10+ Jenis Beasiswa Skripsi Yang Jadi Rekomendasi

Jenis Beasiswa Skripsi
Bagi setiap mahasiswa adakalanya selalu cerdas untuk menangkap peluang atau biasa disebut dengan kata “Kesempatan”. Mengingat peluang atau kesempatan tidak datang dua kali, meski ada kalanya datang dua kali tentunya dengan waktu dan syarat yang berbeda.

Mengingat hal demikian tak ada salahnya ulasan kali ini akan membahas tentang 10 Beasiswa Skripsi. Semoga dengan adanya 10 jenis beasiswa skripsi ini bermanfaat dan bisa jadi rekomendasi bagi pembaca. Terutama pembaca yang berstatus mahasiswa dan sedang mengerjakan skripsi atau yang akan mengerjakan skripsi.

Adapun sebelum mengulas 10 jenis beasiswa skripsi penulis akan terlebih dahulu membahas apa itu skripsi. Hal ini penting, mengingat tidak semua kamus di Indonesia mewajibkan skripsi sebagai tugas akhir, tetapi umumnya untuk beberapa perguruan tinggi mewajibkan bagi mahasiswa yang akan menyelesaikan gelar Sarjana terlebih dahalu menyelesaikan skripsi.

Pengertian Skripsi


Skripsi bisa diartikan sebaai kata istilah yang digunakan di Indonesia untuk mengilustrasikan suatu karya tulis ilmiah berupa paparan tulisan hasil penelitian mahasiswa yang akan menyelesaikan sarjana S1 (Baca: 4 Website Merima Tulisan dan Mendapat Bayaran) . Skripsi umunya membahas suatu permasalahan atau fenomena dalam bidang ilmu tertentu dengan menggunakan kaidah-kaidah yang berlaku.

Karena skripsi adalah bentuk Ilmiah maka untuk mengerjakan skripsi diperlukan suatu panduan khusus yang disahkan secara legal, tidak bisa mengarang atau menghayal sebagaimana seseorang menulis cerpen atau novel. Pengertian lainnya, skripsi bisa diartikan kegiatan menulis yang dilakukan berdasarkan objektifitas untuk mendapatkan sesuatu yang dianggap benar. Hanya saja untuk dianggap sebagai sesuatu yang benar dalam skripsi harus terdapat sasaran yang terstruktur (subject matter) dan sangat terikat dengan metodologi berfikir, maka dari itu skripsi lebih identik dengan berfikir secara ilmiah. Baca: 18 Daftar Penerbit Buku Mayor

Beasiswa Skripsi


Setelah membahas pengertian skripsi secara sederhana untuk selanjutnya kita akan mengulas, tentang apasaja beasiswa skripsi. Beasiswa skripsi pada saat ini banyak tersedia atau disediakan oleh berbagai pihak, baik dari lembaga pemerintahan, lembaga swasta, perusahaan, ataupun dari lembaga lainnya.

Daftar beasiswa yang bisa kamu ajukan saat ngerjain skripsi diantaranya sebagai berikut:
Pertama Beasiswa Skripsi Dari Penerbit Mizan

Penerbit Mizan adalah salah satu penerbit mayor yang terkenal di Indonesia. Penerbit Mizan selalu memberikan beasiswa skripsi kepada para mahasiswa. Untuk pembukaan beasiswa skripsi dari penerbit mizan ini biasanya pada pertengahan tahun, sepeti Bulan Juni sampai Bulan Desember.

Untuk mengetahui beasiswa skripsi dari penerbit mizan bisa mengunjungi website penerbit mizan, yakni dengan alamat http://www.mizan.com adapaun untuk mendapatkan beasiswa dari penerbit mizan mahasiswa haruslah mengikuti tema yang diangkat dari penerbit mizan, untuk tahun 2017 ini penerbit Mizan mengangkat tema Penelitian karya akhir yang harus bertemakan studi keislaman ditinjau dari pelbagai aspeknya (ajaran filsafat, sosial, politik, ekonomi, budaya, sejarah, teknologi, sains dan lain-lain).
Kedua Beasiswa Skripsi dari Nano Center Indonesia

Beasiswa skripsi yang kedua, yang bisa dilakukan oleh mahasiswa yang sedang menyelesaikan skripsi adalah beasiswa dari Nano Center Indonesia. Nano Center Indonesia merupakan pusat penelitian, pendidikan, dan pengabdian masyarakat dalam bidang Advanced Materials dan Nanoteknologi.

Beasiswa Skripsi dari Nano Center Indonesia ini sangat cocok bagi mahasiswa tingkat akhir yang berasal dari bidang ilmu sanitek, seperti pertanian, teknik, atau yang lainnya. Beasiswa ini diberikaan kepada ratusan mahasiswa di seluruh Perguruan tinggi di Indonesia setiap tahunnya. Untuk website Nano Center Indonesia bisa mengunjungi http://center.nano.or.id perlu diketahui bahwa yang lolos seleksi berkas dan layak untuk mendapatkan beasiswa skripsi dari Nano Center Indonesia akan mendapatakan free biaya penelitian, Sertifikat, Pelatihan, rekomendasi pascasarja, dan banyak lagi fasilitas lainnya.
Ketiga Beasiswa Skripsi dari Dompet Dhuafa

Dompet Dhuafa adalah salah satu lembaga non pemerintahan yang terus menerus ikut memajukan pendidikan di Indonesia. Umumnya Dompet Dhuafa memberikan beasiswa skripsi bagi pelajar atau mahasiswa yang kurang mampu secara finansial. Tak terkecuali dalam hal ini, yakni beasiswa skrispi di khususnya bagi mahasiswa yang kurang mampu.

Untuk website Dompet Dhuafa sendiri bisa diakses di http://www.beastudiindonesia.net . Adapaun untuk pembukaan beasiswa skripsi dari Dompet Dhuafa biasanya bisa dlakukan dari bulan april sampai bulan mei.
Keempat Beasiswa Skripsi dari  Ristekdikti

Beasiswa skripsi yang keemapat adalah beasiswa dari pemerintah, yakni dari Ritekdikti (Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia) Beasiswa ini terbuka bagi seluruh mahasiswa di Indonesia, terkecuali bagi kampus yang diaungi Departemen Agama.

Untuk pengumuman beasiswa dari Ristekdikti bisa dibuka di http://simlitabmas.dikti.go.id/ meskipun dari pemerintah jika lulus dalam seleksi beasiswa skripsi ini mahasiswa akan mendapatkan berbagai fasilitas, yakni free biaya penelitian, beasiswa pascasarjana, atau yang lainnya. Silahkan jika ada yang mau mencoba, update di website Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia.
Kelima Beasiswa Skripsi dari Pertamina Foundation


Pertamina Foundation adalah salah satu BUMN yang memberikan beasiswa pagi para pelajar ataupun mahasiswa,salah satu beasiswa yang masih diberikan adalah beasiswa skripsi. Beasiswa skripsi dari Pertamina Foundation ini terbuka setiap tahunnya, untuk mahasiswa di berbagai kampus yang ada di Indonesia.

Untuk link informasi beasiswa skrispi dari Pertamina Foundation bisa diakses di http://pertaminafoundation.org/ . Meskipun begitu beasiswa skrispi dari Pertamina Foundation tidak semua kampus di Indonesia, hanya kampus-kampus yang telah dianggap mampu oleh pihak Pertamina Foundation. Informasi kampus tersebut bisa juga diakses di website Pertamina Foundation.
Keenam Beasiswa Skripsi dari ICSD

ICSD adalah kepanjangan dari Indonesia Center For Sustainable Development. Singkatnya untuk keterangan Indonesia Center For Sustainable Development adalah suatu organisasi yang mengawal pembagunan di berbagai negara-negara berkembang, salah satunya Indonesia.

Penelitian yang diberikan beasiswa skripsi oleh Indonesia Center For Sustainable Development biasanya adalah penelitian tentang sosial kemasyarakatan. Misalnya penetian kemiskinan atau lain sebagainya, selengkapnya untuk info lebih lanjut bisa melihat di website http://icsd.or.id
Ketujuh Beasiswa Skripsi dari Yayasan Beasiswa Jakarta

Beasiswa skripsi selanjutnya yang senantiasa dikeluarkan setiap tahun adalah beasiswa skripsi dari yayasan beasiswa Jakarta. Beasiswa ini hanya terbuka untuk masyarakat di DKI Jakarta. Tujuan diberikan beasiswa dari yayasan beasiswa Jakarta adalah mendoring kemajuan, baik kemajuan pembangunan, atau kemajuan sosial yang ada di DKI Jakata.

Adapun informasi mengenai beasiswa dari yayasan beasiswa Jakarta bisa di akses di website
http://www.beasiswajakarta.net/ yang mana pemmbukaan beasiswa dari Yayasan Beasiswa Jakarta dikeluarkan setiap awal tahun.
Kedelapan Beasiswa Skripsi dari BCA Finance

Beasiswa Skripsi yang dikeluarkan oleh BCA Finance dalam bentuk program BCA Finance Penduli, yang setiap tahunnya pihak BCA Finance memberikan 1, 62 Miliar kepada mahasiswa berprestasi di Indonesia. Adapun untuk mendapatkan beasiswa dari BCA Finance yakni, mahasiswa harus terlebih dahulu dinyatakan lolos pada beasiswa sebelumnya.

Maksud daripada beasiswa sebelumnya, yakni beasiswa yang telah dikelurkan bagi mahasiswa di semester 2 sampai smesetre 6. Oleh karenana jika mahasiswa ingin mendaptakan beasiswa dari BCA Finance bisa mengkases kedalam website http://www.bcafinance.co.id
Kesembilan Beasiswa Skripsi dari Bank Indonesia

Beasiswa Skripsi dari Bank Indonesia adalah salah satu beasiswa yang di khususkan bagi mahasiswa yang ada di Fakultas Ekonomi diseluruh perguruan tinggi di Indonesia. Utamanya beasiswa skripsi ini dikeluarkan bagi mahasiswa yang ada di Jurusan Studi Pembangunan, Manajemen, dan Akuntansi.

Setiap tahun beasiswa skrispi ini dikeluarkan, tetapi dengan syarat dan ketentuan yang berbeda. Silahkan jika berminat untuk mencoba melihat beasiswa skrispi yang dikeluarkan oleh Bank Indonesia bisa mengakses langsung di website http://www.bi.go.id
 Kesepuluh Beasiswa Skripsi dari BKKBN

BKKBN adalah salah satu lembaga pemerintah yang setiap tahunnya memberikan beasiswa skripsi, adapun singkatan BKKBN adalah Badan Kependudukan dan Kelurga Berencana Nasional. Perlu untuk diketahui bahwasanya singkatan BKKBN terjadi setelah runtuhnya orde baru. Padahal pada zaman orde baru BKKBN singkatan dari Badan Kordinasi Kelurga Berencana Nasional.

Meskipun terjadi perbedaan singkatan BKKBN yang ada disetiap wilayah selalu saja mengeluarkan beasiswa, khusunya beasiswa penelitian yang berhubungan dengan kependudukan. Bagi mahasiswa sosial beasiswa skripsi ini sangat cocok, kalian bisa mengambil tema pernikahan usia muda, kahamilan, atau bahkan bonus demografi. Baca: Pengertian Bonus Demografi

Situs website BKKBN bisa diakses di https://www.bkkbn.go.id/ untuk pembukaan beasiswa skrispi dari BKKN umumnya dilakukan pada bulan September, silahkan yang berminat untuk memantau terus situs websitenya.

Sekedar catatan sebelum ulasan daripada tulisan 10 Jenis Beasiswa Skripsi Yang Jadi Rekomendasi diakhiri ada beberapa hal yang perlu dicatat bagi penerima beasiswa, diantranya adalah mereka yang memiliki IPK 2,75 sampai 3,00.

Oleh karenanya jika kalian, para mahasiswa akhir memiliki IPK tersebut artinya punya kesempatan yang sama, selain itu juga penelitian yang dilakukan setelah mendapat beasiswa skripsi dari beberapa pihak ini ada batas waktunya, jika kalian tidak sanggup menyelesaikan batas waktu tersebut secara otomatis kalian wajib untuk menggembalikan uang beasiswa. Baca: Cara Memanfaatkan Media Sosial Untuk Usaha

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "10+ Jenis Beasiswa Skripsi Yang Jadi Rekomendasi"