3 + [Cara] Mempelajari Lagu Tilawah Al-Qur’an dengan Cepat

[Cara] Mempelajari Lagu Tilawah Al-Qur’an  dengan Cepat



Mempelajari Lagu Tilawah Al-Qur’an pada dasarnya bisa dibilang susah-susah gampang, susahnya jikalau tidak di praktekan dan gampangnya jikalau dilakukan dengan serius. Ini adalah teori sederhana, sebab semuanya pasti di awali denga niat atau iktikad yang tinggi.


Menurut Misbachul Munir (1997) ada beberapa cara yang dianggap lebih cepat berhadil menguasai serta memahami lagu-lagu tilawatil Al-Qur’an, sehingga bisa menyusun lagu-lagunya sendiri dengan kompisisi yang baik serta memenuhi syarat.

Baca Juga: Pengertian Ilmu Tajwid, Tujuan, dan Hukum Mempelajarinya


Cara Mempelajari/Belajar Lagu Tilawah Al-Qur’an


Tiga cara yang disampaikan Misbachul Munir (1997) tersebut antara lain sebagai berikut;

Melalui Tape (Tip) Recorder

Alat ini banyak sekali hasil dan manfaatnya dalam kaitan mempercepat menguasai lagu-lagu tilawatil Al-Qur’an, karena dengan sering mendengarnya secara konsisten kemudian mencobanya berulang-ulang secara konsisten maka lama kelamaan akan melekatlah lagu-lagu tersebut ke dalam ingatan.

Menghafal Tausiah (Patokan) nya
Di dalam bai-bait tausiah yang bisa dijadikan standart (patokan) untuk lagu tilawatil Al-Qur’an itu banyak cabangnya mapupun fariasi yang cukup lengkap, sehingga dengan menghafal dan mengingatnya akan lebih
mudah menerakan ke dalam ayat-ayat Al-Qur’an.

Dengan Menghafal Lagu Basmalah

Maksunya cara ini bisa digunakan agar cepet mempelajari lagu tilawah Al-Qur’an dengan menghafal Lafad Basmallah tiap-tiap lagu asalnya (aslinya) salah satu contoh lagu Nahawand misalnya, jika sudah hafal betul dengan lagu basmalahnya, maka untuk meneruskan ke nada berikutnya akan lebih mudah, jadi kuncinya adalah terletak pada lagu Basmalahnya, cukup dengan menghafal 8 macam lagu Basmalahnya  saja.

Demikianlah seputar tulisan mengenai tips atau cara mempelajari lagu Tilawah Al-Qur’an  dengan cepat, sepertinya yang sudah dilakukan oleh para ahli. Salah satunya tulisan ini dibagikan dan bersumber dari Karya Buku Misbachul Munir (1997). Semoga dapat bermanfaat dan dapat membantu bagi para pembaca sekalian yang ingin mempelajari “Tilawah Al-Qur’an”. Trimakasih, baca juga tulisan lainnya;

  1. Sejarah Kitab Talim Mutaalim
  2. 10 Hal Yang Membatalkan Puasa
  3. Gambaran Neraka Jahanam
  4. Sederhana, 7 hal ini dapat menjadikan sebagai orang pelupa.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "3 + [Cara] Mempelajari Lagu Tilawah Al-Qur’an dengan Cepat"