4 Hal Yang Membedakan Antara Pendidikan Jasmani dan Olahraga

Pembahasan mengenai pengertian pendidikan jasmani dan olahraga merupakan pembahasan yang umumnya banyak dilakukan oleh berbagai pihak, melalui analisanya yang kuat dan tajam berbagai pihak menyebutkan jika sebenarnya ada perbedaan signifikan antara pengertian pendidikan jasmani dan pengertian olahraga.

Baca: Defenisi Pendidikan Jasmani

Meskupun begitu, kedua istilah atau defenisi antara pengertian pendidikan jasamani dan pengertian olahraga adapula yang mesih kebingungan sehingga membutuhkan banyak literatur dalam ulasan-ulasan lebih mendalam.

Adapun untuk 4 hal yang membedakan antara pendidikan jasmani dan olahraga menurut berbagai sumber, adalah sebagai berikut:

Pertama: Berbeda secara konteks asal muasalnya.

Berbeda secara konteks asal muasalnya prihal pendidikan jasmani dan olehraga. Jika Olahraga merupkan terjemahan dari Bahasa Inggris, sport, sedangkan pendidikan jasmani berasal dari physical education. Ini adalah perbedaan yang pertama.

Kedua: Perbedaan Istilah dan Tujuan Antara Keduanya

Istilah pendidikan jasmani digunakan untuk kalangan pendidikan sebagai alat untuk mencapai tujuan pendidikan. Sedangkan istilah pengertian “Olahraga” digunakan untuk di luar pendidikan yang beroroentasi pada peningkatan prestasi melalui ajang perlombaan, kompetisi, atau pertandingan.

Oleh karenanya dalam kondisi ini jika melihat ulasan, seringkali kita mengenal kata PON (Pekan Olahraga Nasional), yang disebutkan adalah kata Olahraga bukan Pekan Pendidikan Jasmani Nasional. Sebab tujuannya PON diselenggaran oleh pemerintah di dalamnya terdapat nilai perlombaan atau kompetisi untuk menjadi terbaik di wilayahnya masing-masing.

Ketiga: Pengertian pendidikan jasmani lebih luas dibandingkan dengan pengertian olahraga

Secara luanglingkup, perbedaan antara pengertian pendidikan jasmani lebih luas dibnadingkan dengan pengertian olehraga, hal tersebut dikarenakan dalam pengertian pendidikan jasmani selalu mengandung unsure bermain dan olahraga. Jadi dapat dikatakan jika olahraga merupakan bagian pelajaran dari pendidikan jasmani.

Keempat: Perbedaan pendidikan jasmani dan olahraga menurut ketetapan MPR

Ketetapan Majelis Permusyawaran Rakyat (MPR) Republik Indonesia (RI) No.II/MPR/1978, TAP No. II/MPR/1983 dan TAP No. II/MPR/1988 mengatakan perbedaan utama pendidikan jasmani dan olehraga adalah penggunaan istilah, dalam istilah atau bahasa yang digunakan dalam garis-garis besar halauan Negara penggunakan istilah pendidikan jasmani tidak ada, akan tetapi dalam ketetapan yang ada adalah istilah olahraga.

Hal-hal yang membedakan antara pendidikan jasmani dan olahraga seperti yang telah disebutkan semoga bermanfaat bagi para pembaca semuanya, baik dalam memahami, membuat tugas, menjawab soal, atau keperluan-kepeluan lainnya yang berhubungan dengan perbedaan pendidikan jasmani dan olahraga.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "4 Hal Yang Membedakan Antara Pendidikan Jasmani dan Olahraga"