6+ Cara Mudah Menjadi Mahasiswa yang Berprestasi

Cara Mudah Menjadi Mahasiswa yang Berprestasi

Mimpi untuk menjadi mahasiswa berpretasi di salah satu Perguruan Tinggi Negeri (PTN) atau Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di Indonesia memang tidak semudah mengembalikan telapak tangan, meskipun begitu seharusnya hal ini sudah ada di genggaman tangan. Saat ini bukanlah waktu yang tepat untuk malas dan terlena dengan keadaan.

Melihat banyak mahasiswa di luar sana sebelumnya kuliah harus bekerja demi memenuhi kebutuhan sehari-hari danakhirnya bisa kuliah. Bagi kalian yang memang mendapatkan biaya sepenuhnya dari orang tua seharusnya mampu menjadi mahasiswa yang berpertasi.

Sebagai penjelas dari artikel ini berikut inilah beberapa tips atau cara agar menjadi Mahasiswa dan Mahasiswi yang berprestasi. Semoga tips-tips ini nantinya bermanfaat bagi seteiap pembaca yang memang membutuhkan motivasi diri.

Cara Menjadi Mahasiswa yang Berprestasi


Berikut inilah beberapa cara yang bisa kamu lakukan.

Menjadi yang terbaik di dalam kelas

Usahakan belajar sebelum perkuliahan berlangsung. Setidaknya bacalah buku atau googling berita apapun tekait mata kuliah yang akan kalian ikuti, sehingga kalian memiliki gambaran yang cukup jelas ketika dosen bercerita/ menjelaskan tentang mata kuliah tersebut.

Jadilah pribadi yang aktif

Bertanyalah jika memang benar-benar tidak mengetahui. Jangan bertanya dengan maksud untuk menjatuhkan teman yang sedang presentasi.

Jika kalian mengalami kesulitan dalam belajar dan menemui masalah yang tidak bisa kalian pecahkan sendiri, maka gunakan kesempatan untuk bisa bertanya pada dosen atau pada teman yang kalian anggap lebih paham.

Use your time to read a book

Manfaatkan waktu luang untuk membacaapaapun. Tidak harus melulu buku kuliah. Biasanya untuk mengusir kebosanan belajar literatur mata kuliah, aku juga membaca novel atau buku-buku sejarah islam.

Cari jam belajar yang produktif (jam anti mengantuk)

Gaya belajar tiap orang berbeda-beda, jadi gunakan gaya belajarmu sendiri. Kalo aku cenderung bisa berkonsentrasi belajar ketika dalam keadaan yang sunyi. Memahami gaya belajarku itu, aku menjadikan waktu tengah malam sebagai jam belajar produktifku.Bangun tengah malam untuk sekedar membaca buku atau mengerjakan tugas kuliah.

Ikuti unit kegiatan mahasiswa yang berkaitan dengan jurusan kalian atau skill yang kalian miliki

Mengikuti kegiatan kemahasiswaaan bisa mendorong kamu untuk dapat berpretasi, akan tetapi malasahnya jangan terlalu banyak mengikuti kegiatan ini.

Misalnya saja kalian foku pada dua UKM, contohnya unit kegiatan mahasiswa yaitu paduan suara mahasiswa, dan Kelompok Studi Pasar Modal Galeri Investasi Bursa Efek Indonesia. Unit kegiatan mahasiswa akan memberikan banyak keuntungan bagi kalian. Selain mendapatkan teman baru, kalian juga akan mendapatkan berbagai pengalaman dan kesempatan untuk mengembangkan diri.

Buat target harian, mingguan, dan semesteran

Target mingguan : misalnya menyelesaikan tugas-tugas tanpa menundanya. Aku suka banget bikin daily list. Daily list membantu aku untuk mngetahui apa saja yang sudah dan belum aku kerjakan.

Target bulanan : misalnya mengikuti lomba atau seminar

Target semester : misalnya mendapatkan IP lebih dari 3.75

Membuat target  itu sangatlah penting karena jika hanya mengikuti arus tanpa ada target maka hidup ini rasanya biasa-biasa saja. Tidak ada tantangan, ibarat game hanya berada pada level 1 terus. So, alangkah lebih baik jika kalian bisa buat target yang masuk akal,  dan tidak memberatkan diri sendiri.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "6+ Cara Mudah Menjadi Mahasiswa yang Berprestasi"