Pengertian dan Manfaat Menulis

Banyak hal yang tidak kita tehui seputar pembahasan mengenai menulis, meskipun seringkali selama mengenyam dunia pendidikan tidak asing lagi dengan istilah “Menulis”. Menulis sebagai kegiatan rutinitas ternyata memiliki manfaat yang luar bisa yang terkandung di dalamnya.

Baca: Penulis Terkaya di Dunia

Sebelum membahas tentang manfaat menulis, agaknya perlu untuk di pahami dahulu pengertian menulis dari berbagai sumber yang telah ada, hal ini dikarenakan mengetahui tanpa dahulu memahami pengertiannya adalah hal yang mustahil, oleh karena itu agar semuanya runtun sesuai dengan apa yang di harapkan. Kita akan membahasa pengertian menulis

Pengertian menulis

Menulis bisa diartikan sebagai suatu kegiatan menusia dalam menyampaikan pesan untuk berkomunikasi, pesan tersebut menggunakan bahasa tulis sebagai medianya. Pengertian lain tentang menulis adalah kegiatan yang menjadikan seseorang  sebagai pembaca dan pembaca sebagai penulis, maka tak heran jika dalam pengertian ini sering mengindikasikan bahwa penulis yang baik adalah pembaca yang baik.

Dalam pengertian atau mendefinikan tentang menulis, menimal ada 4 unsur yang terlibat di dalamnya, yakni penulis sebagai penyempai pesan (penulis), pesan atau tulisan, saluran atau media berupa tulisan, dan pembaca sebagai penerima pesan.

Menulis dan penulis ada perbedaan, jika menulis ada lambang bahasa yang dapat dilihat dan disepakati bersama, akan tetapi jika penulis tidak ada, penulis lebih menunjukan pelaku atau seseoarang yang menulis.
Menulis yang dlakukan penulis sendiri ada banyak bentuknya,  antara lain, artikel, eai, laporan, karya sastra, buku, komik, dan cerita. Semua itu adalah bentuk tulisan yang dilakukan dengan menulis, dan semuanya memiliki anekargaram kesepakatan-kesepakatan tertentu yang harus di pahami.

Manfaat Menulis

Setelah memahami pengertian menulis kita juga perlu untuk mengetahui manfaat menulis. Adapun manfaat yang diperoleh dari aktifitas menulis antara adalah sebagai berikut:

Pertama: Menulis dapat meningkatkan kecerdasan

Menulis dapat meningkatkan kecerdasan, hal ini dikarenakan dengan menulis kita memiliki rutinitas membaca, dan membaca menjadi kuci untuk menunjang dalam menulis. Jika seseorang yang rajin menulis maka kecerdasaannya akan mudah diinggat dan tidak sering lupa, karena menulis akan abadi selamanya.

Kedua: menulis dapat mengembankan daya inisiatif dan kreatifitas

Pernyataan manfaat menulis yang dapat mengembankan daya inisiatif dan kreatifitas harus kita akui, sebab dengan menulis secara terus menerus yang dilakukan oleh seseorang ia akan muda sekali untuk mengelola perbedaharaan kata, menambah kosa kata, dan kratifitas penulisanmu ahirnya dapat dimiliki dengan mudah.

Ketiga: Menulis dapat menumbuhkan keberanian

Banyak orang-orang yang berani di negri ini dilahirkan dari mereka yang sering menulis, tidak selalu dengan menyuarakan gagasannya melalui omongan, dengan menulis yang idealis (tidak memihak pada siapapun dan kapanpun) maka keberanian akan segera muncul.

Keempat: Menulis dapat kemauan dan kemampuan mengumpulkan informasi

Manfaat menulis yang terahir adalah tentang kemauan dan kemampuan, ini akan terasah ketika kita sering menulis, sebab secara tidak langsung apabila seseorang memiliki rutinitas menulis, ia akan mudah sekali untuk bisa mengeluarkan seseuatu gagasan secara gamblang.
Barangkali kemudahaan ini terjadi karena wujud kemauan dan kemauan tersebut pada ahirnya akan melatih kemampuan, sebagaimana kemampuan akan menunjang kehidupan yang akan datang. So masih ragu tentang manfaat menulis?.

Harapnannya, seputar pembahasan tentang pengertaian menulis dan manfaat menulis kali ini bisa mempermudah sekaligus dapat menjadikanmu kretaif dalam menulis. Baca: Profesi Terkait Menulis


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian dan Manfaat Menulis"