4+ Cara Mewujudkan Tujuan Negara Indonesia

Mewujudkan Tujuan Negara Indonesia
Indonesia adalah negara yang memiliki banyak kelebihan dai bandingkan dengan Negar-Negara lainnya, salah satu hal yang menjadi kelebihan bangsa Indonesia adalah tentang keanekargaman yang dimilkinya, baik dalam suku, buday, masyarakat, bahasa, dan juga dalam SDA (Sumber Daya Alamnya).

Banyak yang belum mengenai bagimana cara mewujudkan Tujuan Negara, padahal hal ini sebenarnya telah terjawan sendiri dalam Pembukaan UUD 1945. Sebagai rincinannya tulisan ini akan mengemukakan begimana cara untuk mewujudkan tujuan sebuah negara.

Tujuan Negara Republik Indonesia


Tujuan Negara Indonesia sebagimana yang kita ketahui, bahwa tercantum di dalam seuah Pembukaan UUD 1945 tepatnya tujuan negara RI berada di alenia ke-4.

Cara Mewujudkan Tujuan Negara


Setidaknya ada 4 Hal yang bisa dilakukan dalam Mewujudkan Tujuan Negara, dari Pembukaan UUD Negara RI tersebut, diantarnya adalah sebagai berikut;

1. Melindugi Segenap Bangsa Indonesia Dan Seluruh Tumpah Darah Indonesia

Tujuan pertama yang dapat dilakukan dalam mewujudkan tujuan negara adalah dengan melindungi segenap bangsa, artinya seluruh bangsa di Indonesia berhak untuk hidup yang melaksanakan segala bentuk kewajiban yang dilakukannnya.

Bangsa Indonesia bisa mewujudkan hal ini dengan upaya yang sangat strategis, misalnya adalah dengan bentuk jaminan melaksanakan segaala ritual ibdah, dari seluruh Agama di Indonesia, atau melakukan pengkondisian kestabilan dalam konfkil horizontal yang terjadi, misalnya konflik antara suku, konflik antar agama, ataupun yang lainnya.

2. Memajukan Kesejahteraan Umum

Memajukan kesejahteraan umum dalam upaya mewujuatkan tujuan negara yang bisa dilakukan masyarakat dan pemerintah adalah dengan mengontrol kebijakan-kebijakan pro rakyat, misalnya saja memantau harga sembako, membagun fasilitas umum seperti pasar yang gunakanya ialah untuk meningkatkan pendapatan masyarakat.

3. Mencerdaskan Kehidupan Bangsa

Mewujudkan tujuan negara yang bisa dilakukan untuk yang ke-3 ini adalah dengan adanya bentuk kejian-kajian sosial dalam upaya menyetarakan dunia pendidikan, pada saat ini banyak cara yang dilakukan dalam mewujudkan tujuan negara misalnya kongrit pemerintah adalah membuka adanya program SM3T di daerah tertinggal, pemuda pelopor desa, ataupun yang lainnya. Yang salah satunya dilakukan untuk mewujudkan tujuan negara yaitu meningkatkan kehidupan bangsa.

4. Ikut Melaksanakan Keteripan Dunia

Indonesia juga ikut andil besar dalam melaksanakan ketertiban dunia, mewujudkan tujuan negara yang ini bisa dilakukan oleh Lembaga Perwakilan Masyarakat atau bahasa sederhanannya adalah pemerintah. Misalnya saja yang terbaru ini terjadi Indonesia memebrikan dukungan Kemerdekan kepada masyarakat Palestina, dan mengecam adanya klaim dari Presiden Amerika tentang daerah Yaruselem sebagai Ibu Kota Israel.

Demikianlah tulisan mengenai Cara Mewujudkan Tujuan Negara Indonesia. Semoga dengan adanya ulasan ini dapat memberikan wawasan dan pengetahuan pembaca mengenai bagimana cara yang bisa dilakukan untuk meujudkan kemerdekaan bangsa Indonesia. Trimakasih

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "4+ Cara Mewujudkan Tujuan Negara Indonesia"