Terjadinya Bonus Demografi di Indonesia

Mempersipakan Bonus Demografi ibarat sebuah kata adalah mempersiapakan Indonesia di masa mendatang, banyak orang yang bingung kapan sebenarnya waktu bonus demografi itu datang di Indonesia. Namun tak sedikit pula yang sudah paham kapan bonus demografi terjadi di Indonesia.

Mengingat hal itu agaknya memang perlu di berikan ulasan lebih mendalam tentang prosesi terjadinya Bonus Demografi di Indonesia, hal ini dilakukan agar banyak dianatara kita yang semakin mengarti serta mempersiapakan segala hal sebelum bonus demografi itu datang.

Menurut Buku yang di terbitkan oleh Badan Kordinasi Keluarga Berenana Nasional (BKKBN), bonus demografi akan terjadi di Indonesia puncaknya pada tahun 2028 sampai tahun 2031 nanti, meskipun masih cukup lama tetapi sejak tahun 2012 kita sudah memasuki masa transisi bonus demografi.

Transisi Bonus Demografi merupakan jalan sebelum kita benar-benar masuk dalam pusaran bonus demografi. Masa transisi ini adalah upaya untuk mempersiapkan diri. Maka sangat wajar jikalau berkaca dari pemerintah, khususnya program pemerintah Republik Indonesia sejak tahun 2012 selalu fokus pada 3 syarat utama kesuksesan bonus demografi.

Baca: Karya Tulis Juara Tentang Bonus Demografi

3 hal program dalam mendukung kesuksesan Bonus Demografi itu seperti program kesehatan. Kesehatan yang baik akan memberikan dampak yang positif terhadap tingginya angka usia hidup.

Lanjut kedalam program yang kedua yaitu program yang dilakukan untuk mendukung pendidikan. Pendidikan pada masa sekarang sudah di fokuskan, dengan banyaknya beasiswa bagi semua orang tak terkecuali bagi orang atau keluarga yang kurang mampu sudah dipersiapkan beasiswa. Maka upaya beasiswa ini adalah upaya untuk mendukung suksesi pada bonus demografi.

Program pemerintah yang ketiga adalah memperbanyak lapangan kerja, memperbanyak lapangan kerja di Indonesia sudah sejak lama dilakukan dengan menggandeng investor-investor asing, harapnnya nanti pada saat terjadi bonus demografi Indonesia tidak akan mengalami kekuarangan lapangan pekerjaan. Sebabnya kekurangan masalah lapangan pekerjaan ini menjadi kegagalan bonus demografi.

Baca: 6 Provinsi yang tidak mengalami Bonus Demografi di Indonesia

Simplenya, kata gagal di tulisakan karena pada saat Bonus Demografi itu datang, lapangan pekerjaan minim, banyak orang nganggur sehingga angka kriminalitas semakin tinggi. Lihatlah bagan yang menunjukan tentang bonus demografi seperti pada tampilan dibawah ini.




1,35 Juta Jiwa nanti pada saat bonus demografi terjadi di Indonesia pada tahun 2028 sampai 2031 menjadikan kita banyak angkatan kerja, upaya itu harus diminimalisir dengan sektor pendukungnya yaitu, 3 hal tersebut yang menjadi Indonesia akan sukses menjalankan bonus demografi melalui peluang yang diciptakan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Terjadinya Bonus Demografi di Indonesia"