12+ Cara Juara Lomba dari Berbagai Kompetisi yang Kamu Ikuti

Cara Juara Lomba dari Berbagai Kompetisi


Hay teman-teman dan kakak-kakak apa kabar? Semoga baik-baik saja ya. Nah, di jaman sekarang kita ini di kalangan pelajar tentunya banyak sekali yang kita pikirkan, mulai dari pelajaran akademik dan non akademik selain itu juga di kalangan siswa dan siswi banyak sekali pula kita disibukkan dengan berbagai Lomba. Mulai dari Lomba menulis,menyanyi,atletik,di bidang akademik dan lain sebagainya semua itu tentunya untuk genrasi emas yang lebih baik.
Baca Juga: Beasiswa dengan Ajang Lomba Berdasarkan [Pengalaman]
Apalagi yang membuat kita banyak pikiran biasanya bukan tugas rumah  tetapi bagaimana kita bisa menjadi orang yang berprestasi baik akademik maupun non akademik di tengah kesibukan dan berbagai lomba  yang tengah menghampiri kalangan siswa tanah Air saat ini. Wajar saja pada saat teman-teman dan kakak-kakak mengikuti lomba belum bisa mencapai prestasi yang diinginkan sebabnya yaitu adalah banyak pikiran yang di sebabkan karena kesibukan kita , dari kesibukan inilah itulah yang menggangu kosentrasi, kurangnya ada persiapan, hingga menyebabkan kegagalan.

Ya kalau di lihat kegagalan memang di identikkan dengan kesuksesan yang masih tertunda tetapi,kalau terus gagal tidak bagus jugakan. Jadi di sini saya memiliki tips cara menjadi juara lomba dan berprestasi dalam kehidupan kita:

Cara Juara Lomba

Antara lain;

Percaya Diri

Inilah  modal awal yang harus dimiliki calon pemenang yaitu rasa Percaya diri. Bagaimanakah cara agar bisa memiliki  rasa percaya diri? Ini ada beberapa cara agar kita memiliki rasa percaya diri dalam hidup kita yaitu: Tersenyum, Tatap Lawan Bicara Anda, Ubahlah Suara Dalam Diri Anda, Lupakan Standar Yang Ditetapkan Orang Lain,Tampilah Serapi Mungkin,Berdoalah atau Bermeditasi Sejenak,Reka Ulang,Tentukanlah Langkah Anda Selanjutnya,Ikut Ambil Bagian dan yang terakhir yaitu Bicaralah Secara Perlahan.

Tekun Berlatih

Tidak ada orang yang tiba-tiba bisa menjadi ahli tanpa adanya proses latihan. Bahkan latihan yang ia lakukan terkadang harus menguras banyak energi dan waktu luangnya. Dengan banyak berlatih, seseorang akan semakin terampil sesuai bidang yang ia tekuni, dan menjadi orang yang berprestasi.

Motivasi

Motivasi dari dalam diri sendiri dan lingkungan. Mungkin banyak hal yang akan menyebabkan semangat menjadi lemah, tetapi teruslah cari cara untuk memotivasi diri agar bangkit saat malas atau jenuh meghampiri. Pancangkan tekad yang kuat, dekatkan diri dengan orang-orang yang mendukung dan menguatkan tekadmu itu saat akan mengikuti lomba.

Pelatih

Bisakah kita memenangkan perlombaan tanpa seorang pelatih?. Bisa, tapi mungkin akan terasa lebih sulit.

Pelatih dalam hal ini tidak harus seseorang yang mengarahkanmu menjadi seorang yang hebat. Tetapi Mereka adalah orang-orang biasa yang membantumu secara sukarela atau bahkan tanpa sengaja untuk melatih keahlianmu. Jaman sekarang, pelatih bisa berupa buku,internet atau bahkan benda-benda mati yang ada di sekitarmu.

Yakin dan Optimis

Mental inilah yang selalu dimiliki oleh para juara. Mereka selalu yakin bisa melakukan yang terbaik. Mereka optimis dan bahkan mengimajinasikan dirinya menjadi pemenang jauh sebelum perlombaan dimulai. Mereka tahu bahwa dirinya punya hak yang sama untuk menjadi seorang pemenang.

Tak Mudah Putus Asa atau Menyerah

Sekali dua kali mugkin akan hadir rasa lelah ketika berlatih dan merasa tidak ada perkembangan yang berarti. Lalu muncullah rasa putus asa. Maka, sebisa mungkin anda harus bisa menghilangkan hal tersebut, karena itu sebuah penghalang untuk anda menjadi juara.

Belajar Dari Perlombaan Sebelumnya

Selain mempelajari teknik-teknik para juara sebelumnya, kita juga belajar bagaimana perlombaan sebelumnya digelar. Bagaimana kemenangan itu bisa diraih. Tantangan terberat apa yang dihadapi oleh para peserta, dan seterusnya. Karena, ini bisa menjadi jalan untuk anda menjadi pemenang.

Tetap Tenang dan Santai

Banyak orang yang gagal dalam perlombaan karena saat lomba berlangsung merasa tegang. Hilangkan rasa tegang itu, buanglah beban, nikmati perlombaan seperti mengunyah camilan yang sangat lezat. Karena rasa tegang itu bisa menggangu konsentrasi anda.

Fokus

Meski harus tenang dan santai, tetapi fokus adalah suatu keharusan. Tanpa fokus, seorang peserta perlombaan tak akan bisa mengoptimalkan seluruh pontensinya. 

Berjiwa Besar dan Bersikap Sportif

Berjiwa besar sering kita dengar dalam kehidupan sehari-hari. Apa sih sebenarnya berjiwa besar itu?. Berjiwa besar adalah membuka hati, pikiran dan diri untuk menerima segala kritik dan saran dari orang lain.

Terus apa itu bersikap sportif? Sikap sportif adalah sikap seseorang yang mau menerima kekalahan dan mau mengakui keunggulan dari lawan dan mau menghormatinya. Ini sangat perlu kita tanamkan dalam mengikuti perlombaan di bidang apapun, tidak hanya pada saat perlombaan saja tetapi dalam berbagai hal dalam kehidupan sehari hari.

Cinta

Mencintai bidang yang ditekuni adalah suatu keniscayaan. Seperti halnya juga menghadirkan cinta saat menjalaninya. Juga menebar cinta pada orang-orang terdekat agar bisa menjalani perlombaan dengan tenang dan riang serta banyak mendapat dukungan yang menambah rasa optimisme kita dalam berlomba

Berdoa
 
Di setiap kita menjalankan apapun di kehidupan kita sehari-hari, termasuk dalam perlombaan tentu kita akan selalu berlandaskan rasa syukur kepada Tuhan lewat apa? Yaitu lewat berdoa. Selain tips tadi, berdoa juga menjadi jalan anda menjadi sang juara. Maka dari itu jangan pernah lupa berdoa dalam kehidupan sehari-hari anda.
      
Dari 12 Cara Juara Lomba dari Berebagai Lomba [Kompetisi] tentunya masih banyak hal yang bisa menjadikan kita sang juara dan berprestasi dalam hidup ini. Asalkan, kita mau berusaha dan yakin bahwa kita itu bisa menjadi pemenang dan berprestasi. serta bisa mewujudkan cita-cita Bangsa Indonesia menjadi ‘’Generasi Emas’’ tahun 2045 nanti. Demikianlah setidanya tulisan yang dibagikan oleh Gede Suriadnyana, semoga dapat bermanfaat kepada setiap pembaca website. Trimakasih

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "12+ Cara Juara Lomba dari Berbagai Kompetisi yang Kamu Ikuti"