Cara Memanfaatkan Media Sosial Untuk Usaha


Media sosial saat ini memang tubuh dan berkembang cukup pesat. Bukan hanya tubuh dan berkembang di Indonesia, media sosial juga berkembang di seluruh penjuru dunia. Banyak orang yang berhasil memanfaatkan media sosial sebagai penunjang usaha mereka secara offline ataupun online, namun juga takalah banyak orang yang terlena dengan perkembangan media sosial, hanya sebagai penikmat, pengguna dan yang lebih parah lagi menggunakan media sosial sebagai ajang kesombongan.

Meski menggunakan media sosial sebagai ajang kesombongan adalah Hak Asasi manusia (HAM) yang tidak bisa dilarang namun alangkah baik dan bagusnya, jikalau media sosial sebagai penunjang untuk usaha. Dimana peluang menafaatkan media sosial untuk usaha ini sangat besar dan juga sangat berpengaruh signifikan terhadap penghasilan yang meningkat secara terus menerus.

Contoh orang yang sukses menjalankan media sosial, berupa facebook, twitter, line dan instagram banyak sekali, silahkan serc di google pasti menemukan cerita inspiratif dari orang yang telah sukses menjalankan bisnisnya dengan penggunaan media sosial yang ada.

Dalam Twitter, kita bisa melihat adanya informasi  oleh twitter dengan akun @bandarlampung. Follower twitter @bandarlampung pada saat ini sudah mencapai 103 ribu, dengan jumlah followers 103 ribu tersebut tentu memiliki banyak manfaat, selain manfaat menawarkan jasa iklan juga bermanfaat bagi kenaikan website atau blog yang @bandarlampung kelola.

Akun twitter @bandarlampung dalam postingan sehari-harinya seringkali diselingi dengan iklan dari berbagai perusahaan-perusahaan besar. Tentu saja itu iklan dari perusahaan-perusahaan besar itu tidaklah gratis, tapi harus bayar. Dengan pembayaran itulah kita bisa belajar bagimana menaftaatkan twitter sebagai sumber penghasilan.

Lain lagi, dari penggunaan media sosial untuk usaha seperti media sosial facebook, facebook dengan menafaatkan fans page, dimana contoh pemanfaatkan fans page facebook untuk usaha ini bisa dilihat dari akun Hijab Muslimah Miulah. Akun fens Page Hijab Muslimah Miulah saat ini yang like sudah mencapai 78.884 orang. Angka itu adalah angka yang cukup fantastis.

Hasil dari penjualan dari Hijab Muslimah Miulah tentu sangat besar, tidak perlu promosi besar-besaran dengan akun ini saja, Hijab Muslimah Miulah sudah memiliki pelanggan tetep yang order hijab hasil produksinya setiap hari di seluruh Indonesia, mecapai ratusan, bahkan ribuan orang.

Untuk akun line, kita bisa melihat dengan adaanya akun line Nugraha. Usia Nugraha saat ini adalah 21 tahun. Dia bisa dikatakan sebagai beberapa contoh orang yang sukses memanfaatkan media sosial berupa line untuk kelancaran usahanya.

Baca: Modus Penipuan Para Penjual Akun Line

Adapun Nugraha dalam memanfaatkan media sosial line dalam usahanya adalah dengan mengambil aplikasi atau mendownload aplikasi LINE@.

Nurgara ini adalah pemilik LINE@ Tumbler dengan konsep yang sederhana, yaitu memfaatkan foto dengan text, untuk banyak yang ngelike.

Lebih lanjut, followers LINE@ Tumbler milik Nugraha saat ini sudah mencapa 1,4 juta orang, bahkan untuk memanagenya, Nugraha sudah memiliki kantor sendiri dengan karyawan-karyawan sebagai adminnya.

Dari usahanya ini, Nugraha pun bisa menambah penghasilan 50 – 100 juta Rupiah per bulan. Hasil ini belum termasuk penghasilan dari LINE@ online shop yang Nugraha miliki.

Beda lagi dengan mamafaatkan media sosial instagram, yang sukses menafaatkan media sosial intagram untuk menambah penghasilan dalam memenuhi kebutuhan sehari-harinya adalah Ria Ricis adik daripada pemain sinetron Ketika Cinta Bertasbih, ustadzah kondang dan juga penulis buku, yaitu Oki Setiana Dewi.

Ria Ricis dengan akun intagram miliknya, yakni @riaricis1795 berhasil menarik para pengguna instagram untuk jadi followersnya dengan jumlah folloewers Ria Ricis saat ini adalah 4.5 M. Dari banyaknya  jumlah folloewers tersebut tentu saja Ria Ricis mendapatkan keuntungan, baik keuntungan yang di dapatkannya dari seponsor perusahaan untuk menguplaud di intagram miliknya maupun keuntungan dari  dia di undang kemana-mana untuk mengisi seminar sebagai selebgram.

Biasanya Ria Ricis, yang memiliki nama asli Ria Yunita, Mahasiswi Universitas Pancasila ini mengisi intagram miliknya dengan video-vidio konyol, atau dengan meme konyol yang seringkali dari video dan meme konyol tersebut  Ria Ricis menyelibkan kata-kata  tausiah agamanya. Agara followersnya semakian menikatkan keimanan dan menambah kadar ketaqwaannya.

Meskipun, baru-baru ini Ria Ricis banyak mendapatkan hujatan negatif dari para netizen karena menyelibkan tusiah yang dianggap tidak sesuai dengan photo konyol yang di uplaud, namun tetep saja kita harus mengapresiasi tinggi akan caranya menampilkan aksi apa adanya sehingga bisa melejitkan potensi yang ia miliki, hingga menjadi selebgram.

Melalui kisah dari beberapa orang yang sukses menjalankan usaha dengan memanfaatkan media sosial yang ada tersebut. Ulasan selanjutnya dalam website seputar pembahasan ini, kita akan mempelajari lebih lanjut tentang bagimana cara mereka memanfaatkan media sosial sebagai penghasilan, bukan hanya sebagai penikmat.

Dengan ini diharapkan akan membatu pembaca agar lebih memahami dan mengerti, bahwa menjalankan pekerjaan dengan hobi itu sangat menyenangkan.

Untuk cara memanfaatkan media sosial dalam menunjang usaha, berikut adalah beberapa tips-tipsnya, semoga membantu:

Pertama: Memposting photo dan video yang lucu untuk meningkatkan jumlah followers.

Meningkatkan jumlah followers disetiap hari memang bisa dibilang susah-susah gampang, sebab followers dari media sosial tentu mempertimbangkan dari postingan dalam akun kita. Yang bisa dilakukan untuk meningkatkan jumlah followers adalah dengan menyediakan mereka dengan photo atau video lucu, sehingga dengan cara inilah bisa mempermudah jumlah followers.

Banyak akun yang sukses meningkatkan followers dengan cara ini, mengingat memang  kadar humor yang dimiliki masyarakat Indonesia sangat tinggi. Hal ini udah dilakukan oleh Ria Ricis dalam akun intagram miliknya, yakni @riaricis1795.

Kedua: Memposting Informasi Beasiswa untuk meningkatkan jumlah followers.

Memposting informasi beasiswa untuk meningkatakan jumlah followers memang bisa dilakukan, hal ini dikerenakan banyak sekali beasiswa yang sekarang sedang diselenggarakan oleh bebera lembaga, termasuk di dalamnya adalah pemerintah.

Jadi jika kita ingin memposting meningkatkan jumlah followers dalam tentu saja menyiapkan informasi beasiswa bisa menjadi peluang yang menjanjikan terhadap peningkatan jumlah followers dalam media sosial yang akan kita kelola.

Ketiga: Memposting Informasi Lomba untuk meningkatkan jumlah followers.

Perlombaan atau lomba saat ini memang sangat banyak diselenggarakan oleh beberapa lembaga, termasuk lembaga kemahasiswaaan, Tentu dari banyaknya informasi seputar lomba ini juga bisa menjadi peluang yang menjanjikan terhadap peningkatan jumlah followers.

Banyak sudah yang telah melakukan hal ini, salah satunya adalah Twitter @Info_lomba atau twitter @akumaru bahkan twitter @seputar_lomba juga baru-baru ini muncul, untuk meningkatkan jumlah followers dengan menyedian informasi lomba.

Keempat: Memposting Informasi Tentang Lowongan Kerja untuk meningkatkan jumlah followers.

Begitupula dengan informasi lowongan kerja, bisa menjadi peluang menjanjiakan dalam meningkatkan jumlah followers mengingat informasi tentang lowongan kerja ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat Indonesia. Apalagi dengan adanya bonus demografi (Baca: Pengertian Bonus Demografi) angkatan angkatan kerja di Indonesia sangat banyak.

Angkatan kerja di Indonesia yang sangat banyak tersebut, berkisaran usia produktif, yakni usia 15 sampai 60 tahun. Tentu dari kenyataan inilah tidak dapat terelakan jikalau banyak masyarakat kita yang mencari tentang informasi seputar lowongan pekerjaan.

Kelima: Memposting Informasi Seputar Agama untuk meningkatkan jumlah followers.

Menyediakan layanan seputar agama, juga bisa dilakukan untuk meningkatakan followers dalam media sosial. Dimana memang agama, adalah hal yang wajib dianut oleh orang Indonesia. Sampai saat ini, ada 6 Agama yang legal di Indonesia, 6 agama tersebut adalah Islam, Kristen Protestasn, Kristen Khatolik, Budha, Hindu dan Kong Hu Chu.

Tetapi haruspula di ingat, jikalau memposting atau menyediakan layanan agama harus sesuai dengan kemampuan ilmunya, sebab ini berhubungan dengan kayakinan, so bagi pembaca sekalian yang ingin menyediakan informasi seputar agama. Kualitas keilmuannya harus mumpuni, ya.

Keenam: Memposting berita Unik untuk meningkatkan jumlah followers.

Berita unik, juga bisa menjadi salah satu cara dalam meningkatkan jumlah followers mengingat informasi unik ini akan membuat banyak orang merasa ingin membacanya. Banyak sudah informasi seputar berita unik, yang disediakan oleh akun yang telah sukses duluan.

Tapi, jangan takut asalkan kita punya inovasi yang bisa dijual atau yang membedakan pasti kok, lambat laun pasti kita juga akan bisa bersaing secara sehat.

Ketujuh: Memposting Informasi Pariwisata untuk meningkatkan jumlah followers.


Informasi seputar pariwisata memang paling tren saat ini untuk dilakukan, hal itu dikeranakan banyak daerah di Indonesia yang mau dan tumbuh secara pesat dengan pengembangan pariwisata. Contohnya adalah Provinsi Bali dan Lombok, mereka sukses memanfaatkan pariwisata untuk kesejahteraan masyarakatnya.
Jika temen-temen, puny aide seputar hal ini bisa dilakukan dalam mengelola akun media sosial untuk meningkatkan jumlah followers.

Dari tujuh hal tersebuat, sebagaimana yang telah dijalaskan satu persatu dalam pembahasan Cara Memanfaatkan Media Sosial Untuk Usaha semoga dapat membatu temen-temen agar bisa memanfaatkan media sosial secara positif. Terutama memanfaatkan media sosial sebagai ladang pencarian, ladang penghasilan dalam mewujudkan kesuksesan usaha yang teleh di miliki.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Memanfaatkan Media Sosial Untuk Usaha"