5 [Cara] Lolos SNMPTN Lengkap


Cara Lolos SNMPTN



Cara Lolos SNMPTN- SNMPTN? Kalian tau kan kepanjangannya?. Yup! Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri. Sudah tau juga belum kalau ‘katanya’ SNMPTN itu nggak bisa diandalkan? Kalau penulis sih nggak setuju. Memang sudah beberapa tahun ini Indonesia menerapkan SNMPTN sebagai sistem seleksi berdasarkan nilai rapor semester satu sampai lima beserta sertifikat prestasi. Lalu dimanakah letak kata publik yang bicara kalau SNMPTN itu ‘nggak bisa diandalkan?.

Baca:
Cara Sukses Lulus SBMPTN Tanpa Bimbel

Wajib kalian ketahui bahwa nggak sedikit siswa peringkat dan berprestasi menakjubkan gagal di SNMPTN. Itu tandanya tidak ada kriteria tetap dari seluruh universitas negeri di Indonesia. Masing-masing universitas memiliki patokan sendiri tentang bagaimana kriteria calon mahasiswa yang akan ditampung. Setelah penulis melakukan analisis mendetail baik dari pengalaman penulis maupun teman-teman penulis, hasilnya penulis mendapatkan dua kunci jitu agar lolos SNMPTN. Siswa yang dapat lolos SNMPTN adalah siswa yang niat dan bijak. Sudah itu saja. Mau tau penalaran dua kunci jitu ini? Simak poin-poin di bawah ini.

5 [Cara] Lolos SNMPTN



Niat Sekolah dari Awal

Kalau yang ini udah kelihatan kan? Kalian harus niat sekolah mulai dari kelas sepuluh sampai kelas duabelas nanti. Jangan memikirkan hal lain selain sekolah. Pelajaran wajib dinomersatukan. Nilai kalian selama lima semester pertama akan dijadikan patokan dalam menentukan layak tidaknya kalian mengikuti SNMPTN. Siswa yang niat sekolah, pasti nilainya bagus-bagus. Saran penulis, posisikan nilai kalian paling tidak di angka sepuluh besar paralel, agar peluang lolosnya juga besar.

Bijak dalam Memilih Jurusan

Sudah pada gedhe kan? Berarti sudah pada pintar buat melacak minat, bakat, dan kemampuan kalian sendiri kan? Pilihlah jurusan di SMA/MA/SMK sesuai dengan kemampuan kalian. Jangan ikut-ikutan teman atau jangan pilih jurusan karena takut gengsi. Masa depan kalian itu ada di tangan kalian sendiri. Kalau ternyata jurusan yang kalian mampu adalah jurusan yang diremehkan orang lain, itulah saat yang tepat untuk membuktikan bahwa kalian bisa jadi yang terbaik di jurusan itu. Ini nggak hanya berlaku ketika kalian milih jurusan di SMA. Ini juga berlaku juga buat penjurusan saat kalian milih di perguruan tinggi. Ambillah jurusan yang sesuai dengan minat kemampuan kalian. Jangan ambil kedokteran kalau pelajaran biologi nyatanya masih keteteran. Jurusannya keren, tapi gimana dengan kalian yang menjalani? Mampu atau nggak? Maka dari itu bijak-bijaklah dalam memilih jurusan.

Bijak dalam Menekuni Bidang

Kalau sudah tau jurusan apa yang kalian pilih di SMA dan perkuliahan, tekunilah itu. Terus dalami, ikut kompetisi, dan ukir prestasi. Untung-untung kalau dapat sertifikat juara. Perlu kalian ketahui bahwa sertifikat juga akan menunjang peluang kalian bisa masuk ke jurusan yang kalian pilih lhoo. Tapi ingat! Saat sudah kelas duabelas, jangan terlalu fokus mengejar sertifikat. Jangan lupa kalau kalian akan menghadapi ujian-ujian yang super banyak dan kalian wajib lebih fokus di sana.

Bijak dalam Menanggapi Setiap Ujian, Termasuk UN!

UN merupakan salah satu gambaran keniatan kalian dalam sekolah. Apalagi mulai tahun 2017, UN tidak lagi sebagai syarat kelulusan. Hal ini malah akan lebih mempermudah melihat seberapa besar kalian meremehkan sesuatu. Ujian yang bernaung sejak lama ini masih jadi sorotan banyak universitas di Indonesia sampai sekarang. Meskipun pengumuman SNMPTN dilakukan sebelum pengumuman UN, tapi ingatlah bahwa teknologi sudah makin canggih. Khalayak umum termasuk para selektor SNMPTN, bisa mengetahui nilai kalian jauh sebelum kalian mengetahui. Parahnya, kalian tidak pernah tau apakah nilai UN kalian digunakan sebagai poin seleksi atau tidak.

Bijak dalam Mengatur Waktu

Pintar-pintarlah kalian dalam mengatur waktu. Belajar sangat perlu. Tapi, kalian juga butuh waktu untuk istirahat, makan, dan beribadah. Hal yang penulis tekankan di sini adalah tentang ibadah. Jangan menomerduakan ibadah. Begitu masuk waktunya harus ibadah, tinggalkan segala aktivitas. Ingatlah bahwa kalian punya Tuhan Yang Maha Berkehendak atas takdir kalian. Berdoalah dengan rendah diri, tulus, dan ikhlas. Yakinlah bahwa Tuhan Maha Mendengar, Maha Adil, lagi Maha Bijaksana, Dia pasti akan memberikan jalan terbaik atas apa yang telah kalian usahakan.

Nah, sudah tuh cara-caranya. Mungkin nih, kalian ada yang bertanya-tanya. Apakah yang nulis artikel ini lolos SNMPTN? Jawabannya sudah pasti tidak. Hehehe... Loh kok gitu! Kalau penulis lolos SNMPTN, penulis bakalan susah mencari kekurangan penulis sendiri dalam kesuksesan penulis. Ketahuilah bahwa mencari kekurangan diri sendiri jauh lebih sulit dari mencari kekurangan orang lain.

Penulis tidak menangis atau merasa sedih. Meskipun perjuangan penulis sudah sampai jungkir balik, tapi mungkin inilah jalan yang terbaik. Sepuluh besar masuk, sertifikat juara tingkat kota sampai nasional ada, tapi mungkin jurusan yang penulis pilih tidak akan sanggup penulis jalani jika memang benar lolos. Kesalahan penulis adalah tidak mengutamakan keinginan penulis dalam pemilihan jurusan SNMPTN lalu, penulis ingin mempersembahkan jurusan tersebut untuk orang lain. Dari situlah penulis benar-benar sadar bahwa kesuksesan datangnya dari niat bersih tanpa embel-embel.

Mungkin pengalaman penulis yang tertunda untuk lolos masuk perguruan tinggi ini bisa memotivasi kalian untuk lebih bijak dalam berpikir dan bertindak. Satu hal yang perlu kalian yakini, bahwa Tuhan tidak tidur. Dia Maha Tau apa yang terbaik untuk makhluk-Nya. Jika takdir dari-Nya tidak seindah yang kamu mimpikan, maka sebenarnya Tuhan telah menyiapkan gerbang di ujung sana untuk kalian raih yang jika kalian buka akan jauh lebih menenteramkan jiwa kalian.


Demikianlah tulisan mengenai 5 [Cara] Lolos SNMPTN Lengkap yang dituliskan oleh Amanatul Haqqil Ibad. Semoga bisa menjadi inpirasi bagi segenap pembaca yang sedang menyiapkan diri dalam SNMPTN. Trimakasih, baca juga tulisan lainnya;
  1. Lulusan SMK Perlu Strategi Untuk Lulus SBMPTN 
  2. Inilah Solusinya, Salah Nama di Kartu Pendaftaran SBMPTN
  3. Tips Jitu Lulus SNMPTN Undangan 
  4. 10 Langkah Mendapatkan Beasiswa Bidikmisi


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5 [Cara] Lolos SNMPTN Lengkap"