7 [Cara] Menulis Artikel dengan Mudah dan Juara

Cara Menulis Artikel dengan Mudah dan Juara


SeputarPembahasan.Com- Kesuksesan dalam menulis setiap orang tentu dan pastilah berbeda, tak terkecuali dengan cara mendapatkan juaranya. Mungkin, bagi para pejuang pena, memenangkan suatu lomba menulis adalah salah satu batu loncatannya. Ada banyak sekali lomba menulis artikel yang diadakan oleh suatu media, perusahaan, universitas, ataupun suatu komunitas.
Baca Juga: 18 Daftar Lengkap Penerbit Buku Secara Gratis

Kesempatan ini janganlah dibuang sia-sia. Apalagi, sudah menyerah saat melihat persyaratannya yang terlihat rumit. Padahal, hal itu sangatlah mudah jika diselesaikan atau dipenuhi satu per satu. Kumpulkan niat terlebih dahulu dan ikuti langkah-langkah berikut ini. Terutama, bagi kalian yang ingin menjuarai lomba dalam bidang artikel. Janganlah menjadi seseorang yang “Mati sebelum berperang”.

Cara Menulis Artikel dengan Mudah dan Juara

Perbaiki niat dalam menulis

Semua penulis pastilah mempunyai tujuan dan target masing-masing. Ada pepatah mengatakan, “Jika engkau fokus mencari dunia, tidak akan ada habisnya”. Jadi, menulis untuk menyalurkan hobi dengan mencari berkat Tuhan dan orang tua, dirasa cukup tepat. Selain hal itu, membagikan pengalaman kepada orang lain juga dapat menjadi tujuan awal dalam menulis. Jangan sampai niat kita hanya untuk mencari harta saja. Bisa saja kita tidak mendapatkan harta dan juga tidak mendapatkan ridhoNya.

Membuat timeline atau jadwal harian

Bagi pelajar, mahasiswa, pekerja, dan pengusaha, pastilah tidak mudah untuk membagi waktunya. Apalagi, terdapat tugas atau deadline lain yang harus dikerjakan. Bagi para pejuang pena yang ingin melatih kepiawaiannya dalam hal menulis artikel, cukup meluangkan waktu satu minggu kurang lebih enam jam dengan pengaturan waktu harian yang sesuai dengan keadaan atau kesibukan. Janganlah terlalu terpaku pada jadwal harian ini, hingga jatuh sakit. Semua dapat dilakukan bila pikiran dan jiwa tetap sehat.

Mencari ide

Sumber ide untuk menulis dapat ditemukan dimana-mana. Dapat melalui pengalaman pribadi atau orang lain. Tidak perlu terlalu banyak memakan waktu pada tahap ini. Tidak perlu tema atau ide yang sangat bagus. Menarik tidaknya suatu karya, tergantung bagaimana cara kita mengolah tema supaya lebih manis. Untuk menambah kosa kata dan menciptakan gaya menulis sendiri, perbanyaklah membaca contoh-contoh artikel pada internet misalnya.

Motivasi itu perlu

Di tengah padatnya jadwal harian, pastilah membutuhkan banyak motivasi. Tidak jarang, banyak para pelajar yang merelakan hobinya karena terlalu fokus dengan satu hal. Fokus pada kegiatan sekolah juga diperlukan. Tetapi, jika hobi dan bakat tidak terasah, kita juga yang akan merugi. Mencari lomba-lomba atau media-media yang sering menerima artikel dapat menjadi salah satu solusinya, semakin banyak mengikuti lomba-lomba artikel atau lomba menulis lainnya, semakin terasah juga kemampuan kita dalam menulis.

Pantang menyerah

Berkali-kali ditolak oleh media, tidak pernah merasakan manisnya menjadi salah satu juara lomba menulis, bukanlah sesuatu yang dapat mengalahkan kita. Tentu kita harus tetap mengingat tujuan awal kita dan mencari kesalahan dalam artikel yang telah dibuat. Janganlah berlarut-larut dalam suatu kegagalan. Teruslah berlari dengan tidak mengulangi kesalahan yang sama. Kita tidak tahu, berapa orang yang terus berjuang disaat kita sedang berdaim diri.

Meminta restu kepada kedua orang tua

Meskipun terdengar sepele, dalam melakukan apapun harus disertai restu orang tua. Setinggi apapun kita terbang, bila tidak membawa satu bekal ini, dapat dipastikan seisi langit juga tidak merestui usaha kita. Alhasil, keberhasilan pun sulit digapai. Jadi, sebelum mengikuti suatu lomba, alangkah baiknya jika kita meminta restu orang tua terlebih dahulu.

Janganlah terlalu berbesar hati

Di atas langit masih ada langit. Jika telah memenangkan suatu lomba atau telah mendapatkan sesuatu yang kita inginkan, janganlah sedikitpun kita berbesar hati. Jika salah langkah sedikitpun, semua itu dapat hilang dalam sekejap. Tidak ada gunanya sama sekali. Kita harus tetap memotivasi diri dan orang lain dalam menulis.

Itulah tulisan mengenai 7 Cara Menulis Artikel dengan Mudah dan Juara yang dapat dilakukan untuk memenangkan lomba menulis, terutama lomba menulis artikel. Tidak ada kata tidak mungkin bagi para pejuang yang selalu memungkinkan segala sesuatu dalam jiwanya. Hal tersebut dapat dicoba dengan mengajak teman seperjuangan. Barangkali, dapat saling mengkoreksi kesalahan dan saling memberikan solusi untuk setiap masalah yang datang.

Adapun penulis dalam artikel “Cara Menulis Artikel dengan Mudah dan Juara” ini adalah Naura Bathari W yang pernah menjadi Juara I dalam Lomba Artikel BPJS Ketenagakerjaan “Tangan Kananku BPJS Ketenagakerjaan di Bumi Bung Karnoku. Trimakasih, jangan lupa baca juga tulisan lainnya;

  1. Cara Memanfaatkan Media Sosial Untuk Usaha 
  2. Seputar Pembahasan Menulis Esai 
  3. Cara Ampuh Lulus SNMPTN Bagi Lulusan SMK 
  4. Cara Lengkap Membuat Konsep Agenda Pawai

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "7 [Cara] Menulis Artikel dengan Mudah dan Juara"