Inspirasi dari Kaltara [Kalimantan Utara] untuk Nusantara


Inspirasi dari Kaltara untuk Nusantara

SeputarPembahasan.Com- Sebagai Pemuda Indonesia khususnya mahasiswa yang sering diagungkan sebagai agen of change, tentu kita merasa terdorong untuk melakukan hal-hal inspiratif bagi lingkungan. Di era modernisasi saat ini masih banyak remaja dan dewasa yang acuh akan perkembangan dan isu-isu disekitarnya. Generasi muda kita cenderung berkiblat pada fashion dan gaya hidup serta arus tren dari luar negeri. Nah, sungguh menyedihkan jika banyak generasi muda kita yang tergiur dengan kebiasaan seperti ini.

So, dengan dorongan kekhawatiran inilah sekitar 2 tahun lalu saya mencoba mendirikan sebuah komunitas pemuda di Kalimantan Utara untuk mewadahi seluruh genrasi muda yang ada untuk bergabung dan melakukan hal-hal positif bersama disini. Komunitas ini bergerak di bidang sosial dan pendidikan. Seluruh Volunter yang bergabung melakukan kegiatan sosial dengan mengumpulkan dana (berjualan pakaian bkas), alat tulis, buku bacaan untuk adik-adik sekolah di pedalaman Kalimantan Utara.

Dengan banyaknya kegiatan hedonism yang ada disekitar saya, awalnya ragu akan ada yang mau joint. Namun, saya sangat speechless dengan banyaknya semangat pemuda untuk bergabung serta masyarakat sekitar yang antusias untuk berdonasi. Sampai saaat ini saya dan kawan-kawan volunter sudah mendirikan 4 perpustakaan mini di desa pdalaman kaltara sekaligus 4 sekolah dasar yang sudah berhasil kami donasikan alat-alat tulis. Sangat menyenangkan!
Baca Juga: 18 Daftar Lengkap Penerbit Buku Secara Gratis

Ternyata, bisa berbagai hal positif dan mngajak banyak orang itu sangat membahagiakan. Sejak saat itu banyak sekali tawaran kerja sama dari berbagai universitas dalam melaksanakan program kerja pemberdayaaan masyarakat. Bahkan sejak 2016 hingga tahun ini komunitas yang saya bangun sudah 2x mendapat undangan dari Kemendikbud untuk berkumpul dengan komunitas lain dari 33 provinsi mengikuti Bimbingan Tenaga Literasi. Media massa pun silih berganti datang untuk mengisi cerita komunitas kami dalam kolom artikelnya.

Sebagai pemuda kalimantan utara yang sudah mendirikan sebuah komunitas. Semangat saya untuk berbuat dan bergerak tidak hanya sampai disini. Saat ini saya juga aktif sebagai penulis blog dan aktivis pendidikan khususnya daerah pesisir di pulau tempat saya tinggal saat ini. Pengalaman menjadi Duta Bahari Kalimantan Utara pada tahun 2015 mendorong semangat saya sampai saat ini bergerak di daerah pesisir.

Banyak sekali yang bertanya, “apa tidak lelah berkerj tanpa digaji?” Saya hanya tertawa mendengarnya. Dalam hati saya tanamkan bahwa memberi tidak perlu apresiasi, berbagi tak perlu gaji. Selama masih mampu teruslah melakukan hal-hal baik yang dapat berdampak positif bagi sesama.

Demikianlah tulisan mengenai Berbagi Pengalaman tentang Inspirasi dari Kaltara untuk Nusantara. Penulis dalam artikel ini adalah Sarinah Srnh. Semoga bisa menjadi inspirasi bagi segenap pembaca semuanya. Trimakasih.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Inspirasi dari Kaltara [Kalimantan Utara] untuk Nusantara"