Ketahuilah 6 Provinsi ini, tidak Mengalami Bonus Demografi


Bonus Demografi
, barangkali istilah ini sedikit terasa asing bagi mereka yang kurang mengerti apa itu bonus demografi?. Pasalanya meski Indonesia adalah salah satu Negara yang akan mengalami sebuah Bonus Demografi yang puncaknya pada tahun 2028-2031 nanti, namun sayangnya amat sangat jarang ada yang memahami sekaligus mengerti tentang bonus demografi.

Baca: Pengertian Bonus Demografi

Pernyataan ini terbukti banyak benarnya, takala dilihat pada kehidupan masyarakat untuk istilah bonus demografi ketika mau dibicarakan di depan umum tetapi tanggapan mereka malah asing dengan istilah bonus demografi. Ada yang Tanya, apa sih bonus demografi?

Asing atau familiarnya istilah bonus demografi tersebut akan di ulas dalam pengertian selanjutnya, tetapi seputar pembahasan pada kesempatan kali ini, kita memahami bahwa keadaan bonus demografi yang bisa dikatakan sebagai hal menguntungkan, tidak semuanya di alami oleh daerah-daerah yang ada di Indonesia, ini bukan tidak adil!, namun mengapa bonus demografi tidak dialami setiap daerah di Indonesia? Jawabannya karena daerah-daerah atau provinsi yang ada di Indonesia penyebaran penduduknya  tidaklah merata.

Ada dua faktor penting yang menyebabkan kondisi demografi penduduk di setiap daerah di Indonesia tidak sama. Misalnya untuk wilayah di Indonesia bagian timur, yakni wilayah Nusa Tenggara Timur dan Papua memiliki angka kelahiran di dua daerah tersebut bisa dibilang sangat  tinggi.

Sementara di wilayah Sumatera Barat yang lazimnya kita ketahuai bahwa di sana masyarakatnya punya tradisi merantau, terutama sekali tradisi merantau terjadi bagi usia kerja, maka layak jikalau Sumatra Barat mengalami masalah pada hal pertumbuhan penduduk.

Sebab Lainnya mengapa bonus demografi tidak bisa sama di alami oleh wilayah-wilayah yang ada di Indonesia, hal ini dikarenakan Indonesia masih memiliki sebuah masalah penting dalam persoalan persebaran penduduk yang timpang, di mana  kenyataan timpangnya penduduk tersebut terjadi diantara 58% penduduk terkonsentrasi di Pulau Jawa, tinggal dan hidup di beberapa provinsi di sana, padahal pada kenyataannya luas daratan pulau jawa hanya 7% dari total daratan Indonesia.

Dua faktor yang menyambabkan mengapa bonus demografi di Indonesia tidak semua terjadi di beberapa daerah atau provinsi tersebut, setidaknya memberikan gambaran. Bahwasanya memang tidaklah semua daerah mengalami bonus demorafi karena masalah-masalah pertumbuhan penduduk yang di alami.

Untuk provinsi di Indonesia yang tidak mengalami bonus demografi tersebut berjumlah 6 Provinsi, adapun lebih jauh lagi, 6 provinsi yang ada adalah sebagai berikut:

Provinsi Sumatera Utara

Kita berangkat dari daerah yang paling ujung barat dari Indonesia, daerah itu adalah Sumatra Utara yang Ibu Kota Sumatra Utara adalah Medan.

Daerah ini tidak mengalami bonus demografi, hal yang menjadi penyebab daripada Provinsi Sumtra Utara tidak mengalami Bonus Demografi pada tahun 2028-2031 nanti, karena pertumbuhan penduduk di Provinsi ini cukup tinggi.

Provinsi Sumatera Barat

Provinsi Sumtra Barat sebagai Provinsi yang berada di Pulau Sumtra ini juga tidak mengalami bonus demografi pada tahun 2028-2031 nanti, penyebab utama Provinsi Sumtra Barat tidak mengalami bonus demografi karena rata-rata di daerah Sumatra Barat tersebut pemudanya yang berusia produktif memilih merantau, dan meninggalakan tempat tinggalnya.

Budaya merantau ini sudah terjadi di Sumtra Barat dari turun temurun, karena disana orang yang tidak merantau dinggap sebagai penakut, maka lazimnya barangsiapa yang merasa pemuda serta dewasa merantau di Provinsi Sumtra Barat menjadi pilihan.

Provinsi Nusa Tenggara Timur

Bonus Demografi juga tidak terjadi di Provinsi Nusa Tenggara Timur, penyabab utama mengapa daerah ini tidak mengalami bonus demografi pada tahun 2028 sampai 2031 nanti karena pertumbuhan penduduk terjadi sangat tinggi di daerah ini. Maka wajar jikalau Bonus Demografi tidak terjadi.

Provinsi Sulawesi Barat

Masalah yang dialami oleh Indonesia bagian timur adalah masalah pembangunan yang tidak merata, sampai saat ini seringkali pembangunan masih tersentralistikan pada Pulau Jawa dan Pulau Sumtra. Akibatnya pembangunan yang masih kurang merata ini menyababkan pengetahuan masarakat berbeda jauh, terlebih pengatahuan ini sangat erat hubungannya dengan pertumbuhan penduduk.

Maka sangatlah, wajar jikalau keadaan Bonus Demografi tidak dialami oleh Provinsi Sulawesi Barat. Sebab Provinsi ini masih pada taraf pembanguan dari berbagai bidang, baik kesehatan, pendidikan atau di bidang ketnagakerjaan.

Provinsi Sulawesi Tenggara

Provinsi Sulawesi Tenggara, sebarnya masih satu rumpun atau satu Pulau dengan Provinsi Sulawesi Barat. Daerah ini masih sama-sama di Sulawesi, maka masalah yang di hadapi adalah sama, yakni ketidak adaaan tentang penunjang hidup pada waktu itu, yang menyababkan daerah ini tidak mengalami bonus demografi.

Provinsi Maluku

Terahir untuk daerah atau Provinsi yang tidak mengalami bonus demografi adalah Provinsi Maluku, provinsi ini masalah yang dialami hampir sama dengan dua provinsi yang sebelumnya, yaitu tentang pertumbuhan penduduk tinggi sehingga tidak mengalami bonus demografi.

Demikianlah tadi 6 Provinsi di Indonesia yang tidak mengalami bonus demografi, namun sejatinya jikalau di lihat secara general yang pasti Indonesia akan mengalami bonus demografi, nanti pada tahun 2028-2031. Semoga dengan adanya Indonesia mengalami bonus demografi ini, harapak kesejahteraan bukan hanya sebagai simbul atau bayang-bayang, namun terjadi dengan sebenar-benarnya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ketahuilah 6 Provinsi ini, tidak Mengalami Bonus Demografi"