4 Hal Yang Menjadi Kebanggaan Provinsi Lampung

Provinsi Lampung
Secara geografis letak Provinsi Lampung berbatasan langsung dengan Laut Jawa disebelah timur, Selat Sunda diselatan, Samudra Hindia disebelah barat dan Provinsi Sumatra Selatan disebelah utara. Dengan wilayah 33.307 Km persegi yang di dalamnya termasuk kepulauan Sebuku, Reketung dan Rakata yang berada tepat di selat sunda.

Sebenarnya banyak hal yang manarik dari keberadaan Provinsi Lampung sebagai provinsi yang terletak di ujung Pulau Sumatra ini. Semuanya seperti terasa lengkap takala kita mau atau berkeinginan menelusuri keindahan alamnya, kekayaan budayanya dan juga keunikan masyarakatnya.

Baca: Photo Paling Hits di Provinsi Lampung

Maka dari itulah tanpa berpenetrasi mengabaikan banyak tulisan lain, pada kali ini kita akan mengulas serta membahas tentang 4 hal yang menjadi kebanggaan Provinsi Lampung dimana keempat hal ini hanya ada di Lampung, maka sekedar menyarankan patutlah bangga jika kalian menjadi masyarakat lampung atau bagi anda yang berkeinginan untuk berkunjung di Provinsi Lampung.

4 (empat) hal yang menjadi kebanggaan Provinsi Lampung tersebut adalah sebagai berikut:

Pertama: Provinsi Lampung Dipimpin oleh Gubernur Termuda di Indonesia
Gubernur dan Istri
Fenomena pemimpin muda memang sedang bumming menjadi pembicaraan di jagat raya nusantara. Banyak tokoh dan orang-orang penting di Negara ini yang tergolong masih berusia muda. Agaknya memang istilah yang dahulu dikenal dengan besitan “Yang tua lebih mampu memimpin atau yang tua lebih berpengalaman” sudah tergeserakan dengan istilah “Yang muda punya semangat dan cita-cita yang lebih tinggi untuk membangun negri ini”.

Muhammad Ridho Ficardo, beliau Gubernur Provovinsi Lampung Mantan Ketua Osis SMA Al-Kausar dan juga Alumni Universitas Panjajaran. Seorang Gubernur yang mampu memecahkan rekor sebagai Gubernur Termuda di Indonesia. Kitapun patut memberikan apresitaif yang tinggi kepada beliau, sebab di Usia 33 tahun sudah mempu memimpin provinsi yang cukup besar.

Bukan hanya itu, Gubernur termuda ini juga dikenal memiliki Istri yang cantik-rupawan, bahkan kecantikan Istri Gubernur Lampung (Ibu Aprilani Yustin Ficardo) sudah banyak dibicarakan di dalam forum-forum media sosial.

Meskipun sampai saat ini berbagai pembangunan masih belum dirasa maksimal namun diluar daripada itu kebanggaan sebagai pemimpin termuda sudah memberikan suntikan inspirasi dan semangat kepada generasi muda agar lebih mampu untuk berkarya.

Kedua: Provinsi Lampung Memiliki Rumah Sakit Gajah Terbesar di Asia Tenggara

Kebanggaan Provinsi Lampung selain daripada pemimpin termuda di Indonesia juga takalah penting, Lampung pada saat ini memiliki sebuah Rumah Sakit (RS) Gajah terbesar di Asia Tenggara. Rumah Sakit terbesar di Asia tenggara ini terletak di  di Taman Nasional Way Kambas, Kabupaten Lampung Timur dengan nama Rumah Sakit Prof Dr Ir Rubini Atmawidjaja.

Memang wajar jika Provinsi Lampung memiliki Rumah Sakit Gajah tersebut, hal ini dikeranakan Populasi Gajah di Provinsi Lampung kurang lebih berkisar 3.000 ekor. Jumlah yang cukup tinggi bagi suatu Provinsi di Indonesia. Maka dari itulah jika berkunjung di Lampung kita akan banyak menemukan atraksi gajah yang tersebar di seluruh kabupaten dan kota yang ada di Lampung.

Ketiga: Provinsi Lampung Menjadi Provinsi Transmigrasi Pertama Di Indonesia

Transmigrasi Lampung
Sisi lain yang membuat kita bangga dengan daerah Lampung atau wilayah Lampung adalah pada masa kebijakan Orde Baru (Orba) dimana pada zaman Orba tersebut, Provinsi Lampung menjadi Provinsi pertama yang dijadikan tempat untuk melakukan kebijakan transmigarasi. Hal ini sebagaimana yang tercantum dalam catatan Tim PUSSbik (2002) yang menyatakan bahwa transmigarasi pertama kali di lakukan di Indonesia bertempat di Provinsi Lampung, kebijakan ini dilakukan sebagai upaya untuk mewujudkan Lampung sebagai wilayah percontohan.

Selanjutnya tentang kebijakan Provinsi Lampung sebagai wilayah transmigrasi pertama di Indonesia ini tentunya sejalan dengan apa yang dikatakan oleh Verbist (2004), beliau menuliskan bahwa Lampung secara geografis menjadi hal yang sangat manarik untuk dikaji oleh masyarakat. Karena keberadaan Provinsi Lampung menjadi pintu masuk utama Pulau Sumatra bagian Selatan sehingga fenomena ini tidak menjadi halangan bagi masuknya pendatang baru dari berbagai daerah yang ada di Indonesia, terlebih suku Jawa yang memang wilayahnya dekat dengan Pulau Jawa.

Keempat: Provinsi Lampung Bersuku Mayoritas Bukan Pribumi

Pengaruh besar dari adanya kebijakan transmigrasi seperti yang sudah dijelaskan di atas tentunya adalah keaneragaman masyarat yang ada di Provinsi Lampung. Dalam catatan Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Lampung pada tahun 2010, telah menyebutkan bahwa masyarakat pendatang terutama suku Jawa  berada di urutan pertama dengan presentase 61,88 % dari total keseluruhan penduduk Lampung, sedangkan suku Lampung berada pada posisi kedua dengan presentase 11,92%, dilanjutkan  dengan  suku  Sunda  dengan  11,27%,  Semendo  (Sumatra  Selatan) 3,55% dan sisanya suku bangsa lain seperti padang, bali, batak, dan lain-lain dengan total 11,35%.

Tentunya sangat wajar jika Provinsi Lampung dikatakan sebagai miniaturnya Negara Indonesia, yang katanya Indonesia sendiri memiliki hampir 1.128 suku bengsa dan lebih dari 237.641.326 jiwa. Tetapi meskipun Provinsi Lampung mayoritas penduduknya bukan suku Lampung sampai saat ini dalam historical legency (catatan sejarah) seluruh gubernur dari sejak memisahkan diri dari Provinsi Sumatra Selatan pada tanggal 13 bulan februari tahun 1964, seluruh pememimpin (Gubernur) Provinsi Lampung selalu orang bersuku Lampung. Sehingga dapat dikatakan bawa Provinsi Lampung memiliki keunikan dan kebangaan tersendiri yang dimiliki.
Lampung

Melahirkan Banyak Tokoh Nasional

Terahir yang membuat kita bangga dengan Provinsi Lampung adalah kontribusinya yang menyalurkan putra dan putri terbaiknya untuk turut ambil bagian menjadi pemimpin di Negara ini. Banyak tokoh yang besar dan lahir di Provinsi Lampung.

Tercatat pada zaman kepemimpinan Bapak Jokowi sebagai presiden ke-7 di Indonesia ada 3 (tiga) mentri dari Provinsi Lampung, beliau adalah Ibu Siti Nurbaya Bakar, Bapak Ryamizard Ryacudu, dan juga Ibu Nila Moeloek.

Bukan hanya itu, ditingkat Partai Politik beberapa orang yang lahir atau dibesarkan di Lampung telah mampu menjadi pemimpin. Beliau adalah Dr.(HC). H. Zulkifli Hasan, S.E., M.M Ketua Umum PAN (Partai Amanat Nasional) yang juga sekarang menjadi Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR). Bapak Aburizal Bakri Ketua Umum Partai Golongan Karya (Golkar) meski tidak lahir di Lampung namun beliau memiliki darah kental yang berasal dari ayahnya sebagai orang yang bersuku Lampung.

Tingkatan dunia, ternyata Provinsi Lampung juga memiliki tokoh yang tidak bisa dipandang sebelah mata. Beliau adalah Ibu Sri Mulyani Indrawati yang saat ini menjadi orang Indonesia pertama yang menjabat sebagai Direktur Pelaksana Bank Dunia.

Mantan Menteri Keuangan Indonesia pada tahun 2005 sampai 2010 di era pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ini juga setidaknya telah mampu menginspirasi bahwa Provinsi Lampung memiliki peranan besar untuk Negara dan Dunia.

Demikianlah tadi seputar pembahasan mengenai 4 (empat ) hal yang menjadi kebanggaan Provinsi Lampung, sebagaimna yang sudah dipaparkan satu persatu, semoga mampu membuat kita lebih semangat dan mencintai tentang segala yang ada di Lampung.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "4 Hal Yang Menjadi Kebanggaan Provinsi Lampung"