8 Fakta Kabupaten Tulang Bawang

8 Fakta Kabupaten Tulang Bawang
Tulang Bawang adalah suatu wilayah kabupaten yang ada di Provinsi Lampung, kabupaten ini berbatasan langsung dengan Kabupaten Mesuji, Kabupaten Tulang Bawang Barat, dan Kabupaten Lampung Tengah (Baca: 10 Fakta Kabupaten Lampung Tengah). Dahulu Kabupaten Tulang Bawang ini adalah wilayah dari Kabupaten Lampung Utara yang beribukota di Kota Bumi, tetapi karena kebijakan otonomi daerah yang sedang genjar dilakukan oleh pemerintah untuk memeratakan pembangunan disuatu wilayah, maka pada ahirnya Kabupaten Tulang Bawang memisahkan diri dan menjadi kabupaten dengan pemerintahan sendiri. Tepatnya proses Kabupaten Tulang Bawang memisahkan diri menjadi Kabupaten sendiri pada tanggal 20 Maret 1997.

Adapun Kabupaten Tulang Bawang , ibukotanya adalah Menggala yang dilihat dari sejarah panjang, Menggala menjadi salah satu Kota tertua yang ada di Provinsi Lampung (Baca: Fakta Tentang Provinsi Lampung).

Banyak hal yang sangat menarik untuk ditelisik dari keberadaan Kabupaten Tulang Bawang oleh karena itulah dalam tulisan ini kita akan membahas dan mengulas, tentang 8 Fakta Kabupaten Tulang Bawang semoga menamabah wawasan kita dan semoga saja membantu kita untuk mengenal tentang Kabupaten Tulang Bawang.

Berikut ini adalah beberapa fakta menarik tentang keberadaan Kabupaten Tulang Bawang yang akan dibagikan diantaranya sebagai berikut:

Pertama: Kabupaten Tulang Bawang berasal dari Nama Kerajaan Tulang Bawang yang sampai saat ini masih belum bisa ditemukan bukti adanya Kerajaan Tulang Bawang.

Sudah menjadi cerita umum bagi masyarakat Provinsi Lampung yang mengetahui jikalau Kabupaten Tulang Bawang dahulunya berasal dari nama Kerajaan Tulang Bawang. Dalam bahasa lain, khususnya Bahasa China, kata “Tulang Bawang” berasal muasal dari nama To-La P’o-Hwang, hingga saat ini karena kekurang fasihan bahasa dan perbedaan bahasa antara Negara China dan Negara Indonesia pada ahirnya nama To-La P’o-Hwang terlalu sulit untuk diucapkan dan diganti dengan kata Tulang Bawang.

Entah kapan kerajaan ini berdiri, siapa rajanya dan kapan hancurnya kerajaan Tulang Bawang belum bisa diketahui, bahkan sangat suakar untuk dibuktikan. Namun yang pasti, dari adanya sumber sejarah menyatakan jikalau dahulu di Provinsi Lampung yang terletak di Pulau Sumatra ini ada kerajaan yang juga sangat berpengaruh pada saat itu, namun karena ada misi besar artinya pada masa itu ada kerajaan yang lebih besar, yakni Kerjaan Sriwijaya (Che-Li P’o Chie) pada ahirnya Kerjaan Tulang Bawang rendup namanya, tidak lagi terdengar, pernyataan tersebut sebagaimana berasal dari Prasasti Batu Tulis.

Kedua: Kabupaten Tulang Bawang Memiliki Sungai Terbesar di Provinsi Lampung


Jikalau kita berada atau sedang berkunjung di Kabupaten Tulang Bawang tentu tidak asing lagi dengan keberadaan Sungai Tulang Bawang yang dikenal oleh masyarakat secara umum adalah Way Tuba atau Sungai Cakat, dimana Sungai Tulang Bawang atau Sungai Cakat yang ada di Kabupaten Tulang Bawang ini adalah sungai terbesar di Provinsi Lampung.

Selain sungai Tulang Bawang menjadi sungai terbesar di Provinsi Lampung, sungai ini kenyatannya juga memiliki keunikan lain dibandingkan dengan sungai-sungai pada umumnya, keunikan daripada Sungai Tulang Bawang adalah alirannya banyak terdapat buaya, dan buaya yang ada disana dikenal oleh masyarakat sangat ganas, maksudnya ganas adalah mau memakan manusia.

Banyak sudah yang menjadi cerita tentang buaya yang ada disana, dan memakan manusia, mulai dari orang yang mandi tiba-tiba hilang, orang yang sedang mencari rumput di sungai tersebut juga hilang, sampai pada cerita orang yang sedang mincing di aliran Sungai Tulang Bawang juga hilang, karena dimakan buaya.

Untuk letaknya Sungai Tulang Bawang ini berada sepanjang Kecamatan Menggala, Kecataman Penawar Tama dan kecamatan lainnya, dengan luas sungai kurang lebih panjangnya mencapai 50 Km.

Ketiga: Tulang Bawang Penghasil Ikan Tawar Terbaik dan Tertinggi di Provinsi Lampung

Fakta yang ketiga ini masih berhubungan erat dengan keberadaan Sungai Cakat atau Sungai Tulang Bawang, sebagai sungai terbesar yang ada di Provinsi Lampung ternyata Kabupaten Tulang Bawang menjadi Kabupaten dengan penghasil jenis ikan tawar terbaik dan tertinggi di Provinsi Lampung.


Adapun menurut Pemerintah Daerah Kabupaten Tulang Bawang pada tahun 2015, Kabupaten Tulang Bawang sudah mengekspor kurang lebih 9 Jenis Ikan tawar, dengan nama jenis ikan tawar yang dimasudkan adalah Ikan Tawar jenis Belinda, Ikan Tawar Jalabat, Ikan Tawar Betulu, Ikan Tawar Baung, Ikan Tawar Gabus, Ikan tawar, Gurame, Ikan Tawar Nila, dan Udang Galah.

Keempat: Tulang Bawang Adalah Penghasil Udang Terbesar di Indonesia

Fakta sejarah yang cukup menarik untuk diselami dari keberadaan Kabupaten Tulang Bawang adalah kenyataan bahwasanya kabupaten ini menjadi penghasil udang terbesar di Indonesia. Udang yang ada di Tulang Bawang itu sendiri tentunya memiliki kualitas yang baik dan membanggakan. Makanya wajar jikalau udang yang berasal dari Tulang Bawang selalu menjadi incaran perusahaan-perusahaan besar di dalam dan luar negri.


Untuk lokasinya dari penghasil udang terbesar di Indonesia yang ada di Kabupaten Tulang Bawang itu ada kawasan tambak Kampung Dipasena Kabupaten Tulang Bawang, Provinsi Lampung. Jika ditempuh dari Kota Bandar Lampung, kawasan ini kurang lebih memakan waktu normal 4 sampai 5 Jam.

Adapun rincian mengapa Kampung Dipasena bisa menjadi penghasil Udang terbesar di Indonesia adalah luasnya yang mencapai 43 % dari lahan tambak yang ada di Provinsi Lampung. Jumlah itu menyumbang kurang lebih 61 % dari seluruh udang yang ada di Indonesia.

Kelima: Tulang Bawang Memiliki Perguruan Tinggi Kebanggaan

Bisa dibilang satu-satunya Pemerintah Daerah yang ada di Provinsi Lampung dan sudah memprakasai berdirinya perguruan tinggi adalah Pemerintah Daerah Kabupaten Tulang Bawang. Adapun nama perguruan tinggi tersebut yakni, Universitas Megow Pak Tulang Bawang. Dengan nama Universitas Megow Pak Tulang Bawang tentunya fasilitas pendidikan di kabupaten ini bisa dibilang sudah sangat lengkap, apalagi pada faktanya setelah universitas yang berdiri pada tahun 2006 pada saat sudah memiliki 7 Fakultas, Fakultas yang ada di Universitas Mogow Pak adalah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Fakultas Ekonomi (FE), Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), Fakultas Pertanian (FP), Fakultas Teknik (FE), dan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengethuan Alam (FMIPA).

Keenam: Salah Satu Perusahaan Penghasil Gula Terbesar di Indonesia ada di Kabupaten Tulang Bawang

Fakta menarik yang keenam dari Kabupaten Tulang Bawang adalah terdapatnya salah satu perusahaan penghasil gula terbesar di Indonesia, nama perusahaan itu adalah SGC (Sugar Goup Compenies) yang memiliki luas wilayah kurang lebih mencapai 123.093 Ha.

Maka tak khayal dengan luas wilayah yang begitu besar perusahaan ini telah mempu mendistribusikan hasil olahannya di seluruh Indonesia, dengan keseluruhan Produk yang terkenal adalah Gulaku, dimana nama Gulaku ini sendiri sudah sangat sering di ucapakan dan di dengarkan oleh masyarakat Indonesia.

Hingga sampai saat ini, perusahaan SGC (Sugar Goup Compenies) memiliki 4 anak perusahaan, yakni PT Gula Putih Mataram (GPM), PT Swet Indonolampung Perkasa (SIL), PT Indolampung Perkasa (ILP) dan Indolampung Distilery (ILD).

Katujuh: Tulang Bawang Pernah Menjadi Kabupaten Terluas di Provinsi Lampung

Kenyataan atau fakta menarik lainnya tentang Kabupaten Tulang Bawang yang memiliki semboyan Sai Bumi Negah Nyapur ini pernah menjadi Kabupaten terluas di Provinsi Lampung dengan mencapai wilayahnya sebesar 22 % dari Provinsi Lampung.

Tentunya sebagai kabupaten dengan wilayah terluas ini terjadi sebelum adanya pemekaran pada tahun 2008, pemekaran itu sendiri dilakukan saat Kabupaten Tulang Bawang di pimpin oleh Bapak Abdurrahman Sarbini atau dikenal oleh masyarakat dengan nama “Mance”.  Mance yang juga mantan Bupati Tulang Bawang 2 priode, Mantan Ketua DPW Partai Amanat Nasional Provinsi Lampung dan saat ini menjadi Ketua DPW Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) membagi Kabupaten Tulang Bawang menjadi 3 Kabupaten, dinatara Kabupaten Mesuji, Kabupaten Tulang Bawang Barat dan terahir adalah Kabupaten Tulang Bawang.

Kedelapan: Tulang Bawang memiliki Program GSMK yang ada sebelum Program Dana Desa.

Salah satu hal yang menjadi menarik dari Kabupaten Tulang Bawang adalah adanya program GSMK, dimana program GSMK ini sudah ada sebelum pemerintah pusat mengesahkan Program Dana Desa. GSMK sendiri memiliki kepanjangan Gerakan Serentak Membanggun Kampung yang dicetuskan oleh Bupati Hanan Rojak dan Wakilnya Bapak Heri Wardoyo.

Program GSMK menjadi program unggulan Pemerintah Kabupaten Tulang Bawang, sebab program GSMK sampai saat ini telah mampu menciptakan pemerataan pembangunan di wilayah-wilayah pedalaman Tulang Bawang.

Demikianlah tadi seputar pembahasan mengenai 8 Fakta Kabupaten Tulang Bawang, semoga menambah wawasan kita dalam mengenal Kabupaten Tulang Bawang, jika anda tertarik berkunjung ke Kabupaten Tulang Bawang silahkan para pembaca website seputar pembahasan bisa mengunjunginya, baik lewat jalur darat, jalur udara atau lewat jalur laut, semuanya tersedia disana.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "8 Fakta Kabupaten Tulang Bawang"