

Galau di Facebook
Temen-temen yang sering galau tidak bisa berlibur karena masalah waktu dan biaya, barangkali tulisan ini bisa membantu. Tulisan ini nantinya akan mengulas tempat berlibur yang murah dan mewah. Adapun lokasi berlibur yang murah dan mewah tersebut adalah “Pulau Pahawang”, salah satu lokasi pariwisata paling hits di Kabupaten Pesawaran bahkan di Provinsi Lampung dan Indonesia.

Pulau Pahawang menjadi tempat liburan yang saya rekomendasikan. Hal ini dikerenakan untuk menuju atau sampai di Pulau Pahawang akan bebas pungli (pungutan liar), bebas dari kemacetan, kondisi jalan mulus, ditambah lagi keamanannya yang tidak berjauahan dari posko tentara. Yakin aman deh!.

Gambaran sederhannaya mengapa berlibur di Pulau Pahawang saya rekemendasikan, adalah begini:

Awal tahun 2016, saya adalah mahasiswa di salah satu perguruan tinggi di Lampung tepatnya di Kota Bandar Lampung, sebagai mahasiswa tentu berlibur menjadi kebutuhan yang tidak bisa dikesampingkan. Kendalanya, untuk mencari tempat berlibur yang murah dan mewah sangatlah susah. Kalau murah mungkin banyak, berliburan di emperan rumah atau kostan juga bisa, kan?. Tetapi untuk mencari tempat liburan yang mewah inilah yang seringkali  mengalami masalah, terutama masalah keuangan #MaklumAnakPrantauan

Setalah ngobrol sana-sini, akhirnya ada teman yang memberi saran sekaligus solusi. Kata temen saya “liburan di Pulau Pahawang tempatnya asik dan nggak jauh”.

Tawaran itupun tanpa pikir panjang saya iyakan. Mengingat beberap tahun belakangan Pulau Pahawang sangar tenar di media sosial akan keindahan alamnya, ditambah lagi teman saya tadi sedikit banyak memberikan gambaran tentang stimulasi keuangan, bahwa untuk berlibur di Pulau Pahawang butuh modal sekitar 200 ribuan/orang.

Singkatnya kami berangkat dari Bandar Lampung pada Hari Jum’at tanggal 22 Januari 2016. Saya berangkat mengendarai sepeda motor dengan 8 teman lainnya yang sama-sama ingin tahu Pariwisata di Pulau Pahawang. Setalah menempuh perjalanan 2 ½ Jam akhirnya kami sampai di desa paling dekat dengan Pulau Pahawang, yakni Desa Katapang, Kecamatan Punduh Pidada, Kabupaten Pesawaran.

Setelah sampai di desa paling dekat dengan Pulau Pahawang tersebut, kami tak langsung menyeberang ke Pulau Pahawang untuk berenang, snorkeling, atau memancing. Sebagimana yang banyak dilakukan orang, hal itu lantaran Hari Jum’at, sebagai muslim berkewajiban untuk terlebih dahulu menunaikan Ibadah Sholat Juma’at #MuslimTaat

Tak usah khawatir, bagi muslim yang ingin berlibur di Pulau Pahawang baik di Hari Jum’at atau lainnya tersedia fasilitas masjid atau mushola yang baik. Kondisinya terawat, bersih, dan nyaman. Untuk masjid atau mushola hanya tersedia di Desa Ketapang dan Pulau Pahawang Besar, sedangkan untuk di Pulau Pahawang Kecil tidak tersedia. Menurut inforamsi dari nahkoda kapal di Pulau Pahawang Kecil ada villa milik warga asing sehingga setiap pengunjung yang datang di Pulau Pahawang Kecil tersebut harus mengikuti beberapa aturan yang diterapkan oleh pemilik pulau tersebut.

Perlu dipahami, perbedaan cukup mencolok jika berlibur di Pulau Pahawang Besar dan Pulau Pahawang Kecil adalah wahana wisatanya, menurut saya kondisi alam Pulau Pahawang Besar tidaklah sebagus jika dibandingkan dengan Pulau Pahawang Kecil. Kondisi Pulau Pahawang Besar sebagian besar dikelilingi oleh hutan bakau yang rindang. Tetapi  jangan salah, kedua pulau ini sama-sama menyimpan eksotisme pemandangan yang indah, terutama keindahan yang berada di bawah air laut.

Perlu diketahui, jika berlibur di Pulau Pahawang pengunjung harus menggunakan jasa kapal untuk menyebrang dengan biaya 400 ribu dengan kapasitas penumpang 12 orang. Relatif murah kan?, bahkan jika dikalkulasikan 1 orang hanya menggeluarkan kocek 33 ribu. Oh iya, sekedar himbauan harga tersebut tidak bisa berkurang, karena waktu itu saya dan temen-temen mencoba menawar, tapi ya itu tadi, pemilik kapal tetap kekeh tak bisa berkurang.

Foto Pribadi: Pemandangan Ketika Menuju Pulau Pahawang

Selain menyewa kapal, jika ingin snorkeling para pengunjung juga bisa menyewa alat snorkeling dengan biaya 30 ribu, untuk alat snorkeling ini bisa ditawar karena waktu itu saya dan temen-temen berhasil menawarnya dari 30 ribu menjadi 27 ribu, lumayan 3 ribu berkurang, hehehe

Berlibur di Pulau Pahawang tak harus memaksakan kehendak untuk snorkeling, hal itu lantaran berada di Pulau Pahawang pengunjungpun bisa berenang di pantai yang masih bersih air lautnya (belum tercemar) atau bisa juga memilih untuk memancing. Bedanya jika pengunjung snorkeling di Pulau Pahawang, pengunjung bisa mudah melihat langsung keindahan bawah laut.

Keindahan bawah laut di Pulau Pahawang banyak tersedia, salah satunya bisa melihat berbagai jenis ikan dan juga bisa melihat indahnya terumbu karang. Apalagi ketika snorkeling pengunjung tidak akan terganggu dengan ombak, sebab untuk urusan ombak di Pulau Pahawang kondisinya tenang, sehingga bisa leluasa untuk bermain disana.

Pulau Pahawang The Hidden Paradise

Setalah menikmati luburan di Pulau Pahawang tersebut, saya berkesimpunan bahwa Pulau Pahawang adalah surga yang tersembunyi (the hidden paradise) di Kabupaten Pesawaran bahkan di Provinsi Lampung dan Indonesia. Alasan Pulau Pahawang sebagai surga tersembunyi karena sampai saat ini ada berbagai hal yang membuat liburan di Pulau Pahawang mewah dan tidak ditemukan di tempat pariwisata lain. Diantaranya kemewahan tersebut adalah sebagia berikut:

Berlibur di Pulau Pahawang Menikmati Potensi Ekowisata

Kata ekowisata merupakan parpaduan antara eko (lingkungan) dan wisata. Secara luas masyarakat seringkali memahami wisata dengan jalan-jalan ke tempat-tempat hiburan, makan-makan dan juga berbelanja sebagai aktifitas refresing, bersanatai, mengendorkan syaraf dan membebasakan diri dari ketertegangan rutinitas kerja (Rochana, 2011). Adaftifnya, konsep pengembangan dengan ekowisata sudah mulai berjalan di Pulau Pahawang, baik secara langsung ataupun tidak langsung.

Pengembangan ekowisata di Pulau Pahawang memanfaatkan hutan mangrove sebagai objek, karena fungsi daripada hutan mangrove di Pulau Pahawang bukan hanya melindungi pesisir pantai dari abrasi atau sebagai tempat berpijahnya berbagai ikan, seperti kepiting, udang, karang, siput, berbagai macam ikan namun juga menawarkan panorama alam yang menjubkan. Di Pulau Pahawang kamu bisa menikmatinya.

Foto Pribadi: Bersama teman selfie disekeliling hutan mangrove

Kondisi  Airnya di Pulau Pahawang Bersih

Kondisi air di Pulau Pahawang bersih, baik saat dilihat atau dirasakan, dengan keadaan air yang bersih atau higenis tersebut akan mengantisipasi penyebaran penyakit. Sebab air sangat mudah untuk terkontaminasi oleh bakteri penyebab penyakit (Indra, 2012). Oleh karena itu ketika memutuskan berlibur di Pulau Pahawang jangan pernah ragu, airnya bersih kok. Dijamin!

Foto Pribadi: Menikmati keindahan di bawah laut dengan kondisi air yang bersih

Pulau Pahawang Memiliki Terumpu Karang yang Alami

Banyak pariwisata yang menawarkan keindahan bawah laut, terutama keindahan terumbu karangnya. Akan tetapi hanya sedikit saja tempat pariwisata yang sampai saat ini masih tersedia terumbu karangnya. Bahkan menurut saya, terumbu karang yang masih alami selain di Lombok (meski belum pernah kesana), adalah Pulau Pahawang. Oleh karena itu, ketika berlibur di Pulau Pahawang secara langsung kita akan disajikan berbagai macam terumbu karang. Kondisi inilah yang membuat saya tertegun sekaligus belajar banyak hal tentang terumbu karang.

Nilai edukasi ketika berlibur di Pulau Pahawang yang harus di coba oleh para pembaca semuanya.


Foto Pribadi: Menikmati keindahan terumbu karang di Pulau Pahawang

Akhir tulisan ini, mencoba mengajak kepada para pembaca untuk berlibur di Pulau Pahawang baik yang ada di Provinsi Lampung atau di luar Provinsi Lampung. Setidaknya ketika memutuskan untuk berlibur di Pulau Pahawang kita baru menyadari bahwa di ujung Pulau Sumatra ada surga yang tersembunyi (the hidden paradise).


#BlogPesawaran2016
Terima kasih telah membaca tulisan Pulau Pahawang tempat liburan murah dan mewah, semoga bisa menjadi alasan mengapa harus berlibur di Pulau Pahawang. Selain murah berlibur di Pulau Pahawang juga sangatlah mewah. Tidak percaya, ayo silahkan dicoba.

Subscribe to receive free email updates:

10 Responses to "Pulau Pahawang Tempat Liburan Murah dan Mewah"

Arif Sobarudin mengatakan...

keren artikelnya

hayu estuning desmalia mengatakan...

Di Pulau Pahawang emang keren banget, dulu kami satu kelas juga kesana. Mantap deh,

Lampung Student mengatakan...

Wkwkwkw, ceritanya anak kostan banget gan

Nailul Luthfiyah mengatakan...

Jadi pengen liburan 😂😂

imam mahmud mengatakan...

Ayo pada kesana, asik kok. Apalagi kalau ada gandengan,hihihi

Gombloh Kecil mengatakan...

wah , keren gan semoga menang. Kunjungin juga blogg saya yaa.. http://lukisan-pelajar.blogspot.co.id/2016/11/pulau-pahawang-pesonamu-alihkan-duniaku.html

RIFQI RISMADI mengatakan...

semoga bisa menang lah,ya.jangan lupa, kalau menang buruan cari pacar

Yogi Pray mengatakan...

wih bener tuh pahawang tempat wisata yang asik muda anak muda

Yogi Pray mengatakan...

wih bener tuh pahawang tempat wisata asik buat anak muda

razone mengatakan...

Pahawang memang surga tersembunyi, semakin bnyk tau semakin banyak yang berkunjung tp itu jga tantangan untuk kita menjaga kelestarian alamnya.