Cara Mengobati Jerawat yang Pernah saya coba

seputarpembahasan.com, teman-teman tulisan ini akan berbagi pengalaman tentang bagaimana “Cara Mengobati Jerawat yang pernah saya coba”. Namun sebelum cara mengobati jerawat dituliskan secara panjang lebar, mari kita tanyakan hal paling sederhana, mengapa jerawat terus menerus ada dalam setiap wajah kita?

Jawabannya, ternyata begini, selain memiliki kantong rambut yang menumbuhkan rambut, pada kulit wajah kita juga terdapat kelenjar minyak di dalam kantong tersebut. Minyak yang dihasilkan dari kelenjar minyak ini nantinya akan keluar melalui pori-pori dan berfungsi untuk melembabkan permukaan kulit yang lembut. Tapi, kalau terlalu banyak juga kelenjar minyak yang muncul akan menyebabkan suatu masalah. Jikalau minyak yang dihasilkan kelenjar terlalu banyak, ataupun ada sel mati yang menempel pada minyak sehingga pori-pori dan kelenjar minyak menjadi tersumbat, masalahpun muncul hingga timbulah masalah ditempat itu.

Apabila kelenjar minyak tersumbat, minyak akan terus menumpuk. Sehingga seperti yang kita lihat, kelenjar makin membengkak dan membesar. Lubang keluarnya sudah tersumbat, tapi minyak terus diproduksi hingga pada ahirnya jerawat semakin menjadi-jadi.

Jerawat bisanya yang pertamakali muncul adalah jerawat dengan warna putih. Tetapi jika pori-pori terbuka lalu minyaknya ditempeli debu, warna jerawat lambat laun yang tadinya memang putih otomatis akan berubah warna menjadi hitam kehitaman dan membesar.

Selanjutnya, apabila bakteri jerawat semain berkembang biak didalam minyak yang menumpuk, maka akan menyebabkan terjadinya infeksi sehingga membengkak dan bewarna merah kemerahan. Jerawat yang waranya merah ini akan membesar secara perlahan, dan jika infeksi makin parah akbiatnya akan mematang dan menguning seperti nanah.

Jerawat, menjadi ulasan atas permasalahan biasanya terjadi pada saat kita pubertas atau dikenal secara universal oleh masyarakat adalah masa-masa remaja. Mengapa jerawat banyak muncul pada saat kita remaja?, ini yang kadang menjadi suatu pertanyaan.

Jawabannya kurang lebih adalah begini, jerawat tumbuh ada saat remaja karena masa remaja atau masa pubrertas adalah saat perubahan tubuh dan dalam menjajaki perkembangan dewasa, sehingga produksi hormon gender pda fase ini akan aktif lebih banyak dan minyak yang keluar otomatis menjadi semakin banyak pula.

Terutama sekali penyebab jerawat terjadi karena adanya hormon androgen yang lebih banyak terjadi pada anak laki-laki atau remaja laki-laki. Inilah sepantasnya haru kita sadari sekaligus menjadi alasan mengapa saat pubertas, anak cowok jerawatnya lebih banyak dibandingkan dengan anak atau remaja yang cewek, yang jerawatnya lebih sedikit.

Sebenarnya jika ditelaah mendalam jerawat yang muncul akan hilang begitu saja, seiring sejalan dengan adanya pergantian waktu dari hari ke hari, bulan ke bulan, tahun ke tahun. Terutama pergantian masa pubertas menjadi dewasa inilah yang akan menghapus jerawat nantinya. Oleh karenanya jerawat disebut juga sebuah simbul dari adanya pertumbuhan seorang remaja.

Namun demikian, walaupun kita sudah dewasa, jerawat tetep akan keluar ketika banyak minyak akibat stress, karena bawaan ketururan (bisa juga bawaan lahir), ataupun penggunaan kosmetik yang menyumpat pori-pori. Makanya hati-hati bagi kamu yang menggunakan kosmetik tertentu untuk  menghilangkan jerawat?.

Jerawat sejatinya memang kerap muncul diwajah namun jangan salah, lho, banyak juga jerawat yang mucul didada, pundak bahkan pernah ditemu jika jerawat muncul di pantat. Kalau begitu mengapa jerawat banyak muncul di wajah? Itu tidak lain kerana ada banyak kelenjar minyak di wajah.

Terus, bagaimana jikalau tidak ingin wajah berjerawat?, inilah inti pembahasan kali ini, tentang bagaimana cara menghilangkan jerawat yang pernah saya coba dan saya tuliskan hanya sekedar berbagai dengan teman-teman, saja.

Pertama: pencegahan jerawat sebenarnya yang paling penting adalah dengan rajin mencuci muka, menggosok wajah dengan sangat lembut menggunakan air hangat. Ternyata melakukan hal ini secara teratur 2-3 kali sehari dapat mengurangi jerawat secara signifikan, syukur-syukur setelah kamu membasuh itu, dilengkapi dengan sebuah sabuh. Saya dulu, menggunakan sabuh papaya, ini saya, lho?. Pernah juga menggunakan sabun sirih, eh, ternyata lumayan juga untuk menghilangi atau mengurangi jerawat.

Yang menjadi kunci, jangan digosok wajah terlalu keras atau terlalu sering mencuci muka karena itu ternyata justru akan merangsang kulit sehingga memperparah jerawat. Apalagi sampai-sampai kamu rajin untuk memencet jerawat, itu namnya dipaksakan untuk menghilangkan jerawat, sehingga manakala hal itu kamu lakukan. Samapi tua, jerawat juga tidak akan hilang bekasnya.

Kedua: Menggunakan Daun jambu  yang masih muda. Cara ini barangkali sudah tidak asing kita lakukan untuk menghilangkan jerawat. Daun jambu yang masih muda ini adalah daun jambu Klutuk, ternyata cara ini cukup efektif karena dapat mengesatkan wajah, sehingga secara perlahan dapat mengurangi minyak penyebab jerawat.

Meski, bisa dikatakan cara menggunakan daun jambu yang masih muda adalah cara pencegahan, bukan mengobati jerawat. So, cara ini bisa dilakukan bagi kamu yang belum terlalu parah jerawatnya. Boleh, kok, dicoba dan dibuktikan, hehe

Ketiga: menggunakan parutan kentang. Kalian tentu lazim apa itu kentang? dimana mendapatkanya?. Cukup mudah tinggal beli dipasar atau lain sebagainya. Dan ternyata menggunakan kentang sebagai penghilang cerawat juga bisa menjadi pilihan, cara ini bisa dikatakan tradisional dan konvensional karena sudah banyak orang yang tahu.

Kurang lebih menghilangkan jerat dengan larutan kentang bisa kita lakukan dengan begini: pertama-tama parut buah kentang itu, jadikan dia masker sebelum tidur. Dan biarkanlah semalam dia menjadi masker kita, besok paginya baru kita bersihkan. Ya, meski nggak seratus persen dapat menghilangkan namun cara ini bisa mengesatkan wajah dan menguarngi minyak pada jerawat, silahkan bagi yang mencoba.

Keempat: mengilangkan jerawat dengan kuliat ampela ayam. Ampela ayam, juga pernah saya coba untuk menghilangkan jerawat atau mengurangi jerawat, tinggal kita goring saja sampai kering, jadikan seperti bubuk, setelah itu di minum.

Namun juga harus di ingat, kulit ampela ayam yang bisa digunakan adalah ampela ayam yang jantang, dan aymnya juga bukan ayam potong atau ayam ras. Namun, ayam kampung. Inget ayam kampung, saya pernah melakukan cara ini untuk menghilangkan jerat dan ternyata memang lumayan hasilnya, hehe

Kelima: menghilangkan jerawat dengan maskeran kopi, iyaa. Ternyata maskeran kopi juga bisa menjadi pilihan bagi kamu yang berkeinginan menghilangkan jerat, maskeran kopi I I dilakukan juga dimalam hari, jangan terlalu banyak dan jangan pula terlalu sedikit, pokoknya gunakanlah secukupnya. Setelah itu kalian tidur, dan rasakan besoknya pasti ada rasa kelembutan dan kekesatan dalam wajah kita.



Demikianlah tulisan tentang cara menghilangkan jerawat yang pernah saya coba, semoga saja bisa membantu teman-teman dalam menuntasakan permasalahan jerawat, meski banyak kekurangan dalam hal kepenulisan. Namun, ini adalah artikel pilihan saya dalam menghilangkan jerawat yang sampai saat ini masih terus dicoba untuk menghilangkan jerawat, semoga membantu.

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Cara Mengobati Jerawat yang Pernah saya coba"