7 Fakta Kota Bandar Lampung Yang Harus Kamu Baca

Bandar Lampung sebagai kotamadya dan juga Ibu Kota Provinsi Lampung (Baca: Fakta Provinsi Lampung) memiliki segudang fakta menarik yang harus kita telisik lebih mendalam, fakta menarik itu bukan hanya soal pariwisata, pendidikan ataupun soal masyarakatnya yang dikenal heterogen. Namun juga fakta bahwa Kota Bandar Lampung disini adalah soal pemerintahannya yang dinilai cukup memusakan bagi banyak masyarakat yang ada di Provinsi Lampung.

Pernyataan pemerintah  yang dinilai cukup memusakan bagi banyak masyarakat yang ada di Provinsi Lampung ini setidanya bisa dilihat bahwa walikota Bandar Lampung, yakni Herman H.N menjadi 10 bupati dan walikota terbaik di Indonesia versi Jawa Pos Group Awards 2016 bersama dengan Wlikota Bandung, Surabaya, Padang, dan lain sebaginya.

Adapun 7 Fakta Kota Bandar Lampung yang lain, yang akan di ulas dalam website seputarpembahasan diantarnya adalah sebagai berikut:
Fakta Pertama: Bandar Lampung Menjadi Kota Ketiga Terpadat di Pulau Sumatra

Sebutan Kota Bandar Lampung sebagai kota terpadat memang tak asing lagi bagi sebagain orang, kondisi ini banyak disebabkan karena Bandar Lampung menjadi sentral perekonomian di Provinsi Lampung, hampir setiap sore apalagi di awal pekan Bandar Lampung selalu berdesak-desakan (macet).

Banyak pasar dan supermarket besar di kota ini, selain itu Bandar Lampung menjadi jalur utama atau lintasan utama bagi masyarakat yang akan berlayar di Pulau Jawa. Menurut data BPS Provinsi Lampung penduduk di Kota Bandar Lampung pada tahun 2014 mencapai 1.251.642 Jiwa dan diperkirakan pada tahun 2030 penduduk di Kota Bandar Lampung mencapai 2.400.000 Jiwa. Keadaan ini menjadikan Bandar Lampung sebagai kota terpadat ketiga di Pulau Sumatra, setelah  Kota Medan dan juga Kota Palembang.
Fakta Kedua: Kota Bandar Lampung Menjadi Kota Pertama Yang Dihuni Oleh Etnis Tionghoa di Provinsi Lampung
Keberadaan Bandar Lampung sebagai kota di Provinsi Lampung memang sudah lama terjadi, bahkan menurut Peraturan Daerah Nomor 5 Tahun 1983 tanggal 26 Februari 1983 hari jadi Kota Bandar Lampung pada tanggal 17 Juni 1682.

Disisi lain yang menarik, Bandar Lampung pada faktanya menjadi kota pertama yang dihuni oleh Etnis Tionghoa di Provinsi Lampung. Adapun keberadaan daerah tersebut terletak di Pecinan Kecamatan Telukbetung. Daerah Pancinan dari dahulu hingga saat ini menjadi permukiman yang dihuni mayoritas masyarakat Tionghoa. Bahkan di daerah ini terdapat Vihara Tertua yang ada di Provinsi Lampung, Vihara tersebut bernama “Tepekong Thay Hin Bio” yang didirikan pada tahun 1850 setelah gunung Krakatau meletus.
Fakta Ketiga: Kota Bandar Lampung Menjadi Kota Metropolitan Nasional di Provinsi Lampung

Berbagai kemajuan yang ada di Kota Bandar Lampung memang dapat dibilang cukup mengagumkan. Betapa tidak, dengan adanya kemajuan tersebut setidaknya menjadikan Kota Bandar Lampung sebagai wilayah biru atau zona biru menurut Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

Zona biru yang diggambarkan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat berarti wilayah Bandar Lampung akan menjadi pengembangan strategis paling utama yang nantinya menjadi wilayah percontohan bagi daerah-daerah yang lainnya. Perlu diketahi juga bahwa selain Bandar Lampung wilayah metropolitan juga disematkan kepada Kota Metro.Baca: Pondok Pesantren Terkenal di Bandar Lampung
Fakta Keempat: Kota Bandar Lampung Menjadi Kota Tertinggi dalam Pembayaraan Gaji Pekerja di Provinsi Lampung
Fakta lainnya, yakni fakta keempat. Menyebutkan bahwa kota Bandar lampung menjadi kota tertinggi yang mampu membayar para pekerja atau istilah lain lebih dikenal dengan gaji di Provinsi Lampung. Gaji diperoleh para pekerja di Bandar Lampung melalui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) yang mengatur prihal UMP ( Upah Minimum Pekerja).

Adapun UMP Kota Bandar Lampung pada tahun 2017 adalah Rp 2.054.365, jumlah tersebut bahkan lebih tinggi diabandingkan dengan angka UMP Provinsi Lampung, yakni sebesar Rp 1.908.447,50. Oleh karena itu pantas jika Kota Bandar Lampung menjadi wilayah yang paling menjadi prioritas bagi mereka yang ingin bekerja.
Fakta Kelima: Bandar Lampung Menjadi Kota Yang Memiliki Masjid Terbesar di Provinsi Lampung yang Langsung di Prakasai Presiden Republik Indonesia Pertama.
Fakta kelima tentang Kota Bandar Lampung barangkali banyak orang yang belum mengetahui, fakta ini adalah fakta bahwa Kota Bandar Lampung memiliki sebuah masjid terbesar di Provinsi Lampung. Masjid tersebut adalah masjid Al-Furqon. Meskipun kenyataan tentang Masjid Al-Fuqon menjadi masid terbesar ini terpatahkan pada tahun 2014. Setelah pembangunan Masjid An-Nubuwwah di Pondok Pesantren Al Fatah Al Muhajirun, Negararatu, Natar, Lampung Selatan yang saat ini menjadi masjid terbesar di Provinsi Lampung.

Meskipun begitu tak dapat dilupakan bahwa ternyata Masjid Al-Furqon adalah masjid yang di Prakasai Oleh Presiden Republik Indonesia (RI) pertama, yakni Ir. Soekarno pada tahun 1951.Pada tahun tersebut Presiden Soekarno membeli lahan yang diwakafkan untuk pembangunan Masjid Al Furqon. Awal pembangunan masjid sendiri baru dilaksanakan pada tahun 1961. Jika dihitung-hitung, umur masjid ini ternyata sudah lumayan tua juga ya, sekitar 55 tahun (di tahun 2016).
Fakta Keenam: Kota Bandar Lampung Memiliki Wilayah yang Paling Banyak Tempat Mistisnya
Percaya atau tidak disetiap wilayah yang ada di Indonesia memang memiliki tempat-tempat mistis (banyak setannya). Meskipun begitu kepercayaan tersebut tak semuanya dapat dibenarkan. Pasalnya selagai ada iman dan ketaqwaan kepada Tuhan kita tak perlu merasa takut, apalagi kwatir.

Adapun di luar hal tersebut ternyata Kota Bandar Lampung dianggap oleh sebagai besar masyarakat memiliki tempat mistis, antara lain tempat mistis tersebut berada di Bekas Rumah Sakit Kartika dan Rumah Kayu. Kedua tempat tersebut berada di Kota Bandar Lampung. Bahkan Rumah Sakit Kartika dan Rumah Kayu karena saking mistisnya pernah sama-sama diliput oleh media, yakni dalam agenda “Mister Tukul Jalan-Jalan”. Baca: 7 Tempat Angker di Provinsi Lampung
Fakta Keenam: Kota Bandar Lampung Memiliki Sekolah-Sekolah Terbaik di Provinsi Lampung
Bandar Lampung sebagai kota besar yang ada di Provinsi Lampung ternyata memiliki sejumlah sekolah terbaik yang ada di Lampung bahkan di Indonesia, sekolah terbaik tersebut umumnya paling banyak adalah di tingkat SMA. Seperti halnya SMAN 2 Bandar Lampung, SMAN 9 Bandar Lampung, SMAN 3 Bandar Lampung, SMAN 10 Bandar Lampung, SMAN 5 Bandar Lampung atau SMA Al-Kausar di Bandar Lampung.

Data ini didapat dari trec record para alumninya, yang pada umumnya berhasil menjadi tokoh di tingkat nregional dan nasional. Seperti Sri Mulayni (Alumni SMAN 2 Bandar Lampung) dan lain sebaginya Baca: 7 Tokoh Inpirasi dari Lampung. Bahkan pada tahun 2015 SMAN 9 Bandar Lampung pernah menjadi sekolah terbanyak di Provinsi Lampung yang berhasil diterima melalui Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2015. Perlu diketahui bahwa SNMPTN yaitu pola seleksi nasional mahasiswa baru di perguruan tinggi negeri berdasarkan penjaringan prestasi akademik menggunakan nilai rapor dan prestasi lainnya.
Fakta Ketujuh: Kota Bandar Lampung Pernah Mendapat Penghargaan Adipura Kencana sebagai kota terbersih dan Pernah Mendapat Predikat Kota Terkotor di Indonesia
Fakta lainnya yang cukup membuat heboh masyarakat Lampung, khusunya masyarakat Kota Bandar Lampung adalah tentang keadaan kota. Yang pada tahun 2012 Bandar Lampung menjadi kota terkotor di Indonesia menurut Kementerian Lingkungan Hidup, padahal sebelum-sebelumnya Bandar Lampung terkenal sebagai kota yang bersih, kota yang mengagumkan. Karena kondisi tersebut beberapa kali Bandar Lampung mendapat penghargaan sebagai kota Adipura Kencana, yakni suatu penghargaan bagi kota terbersih di Indonesia.


Pembaca yang budiman, itulah tadi informasi yang yang dapat disajikan oleh website seputarpembahasan.com tentang 7 Fakta Kota Bandar Lampung semoga dengan adanya fakta dari Kota Bandar Lampung ini dapat menambah wawasan dari pembaca sekalian. Baca Juga: Fakta Kabupaten Tulang Bawang

Subscribe to receive free email updates: