Cara Singkat Mengurus KTM Unila Yang Hilang


Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) adalah hal yang sangat penting bagi mahasiswa, tak ada ubahnya pentinya KTM sama dengan KTP (Kartu Tanda Penduduk). Bedanya jika KTM berlaku dan digunakan selama menjadi mahasiswa dan KTP digunakan masyarakat Indonesia setelah umur 17 Tahun. Begitulan sekiranya perbedaan yang ada.

Adapun untuk persamaan KTM dan KTP adalah sama-sama menjadi identitas yang menunjukan status seseorang. Dan barangkali selain hal tersebut untuk pembahasan kali ini akan mengulas pentingnya KTM bagi mahasiswa, terutama lebih jelasnya adalah pentingnya Kartu Tanda Mahasiswa Universitas Lampung (KTM Unila).

Baca: Cara Mengurus Slip SPP Mahasiswa Unila yang Hilang

Bagi mahasiswa Universitas Lampung (Unila) peran KTM begitu penting sebab menjadi syarat di waktu pendaftaran wisuda, pendaftaran beasiswa, atau pendaftaran Ujian Skripsi. Dan seringkalipula karena lupa atau keteledoran mahasiswa KTM tersebut hilang, padahal tanpa KTM tentusaja kita tak bisa membuktikan bagimana status mahasiswa secara legal dan sah di mata hukum.

Untuk mengurus KTM yang hilang bagi mahasiswa berikut ini akan diberikan ulasan, semoga dengan ulasan berupa tulisan menjadi panduan bagi kalian para mahasiswa yang saat ini mengalami masalah berupa “KTM Hilang”
Percakapan Mengurus KTM Hilang

Mengurus KTM yang hilang bagi mahasiswa hal yang pertama yang harus dilakukan adalah melapor kepada pihak yang berwajib, yakni “Polisi” setelah melapor ke pihak yang berwajib tersebut nanti akan diberikan surat kehilangan. Adapun beberapa tahun belakangan ketika mengurus surat kehilangan di pihak yang berwajib mahasiswa harus menyerahkan dahulu surat keterangan mahasiswa. Untuk membuat atau pembuatan surat keterangan mahasiswa maka kamu harus membuat surat yang ditanda tangani oleh Pembatu Dekan Tiga (3) yang menangani masalah mahasiswa dan alumni.

Setalah mendapat suarat kehilangan mahasiswa harus menyerahkan kepada pihak BNI (Bank Negara Indonesia) nanti disana akan diberikan from pengisiian KTM yang hilang dan dikenakan biaya administrasi sebesar 15 Ribu rupiah. Proses ini memakan waktu yang lama, untuk membuat KTM yang hilang menjadi KTM yang baru mahasiswa harus menunggu waktu sekitaran 3 bulan atau sampai 4 bulan.

Begitulan sekiranya untuk cara yang pertama membuat KTM yang hilang, yang bisa dilakukan sesuai prosedur. Untuk cara kedua, yakni cara cepat membuat KTM yang hilang bagi mahasiswa adalah sebagai berikut:

Cara cepat, yang pertama tetap harus meminta surat kehilangan dari kepolisian. Setalah mendapat surat kehilangan KTM, mahasiswa terutama mahasiswa Unila langsung bisa datang ke gedung rektorat. Disana akan dilayani sesuai denga agenda.

Prosesnya sangat cepat, bahkan hanya hitungan hari. Untuk biayanya sekitar 15 Ribu. Membuat KTM secara cepat ketika hilang KTM ini biasanya dilakukan oleh mahasiswa yang sedang atau akan melakukan ujian skripsi, bahkan mahasiswa membuat KTM ini dilakukan saat akan mendaftar wisuda.

Jika teman-temen merasa kehilangan KTM segera saja diurus, sebab KTM memiliki fungsi yang sangat penting. Lebih penting daripada mahasiswa mengurus hal-ha yang tidak penting. Dan semoga saja berhasil, selanjutnya silahkan dirawat itu KTM dengan baik-baik, jangan sampai hilang, apalagi dipakai oleh orang yang tidak bertanggungjawab. Semoga membantu prihal tulisan tentang “Cara Singkat Mengurus KTM Unila yang HilangBaca: Tempat Yang Bisa Di Sewa Untuk Kegiatan Mahasiswa Unila

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Singkat Mengurus KTM Unila Yang Hilang"