10 Fakta Kabupaten Lampung Tengah

Kabupaten Lampung Tengah
Kabupetan Lampung Tengah. Apakah para pembaca ada yang belum tau, dimanakah daerah Lampung Tengah?, jika ada yang belum tahu boleh sekiranya kita telusuri lebih mendalam sebenarnya dimana sih Kabupaten Lampung Tengah itu.

Kabupaten Lampung Tengah adalah salah satu Kabupaten yang ada di Provinsi Lampung (Baca: Fakta Provinsi Lampung), dengan Ibu Kota Daerahnya Gunung Sugih. Secara geografis Kabupaten Lampung Tengah memiliki luas wilayah kurang lebih 9.189,50 km² dan jumlah penduduk yang cukup padat, yaitu pada tahun 2014 sebanyak 1.227.185 jiwa.

Di daerah Lampung Tengah ini, ternyata memiliki berbagai fakta menarik yang dapat kita ketahui, baik dari letak strategisnya, budaya, ciri khas, dan komoditas unggulannya atau lain sebagainya. Penasaran apa saja fakta yang ada di Kabupaten Lampung Tengah? Mari kita lakukan pembahasan lebih di dalam 10 fakta Kabupaten Lampung Tengah.

Fakta Pertama Kabupaten Lampung Tengah Memiliki Perusahaan Nanas Terbesar di Indonesia.



Perusahaan nanas terbesar di Indonesia yang terletak di daerah Lampung Tengah ini bernama PT. Great Giant Pineapple. Untuk alamat PT. Great Giant Pineapple terletak di Terbanggi Besar dengan dipelopori oleh 20 orang perintis yang telah berumur kurang lebih 37 tahun dan telah memiliki sertifikat ISO 9002 dari Lyod Register yang artinya kualitas yang diterapkan diperusahaan ini sudah memenuhi standar internasional.

Sertifikat lainnya yang dimiliki oleh PT. Great Giant Pineapple yaitu Sertifikat SMKS ( Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja ) dari Sucofindo (1990), Sertifikat SA 8000 ( socia Accountability ) dari Bureau Veritas Quality Assurance ( 2001), serta sertifikat ISO 14001, dari versi 2004 Tentang Pengelolaan Lingkungan Tahun 2006.

Adapun untuk luasnya PT. Great Giant Pineapple adalah kurang lebih berjumlah kurang lebih 32.200 ha. Oleh karena itu, berkat adanya PT. Great Giant Pineapple ini maka Kabupaten Lampung Tengah bisa menjadi lebih terkenal, tidak hanya dihadapan masyarakat Indonesia sendiri namun juga dibelahan dunia karena perusahaan ini justru produknya banyak yang tidak dipasarkan di Indonesia melainkan di ekspor keluar seluruh dunia.


Fakta Kedua Kabupaten Lampung Tengah Menjadi Pensuplai Singkong Terbesar di Indonesia


Singkong adalah suatu tanaman pangan yang dapat diambil sarinya yaitu pati singkong atau tepung tapioka sebagai bahan pembuatan berbagai makanan yang seringkali kita temukan. Maka di Daerah Lampung Tengah ini asal kalian tahu menjadi daerah dengan penghasil singkong terbanyak di Indonesia sebagai pensuplai bahan tepung tapioka dan dapat juga dijadikan sebagai berbagai olahan makanan seperti kerupuk, getuk, lemet, dan lain sebagainya. Untuk komoditas singkong yang paling banyak dibudidayakan adalah singkong racun yang tujuan pembudidayaanya sendiri yaitu untuk diambil sari patinya atau yang biasa dijadikan tepung tapioka, atau juga bisa dibuat bahan utama kerupuk singkong dan berbagi olahan makanan lainnya.

Persebaran komoditas singkong di Kabupaten Lampung Tengah dapat dikatakan menyeluruh, karena hampir diberbagai sudut lahan pertanian di wilayah Lampung Tengah ini ada tanaman singkongnya. Kondisi syarat tumbuh tanaman singkong yang tercukupi dan cocok membuat masyarakat Lampung Tengah dengan mudah membudidayakannya, selain itu faktor lain yang mempengaruhi minat petani menanam singkong adalah perawatannya yang mudah dan tidak terlalu mahal.


Fakta Ketiga Kabupaten Lampung Tengah Terdapat Kota Pelajar


Asalkan kita tahu, bahwa daerah Kabupaten Lampung Tengah dengan berbagai pusat unggulannya yang masing-masing memilki ciri khas. Seperti Bandar Jaya sebagai pusat perbelanjaan, Gunung Sugih sebagai pusat Pemerintahan. Maka sekarang kita akan membahas tentang Poncowati dan Kota Gajah sebagai pusat pelajarnya.

Di wilayah Poncowati dan Kota Gajah ini terdapat berbagai sekolahan yang berdomisili dari berbagai konsentrasi mulai dari yang negeri, sampai swasta. Untuk di daerah poncowati sendiri salah satu sekolahnya adalah SMA N 1 Terbanggi Besar dan MAN Poncowati atau MAN Lampung Tengah, selain itu juga ada berbagai sekolah SMK, SD, SMP dan lainnya. Dan untuk yang di Kota Gajah yang paling menonjol adalah sekolah SMA N 1 Kota Gajah yang dimana sekolah ini sudah RSBI atau sekolah dengan standar internasional dan merupakan sekolah SMA terbaik di Lampung Tengah dan salah satu sekolah terbaik di Provinsi Lampung, selain itu sekolah yang ada di Kota Gajah adalah sekolah SMK dan SD, SMP.

Fakta Keempat Kabupaten Lampung Tengah Memiliki Salah Satu Sungai Terbesar di Provinsi Lampung


Ciri khas lain dari keberadaan Kabupaten Lampung Tengah adalah dengan adanya sungai, dimana sungai yang ada di Lampung Tengah ini menjadi salah satu sungai terbesar di Provinsi Lampung. Adapun nama sungai itu adalah sungai seputih.

Sungai seputih ini terletak tepat di Kecamatan Gunung Sugih perbatasan langsung antara Kecamatan Gunung Sugih dengan Kecataman Seputih Jaya. Sungai Seputih ini juga merupakan sungai penyelamat bagi masyarakat disekitarnya karena satu-satunya sungai yang masih tetap dapat dijadikan sumber mata air ketika musim kemarau yang panjang.

Fakta Kelima Kabupaten Lampung Tengah Memiliki Tugu Tangan

Fakta kelima dari adanya Kabupaten Lampung Tengah adalah kepemilikannya terhadap Tugu Tangan. Dimana Lokasi Tugu Tangan ini dapat kamu lihat ketika melintasi jalan lintas sumatra dan melihat terdapat tugu patung yang berbentuk tangan maka sudah dipastikan bahwa anda berada di wilayah Lampung Tengah.

Tugu Tangan ini bisa dikatakan ciri khas dari Kabupaten Lampung Tengah, Tugu ini berada tepat disamping Lapangan Merdeka Kecamatan Gunung Sugih yang bersebelahan juga dengan Tugu Patung Siger Meghanai atau pantung Siger Laki-laki Lampung.

Fakta Keenam Kabupaten Lampung Tengah Memiliki BBI Trimurjo

Tentu sebagian besar masyarakat Lampung sudah tidak asing lagi dengan Daerah Trimurjo Kabupaten Lampung Tengah. Karena Daerah Trimurjo ini selain menjadi salah satu daerah yang pernah disinggahi oleh Presiden Jokowidodo secara langung, juga menjadi daerah yang pernah disinggahi oleh Surya Paloh dalam suatu acara pelantikan DPD Partai Nasdem.

Daerah Trimurjo Kanupaten Lampung Tengah memang menjadi lumbung pangan di Provnsi Lampung, hal ini karena Daerah Trimurjo memiliki lahan persawahan yang cukup luas. Tetapi disisi lain, yang cukup membaggakan dari Kabupaten Lampung tengah khususnya Daerah Trimurjo adalah terdapatnya Balai Budidaya Ikan yang jenisnya dari air tawar dengan komoditasnya yaitu terdiri dari ikan patin, nila, dan gurame. Balai Budidaya Ikan (BBI) Trimurjo ini  dikelola oleh UPTD Lampung Tengah. Bahkan suatu kabar yang membahagian pada tanggal 05 april 2016 kemarin BBI ini mendapatkan bantuan benih ikan dari Dinas Peternakan dan Perikanan sebanyak 500 ekor/KK kooperator. Dengan adanya balai ini maka memudahkan masyarakat Lampung Tengah untuk memperole bibit ikan segar dan berkwalitas sebagai bahan penyumbang asupan gizi yang dapat terpenuhi. Diahrapkan dengan adanya Balai Benih Ikan ini maka taraf kehidupan masyarakat Lampung Tengah dapat meningkat karena dapat dijadikan sebagai sumber penghasilan sekaligus  pemenuhan kebutuhan pangan terutama serat, lemak dan vitamin untuk menambah asupan gizi untuk Lampung Tengah yang lebih baik dan sehat.

Fakta Ketujuh Kabupaten Lampung Pernah Menjadi Kabupaten Kedua Terluas di Provinsi Lampung

Kabupaten Lampung Tengah bisa dikatakan dahulu sebagai kabupaten terluas kedua pada masa awal berdirinya Provinsi Lampung, hal ini dikarenakan cangkupan Kabupaten Lampung Tengah saat itu meliputi wilayah Meto saat ini menjadi Kotamadya Meto dan wilayah Lampung Timur saat ini menjadi Kabupaten Lampung Timur (Baca: Fakta Lampung Timur)

Fakta Kedelapan Kabupaten Lampung Tedapat 200 Eks Warga Gabung Gafatar

Beberapa waktu ada kabar mengejutkan dari Provinsi Lampung, khususnya di Kabupaten Lampung Tengah bahwa telahterdapat 200 warga Lampung Tengah yang bergabung dengan GAFATAR ( Gerakan Fajar Nusantara ) yang telah jelas diputuskan oleh MUI dan pemerintah Indonesia bahwa gerakan atau organisasi ini adalah organisasi yang menyesatkan.

Sebab dengan adanya organisasi GAFATAR ( Gerakan Fajar Nusantara ) ini membuat pengikutnya  berpaham radikal yang pada intinya akan menyebabkan perpecahan antar warga jika terus-menerus dibiarkan.

Fakta Kesembilan Kabupaten Lampung Pusat Pemerintahannya di Kecamatan Gunung Sugih

Seperti yang telah disebutkan dari awal bahwa Kabupaten Lampung Tengah pemerintahannya adalah di Kecamatan Gunung Sugih. Yang dimana Gunung Sugih ini menjadi pusat pemerintahan di wilayah Lampung Tengah, mulai dari rumah dinas Bupati, gedung DPRD, Kejaksaan, dan berbagai kantor pemerintahan lainnya seperti kantor urusan agama, kantor kependudukan dan yang lain sebagainya yang berada di wilayah Gunung Sugih.

Selain itu fakta lain dari Kecamatan Gunung Sugih adalah terletaknya lapangan merdekanya yang biasa digunakan untuk peringatan hari besar nasional seperti upacara 17 Agustus, hari Pahlawan, hari Pendidikan Nasional dan lain sebagainya.

Meskipun di Gunung Sugih merupakan pusat pemerintahan tetapi banyak masyarakat dari luar daerah yang belum terlalu mengenal daerah ini. Hal ini diduga karena daerah Gunung Sugih berada sedikit didalam yang dalam artian tidak berada di pinggir jalan dan daerah yang terkesan biasa saja tidak terlalu mewah seperti di Bandar Jaya yang dimana akses kendaraan tidak dapat secara langsung menjangkau dan kurang terexspose dengan dunia luar.

Fakta Kesepuluh Kabupaten Lampung Pusat Perbelanjaannya di Bandar Jaya

Meskipun Kecamatan Gunung Sugih menjadi ibu kota dari Kabupaten Lampung Tengah, namun kebanyakan dari orang awam jika ditanyaka letak ibukota Lampung Tengah yang sering mereka katakan bukanlah Gunung Sugih, melainkan Bandar Jaya. Hal ini karena di Bandar Jaya merupakan sentra atau pusat perbelanjaan di wilayah Lampung Tengah. Jadi banyak masyarakat yang lebih tau daerah Bandar Jaya dari pada Gunung Sugih yang seharusnya lebih dikenal karena merupak kota kecamatan dari Lampung Tengah itu sendiri.

Asal pembaca ketahui bahwa di Bandar Jaya ada berbagai toko atau kios yang menawarkan berbagi produk baik dari Elektronik, Kendaraan, Bea Jasa, dan Sembako. Di Bandar Jaya ini juga terdapat plaza yang cukup besar dan didalamnya terdapat berbagai jenis toko dengan berbagai jenis produk yang ditawarkan baik itu toko pakaian, emas, sembako, sepatu, elektronik, kuliner, accesoris dan lain sebagainya. Di Bandar Jaya juga terdapat Supermarket yaitu Chandra, yang seperti chandra sebagaimana mestinya didalamnya menawarkan berbagai jenis produk pula. Dengan begitu banyaknya toko, kios, dan supermarket serta plaza membuat Bandar Jaya lebih terkenal dibandingkan dengan daerah lain yang ada di wilayah Lampung Tengah.


Itulah beberapa ulasan dari 10 fakta Kabupaten Lampung Tengah. Semoga informasi dalam seputar pembahasan ini dapat bermanfaat dan menjadi bahan pengenal Kabupaten Lampung Tengah, sehingga kabupaten ini dapat lebih dikenal oleh masyarakat baik dari wilayah Provinsi Lampung itu sendiri ataupun masyarakat di luar daripada Provinsi lampung.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "10 Fakta Kabupaten Lampung Tengah"