Definisi dan Pembahasan Lengkap Taqwa

Pengertian Taqwa


Barangkali sebagai umat Islam yang ada diseluruh Indonesia takan asing lagi dengan sebuah kalimat taqwa, kalimat ini hampir setiap kali kita dengarkan, misalnya saat Sholat Jum’at, pesan untuk taqwa kepada Allah tak pernah ditinggalkan. Tetapi sebagai bahan pendangan sekaligus bahan belajar bersama-sama postingan di bawah ini nanti akan sedikit mendefenisikan dan menjelasakan tentang taqwa.

Definisi Taqwa


Menurut Umar Bin Abdul Aziz (dalam Kitab Talim Mutaalim) taqwa adalah meninggalkan apasaja yang diharamkan oleh Allah dan melaksanakan apasaja yang di fardukan oleh Allah, sedangkan dalam penjelasan yang sama yakni dalam Kitab Talim Mutaalim (Baca: Sejarah Kitab Talim Mutaalim) sebagian ulama mengatakan jika arti atau definisi taqwa adalah orang yang meninggalkan apasaja yang tidak ada apa-apanya dan berhati-hati terhadap apa-apa yang ada di dalamnya.

Akan tetap secara gambalang dan lebih jelasnya, definisi taqwa adalah menjalankan segala perintah Allah dan menjauhi segala larangannya. Perintah Allah seperti sholat, zakat, membaca Al-Qur’an atau yang lainnya sedangkan larangan Allah adalah mabuk-mabukan, judi, zina dan lain sebaginya. Dengan demikian, bagi orang yang bertaqwa seharusnya mampu dan berusaha mengimplementasikan nilai-nilai tersebut dalam kehidupannya.

Pembahasan Taqwa

Setelah mengetahui definisi tentang taqwa selanjutnya adalah membahas seputar penjelasan mengenai pembahasan taqwa.

Pada hakekatnya taqwa dan ilmu adalah satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan, sebab ilmu akan menjadi wasilah atau jalan terhadap diri kita untuk bertaqwa, tanpa ilmu tentunya kita tidak akan mampu mengetahui larangan-larangan yang diberikan Allah, dan begitupula sebaliknya dengan ilmu kita akan mengetahui perintah-perintah yang di anjurkan oleh Allah.

Oleh karenanya ilmu sangat penting bagi seseorang untuk memperkuat kadar ketaqwaan. Dan Nabi Muhammad S.A.W mewajibkan bagi umatnya agar menuntut ilmu dari buaian sampai liang lahat, semoga dengan hal itu akan menjadikan kita berilmu.

Mengapa ilmu begitu penting dalam Islam yang direpresentasikan dengan taqwa?, hal ini tak lain semakin rendah tingkat ilmu seseorang akan semakin banyak ia melanggar perintah dari Allah S.A.W dan berikut ini 5 akibat bagi orang yang tidak bertaqwa.
  • Pertama: Susah atas kenikmatan
  • Kedua; Lemah atas kekuatan
  • Ketiga: memepengaruhi hina atas kegagalan
  • Keempat: Mempengaruhi besarnya angan-angan tapi tindaknya tetap santi
  • Kelima: Mempengaruhi atas dirinya hidp yang terasa mati, artinya disini orang yang tidak bertaqwa ketika hidup dianggap tidak hidup, tidak berfungsi, karena melakukan larangan-larang Allah. S.W.T

Oleh sebab itulah, setelah dijelaskan akan Definisi dan Pembahasan Taqwa semuga mampu mencerahkan bagi kita semua, agar tetap bertaqwa kepada Allah. Semoga

Refernsi: Kajian Kitab Taklim Mutaklim




Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Definisi dan Pembahasan Lengkap Taqwa"