4 Pengertian Hukum Islam Menurut Para Ahli Lengkap

4 Pengertian Hukum Islam Menurut Para Ahli Lengkap




Pengertian Hukum Islam- Hukum dalam setiap keyakinan atau beragama sangatlah penting untuk diketahui, hal ini mengingat dengan mengetahui hukum tindakan dan prilaku manusia akan terkontrol dengan baik sehingga sesuai ajaran-ajaran dalam Islam.

Baca Juga: Pengertian Islam Menurut Para Ahli Lengkap

Hukum Islam sejatainya berasal dari terjemahan “Mashadir” yang memiliki arti  wadah ditemukannya norma-norma hukum. Adapun untuk pengertian hukum dalam Agama Islam sendiri antara lain sebagai berikut;

Pengertian Hukum Islam



Hukum Islam adalah suatu bentuk peraturan bedasarkan ketentuan Allah SWT dan sunah Nabi Muhammad SAW yang bersifat mengikat semua orang yang beragama Islam tanpa terkecuali, baik remaja, dewasa, ataupun orang tua.

Sedangkan menurut para ahli, pengertian hukum Islam adalah sebagai berikut;

Pengertian Hukum Islam Menurut Para Ahli



Marzuki

Menurutnya, pengertian hukum Islam adalah seperangkat atau serangkaian norma yang bersumber dari Allah SWT dan Rosulloh S.A.W yang berfungsi untuk mengatur segala bentuk tingkah laku (tata kelakuan) manusia terutama yang Bergama Islam.

Abu Zahroh

Dalam definisnya, Hukum Islam adalah suatu bentuk aturan yang mampu menjadikan manusia (insan) yang bijaksana di dalam menjalankan kehidupan sehari-harinya, dalam     menegakkan atau menjalankan hokum Islam ini tidak pernah ditemukan pembedaan antara satu dengan yang lainnya. Sehingga hukum dalam islam bersifat universal.

Ahmad Hasan

Hukum Islam (Islamic  law) adalah suatu bentuk hukum yang bersumber dari seluruh ajaran Islam yang berada diantara syariah dan fikih.

Demikianlah pembahasan mengenai 4 Pengertian Hukum Islam Menurut Para Ahli Lengkap. Semoga dengan adanya pengertian ini dapat menmabh pengetahuan dan wawasan kepada setiap pembaca yang sedang mencari “Pengertian Hukum Islam”. Trimakasih, baca juga artikel lainnya;

  1. Definisi dan Pembahasan Lengkap Taqwa
  2. Sederhana, Inilah Perbedaan Kyai dan Ustadz
  3. Alasan Singkat, Kader PMII Dipanggil Sahabat
  4. 10 Hal Yang Membatalkan Puasa

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "4 Pengertian Hukum Islam Menurut Para Ahli Lengkap"