Inilah Solusinya, Salah Nama di Kartu Pendaftaran SBMPTN

Salah atau khilaf merupakan hal yang sangat lumrah bagi manusia, karena manusia adalah tempatnya salah dan lupa. Prihal tersebut tulisan ini akan mengulas seputar pembahasan dan penanganan bagimana mencari solusi ketika kita salah nama di kartu pendaftaran saat mendaftar di SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negri).

Padahal kesalahan nama, tanggal lahir, atau alamat saat mendaftar SBMPTN adalah salah satu kesalahan besar yang dilakukan secara tidak sadar, andai saja dilakukan secara sadar baarngkali kita dapat menghindarinya. Karena tidak sadar tersebut ujung-ujungnya penyesalan datang dibelakang. Baca: Cara Jitu Lulus SBMPTN Bagi yang Mengulang

Kesalahan atau salah ini umumnya terjadi kerana para siswa didaftarkan oleh orang lain atau pihak lain, misalnya di daftaran orangtua, guru, atau temannya.

Para siswa dari lulusan SMA/SMK/MA/Sederajat hanya menerima kartu pendaftarannya saja. Kesalahan ini pernah di alami sendiri oleh penulis, bahkan penulis ketika mendaftar SBMPTN pernah salah nama di kartu pendaftaran, meskipun kesalalahan itu hanya satu huruf. Adapun satu huruf yang salah dan di alami penulis adalah huru “F” padahal seharusnya dan semistinya yang benar adalah huruf “M”.

Karena salah tentusaja bingung, sekaligus mencoba mencari solusinya. Melalui berbagai cara misalnya tanya kepada kakak tingkat, guru, bahkan kepada pengawas. Saat tes SBMPTN berlangsung.

Secara singkat pengalaman salah nama tersebut akan penulis utarakan, bagimana cara mengatasinya. Pertama adalah tetap tenang. Karena kasalahan itu dapat di perbaiki, maksudnya adalah begini, saat tes SBMPTN tetap saja ditulis dengan nama kalian yang salah, sesuai dengan absensi. Setalah begitu, tunggu pengumumanya.

Apabila teman-temen diterima dan dinyatakan lulus dalam tes SBMPTN selanjutnya segara di urus kesalahan tersebut, cara mengurusnya adalah datang ke bagian kemahasiswaan di rektorat masing-masing.
Untuk datang di bagian rektorat, khususnya dibagian kemahasiswaan, kalian harus membawa Ijasah SMA/MA/SMK/Sederajat. Nanti pihak rektorat akan segera mengurusnya, segera memperbaiki nama kalian. Proses memperbaiki nama yang salah ini memakan waktu lama, bahkan karena salah nama saat tes SBMPTN tersebut penulis akhirnya mengalami masalah. Baca: 7 Kesalahan Yang Membuatmu Gagal SBMPTN

Adapun masalahnya karena salah nama dalam kartu pendaftar SBMPTN, yakni sebagai berikut:
  • Pertama: Salah nama di KTM (Kartu Tanda Mahasiswa)
  • Kedua: Salah nama di sertifikat propti
  • Ketiga: Salah nama di Siakad, baik KHS (Kartu hasil studi) atau KRS (Kartu Rencana Studi), bahkan juga salah nama di transkrip
  • Keempat: Salah nama setiap kali absensi dosen, karena absensi dibuatkan oleh rektorat
  • Kelima: Salah nama di from pembayaran atau slip SPP (Baca: Cara Mengurus Slip SPP yang Hilang)
Meskipun mengalami salah nama dan berbagai masalah tersebut, setelah kuliah berlangsung tetep kok di akui sebagai mahasiswa, paling hanya beberapa semester saja kalian mengalami kesalahan. Kalau pengalaman penulis karena salah nama di kartu pendaftaran tersebut, mengakibatkan kesalahan selama tiga semester.

Pada intinya salah nama saat seleksi SBMPTN tidak mempengaruhi kamu diterima di Universitas atau PTN (Perguruan Tinggi Negri). Yang terpenting nilai kalian mencukupi nanti kalian juga akan diterima, buktinya, pengalaman penulis sendiri, karena salah nama di kartu SBMPTN masih di terima di PTN. Kalau tidak percaya buktikan, tapi sekedar saran jikalau bisa jangan sampai salah nama di Kartu SBMPTN karena lumayan agak repot mengurusnya. Baca: Cara Lulus SBMPTN Tanpa Bimbel

Subscribe to receive free email updates:

31 Responses to "Inilah Solusinya, Salah Nama di Kartu Pendaftaran SBMPTN"

Sekar Kemala mengatakan...

Kak mau nanya nih. Namaku ada yg salah di pendaftaran snmptn. Harusnya ujungnya "O" tapi tertulis "A" itu fatal nggak waktu verifikasi berkas setelah lulus snmptn???

Admin mengatakan...

Nggak kok kak, bilang aja kak. Salah nama gitu, bawa KTP, kalau belum ada KK. Apa minta surat dari sekolahan juga bisa, nanti ketika diterima pasti ada solusi untuk itu kak

Evie Adriani mengatakan...

Kak .. Nam ak salah .. Kan di kartu tanda peserta nama ijazah ak betul ada e nya , tpi nama buat lju nya salah , ngk ada e nya ... Itu ada masalah nanti kah ?

Evie Adriani mengatakan...

Kak .. Nam ak salah .. Kan di kartu tanda peserta nama ijazah ak betul ada e nya , tpi nama buat lju nya salah , ngk ada e nya ... Itu ada masalah nanti kah ?

Alfi mengatakan...

Permisi kak mau tanya
Nama saya ada yg salah pada kartu snmptn tapi sudah dinyatakan lulus, nah kesalahan namanya karena pada waktu finalisasi nisn saya masih salah namanya sedangkan nisn baru benar setelah beberapa minggu sesudah finalisasi.
Iti gimana kak ? Apa nanti akan berpengaruh pada saat pendaftaran ulang ? Apa kesalahan 1 huruf tidak diterima ?
-terima kasih-

weepie mengatakan...

kalo aku, kode pos alamatnya salah kak, di sbmptn pengaruh nggak kak?. makasihh kak sbmlnya

Hesti Widya mengatakan...

Kak mau tanya nih, kalok salah nulis alamat tetap pada form pengisian sbmptn, gimana cara ralat nya ya??? Makasih kak

rinrin 19 mengatakan...

Kak mau tanya kalo salah isi tahun masuk SMTA yg harusnya 2014 tpi ketulis 2015 dan krtu pesertanya udh dicetak itu gimana ya? Apakah harus mengulang prosedur dari awal (trmasuk bayar biaya) atau bisa menghubungi panlok, atau bisa diperbaiki saat daftar ulang kak? Mohon sekali pencerahannya, saya udah buntu cari kemana-mana. Tolong ya kak

rinrin 19 mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Admin Lengkap mengatakan...

Jawaban yang tepat bila kalianada keseahan dalam hal apapun saran saya fokus aja dulu soal tes, SBMPTN nanti setelah diterima yakinlah ada jalannya. Pertama diterima dulu, kalau salah tangga; lahir, nama atau papun pada kertu SBMPTN yang penting diterima dulu aja ya kak

Naufal Aditya mengatakan...

Kak aku mau nanya, kalo di KK alamat aku kan di Cilegon, tapi skrg aku tinggal di Bandung,karena aku pindah sekolah waktu kelas 11. Tapi aku nulis alamat sbmptnnya di bandung, bukan di cilegon (tidak sesuai KK) terus gimana tuh kak?

Admin mengatakan...

Kalau kesalahan alamat itu tidak signifikan kesalahan dalam SBMPTN sebab ya untuk alamat tinggal meminta surat domisili saja dari wilayah kakak, yang agak ribet itu kesalahan nama kak, sama tanggal lahir. Makanya sekedar saran aja hati-hati saat submit data SBMPTN :) Sukses selalu untuk semuanya :)

Hafizaaa mengatakan...

Kak saya salah tempat lahir,itu fatal kak?0

Hafizaaa mengatakan...

Min saya salah data tempat lahir bagaimana?

Anonim mengatakan...

kak ini saya sudah pengumuman sbmptn,ingin daftar um tetapi baru sadar kalau nama diijazah yang saya tulis di kartu sbmptn salah,bagaimana ini?sedangkan um universitas yang ingin saya daftarkan harus menggunakan data sbmptn

Admin mengatakan...

Kalau saran saya ikuti aja data di SBMPTN, nanti kalau sudah diterima di UM. Barudehg, bisa di urus, kunci utamanya adalah diterima dulu, masalah data itu masalah yang nggak ri9bet asal sabar aja kak. :D

Dela Anggraini mengatakan...

kak saya sudah lulus sbmptn, tapi nama di NISN saya salah, otomatis nama di kartu pendaftaran saya juga salah. nah itu berpengaruh gak pd saat daftar ulang nanti??

Unknown mengatakan...

Kak saya lulus sbmptn 2017 dan juga mengajukan program bidikmisi..
Tetapi nama saya dikartu peserta sbmptn versi NISN (Amin wahed) tidak sama persis dengan yang di ijazah(muhammad amein wahid saragih).... kira-kira solusinya sama seperti yang diatas ya kak????

Rafiah Nurzanni Saragih mengatakan...

Kak saya lulus sbmptn 2017 dan juga mengajukan program bidikmisi..
Tetapi nama saya dikartu peserta sbmptn versi NISN (Amin wahed) tidak sama persis dengan yang di ijazah(muhammad amein wahid saragih).... kira-kira solusinya sama seperti yang diatas ya kak????

Unknown mengatakan...

Kak saya mau tanya, nama di nisn saya ada yg salah. Itu berpengaruh gk buat sbmptn? Gimana solusinya ?

Admin mengatakan...

Tidak kak, kalau kakak sudah diterima SBMPTN itu bisa di urus kok, pokoknya di terima saja dulu. Semoag diterima ya kak

Monika Laraswati mengatakan...

kak kalau salah ngisi data bagian kelas yang seharusnya kelas X tp diisi kelas XII itu berpengaruh dalam seleksi sbm nggak?

Anonim mengatakan...

@MonikaLaraswati Sama aku juga. Trus ini gimana? Daftar lagi kah?

roroh rohimah mengatakan...

kak kalau salah tahun masuk SMA yang seharusnya 2015 aku ngisinya 2016. itu gimana kak?

Anonim mengatakan...

@MonikaLaraswati saya juga sama kesalahnya kayak kamu. Solusinya gimana?

Nur padillah mengatakan...

Saya mu nanya, saya salah dalam pengisian tahun lahir, bagaimana ya?

Anonim mengatakan...

ka saya sdh cetak kartu tp saya baru sadar NISN saya salah, itu bagaimana ya ka? apakah berpengaruh saya keterima atau tidak di PTN?

Anonim mengatakan...

Kak kalau salah tulis kode pos gimana kak?

Unknown mengatakan...

Ka sya sudah cetak kartu tpi sya baru sadar kalo penulisan nama sya ada yg salah seharusnya nama terakhir sya itu bukan ,apakah itu berpengaruh sya keterima atw tidak di sbmptn?

Andi Tiara mengatakan...

Ka sya sudah cetak kartu tpi sya baru sadar kalo penulisan nama sya ada yg salah seharusnya nama terakhir sya itu m bukan n,apakah itu berpengaruh sya keterima atw tidak di sbmptn?

Fahmi Carlos mengatakan...

Kak ijin bertanya kalau salah nisn gimana.?