Sejarah Organisasi WHDI (Wanita Hindu Dharma Indonesia)

Indonesia memang mengenal banyak sekali budaya, agama, dan juga suku. Dalam kemerdekaan tak luput daripada peran serta agama, suku, dan budaya yang berkembang. Sejatinya hal tersebut memang harus dilakukan, hal ini dikerenakan Indonesia adalah negara yang besar, dan berbentuk pulau-pulau yang tersebar dari sabang sampai meroke.

Menyikapi perkembangan dan eksistensinya tersebut beberapa agama bahkan membentuk organisasi, salah satu oraganisasi yang akan dibahas dan diulas dalam seputar pembahasan kali ini adalah organisasi keagamaan Hindu. Yang dinamakan dengan WIDHI (Wanita Hindu Dharma Indonesia).

Sejarah Organisasi WHDI (Wanita Hindu Dharma Indonesia)


Organisasi WHDI (Wanita Hindu Dharma Indonesia) pertama kali dibentuk berdasarkan kongres wanita Indonesia pertama pada tahun 1928. Kongres itu dilakukan dalam upaya memperluas peran publik khususnya dalam politik. Dalam forum ini organisasi-organisasi wanita dari berbagai kelompok etnis, agama dan bahasa dipersatukan.

Kemunculan dan perkembangan organisasi-organisasi ini memainkan peranan penting dalam meningkatkan kualitas diri wanita, seperti meningkatkan kemampuan manajemen, memperluas wawasan, dan mengembangkan jaringan.

Organisasi dan gerakan wanita ini meningkatkan posisinya terlihat dari frekuensi keterlibatan para pemimpin organisasi-organisasi tersebut dalam berbagai kegiatan pembangunan, yang dilaksanakan oleh masyarakat, pemerintah dan institusi lainnya.

Di Indonesia, saat ini ada beberapa asosiasi besar organisasi wanita, misalnya Kongres Wanita Indonesia (KOWANI) adalah federasi dari 78 organisasi wanita yang bekerjasama dengan wanita-wanita dari berbagai agama, etnis, dan organisasi profesi berbeda. Badan Musyawarah Organisasi Islam Wanita Indonesia (BMOIWI) adalah sebuah federasi dari sekitar 28 organisasi wanita Muslim.

Pusat Pemberdayaan Politik Wanita merupakan sebuah jaringan organisasi yang mengabaikan kepartaian, agama, dan profesi yang meliputi 26 organisasi sehingga semua jaringan ini memiliki potensi penting untuk mendukung peningkatan representasi terhadap wanita.

Organisasi WHDI (Wanita Hindu Dharma Indonesia) merupakan suatu wadah yang dibentuk terutama untuk melihat berbagai persoalan dalam kehidupan bermasyarakat umat Hindu. Organisasi ini ada untuk melihat segala macam persoalan, baik pribadi maupun orang banyak.

Organisasi WHDI didirikan pada 12 Februari 1988 sebagai dasar gagasan pemberdayaan wanita Hindu yang memiliki peran dalam mendukung segala bentuk program-program pemberdayaan atas dasar tujuan agama.

Berdirinya organisasi WHDI pada prinsipnya ditujukan untuk menghimpun pemikiran diantara sesama anggotanya, serta mendinamiskan gerak dan aktivitas swadharma wanita Hindu di seluruh Indonesia secara sistematis dan serasi yang merupakan wujud dharma bhakti sebagai umat Hindu dan warga negara Indonesia dalam rangka pembangunan bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila.

Organisasi WHDI (Wanita Hindu Dharma Indonesia) bertujuan membina umat Hindu (khususnya wanita Hindu) dalam mewujudkan wanita Hindu yang cerdas, mandiri, dan berbudi pekerti luhur serta ikut berperan dalam berkeluarga, bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara untuk mencapai jagadhita (kesejahteraan) dengan budaya organisasi yang modern. Dalam rangka menempatkan organisasi menjadi eksis di tengah masyarakat, hal yang  terpenting adalah, program kegiatan organisasi yang dibuat harus merupakan representasi dari kebutuhan anggota, baik secara internal maupun eksternal. 

Secara internal program kegiatan tersebut harus benar-benar merupakan jawaban dari kebutuhan anggota, sedangkan dari aspek eksternal program kegiatan itu akan menjadi daya dukung bagi organisasi dalam memantapkan kiprahnya di masyarakat untuk mendukung berbagai program pembangunan.

Demikianlah setidaknya ulasan singkat mengenai Sejarah Organisasi WHDI (Wanita Hindu Dharma Indonesia) yang di dapat dari berbagai literatur yang telah ada, semoga bermanfaat bagi para pembaca dan penulis khusunya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Sejarah Organisasi WHDI (Wanita Hindu Dharma Indonesia)"