4+ Cara Mencari NISN SD,SMP, SMA dan Alumni yang Bisa Dilakukan

NISN atau lebih dikenal oleh masyarakat secara luas adalah Nomor Induk Siswa Nasional pada saat ini sudah bisa dikases dengan secara online (menggunakan internat) NISN sangatlah penting bagi setiap pelajar, bahkan berlaku juga untuk setiap alumni.

Meskipun di Cara Mencari NISN sudah bisa dilakukan online ternyata banyak sekali yang merasa kebungungan bagimana tata cara pencariannya, padahal bisa dibilang ini masalah yang sangatlah serius.

NISN (Nomor Induk Siswa Nasional)

NISN adalah kode pengenal identitas pelajar atau siswa dari Jenjeng Pendidikan SD, MI, SMP, MTs, SMA, MA, atau SMK. Kode ini memiliki sifat tetap dimana berlaku juga untuk para alumninya. Manafaat yang bisa didapatkan dari adanya NISIN adalah sebagai program pendukung yang bisa dipergunakan untuk pendaftaran SNMPTN, SBMPTN, Ujian Mandiri di Univeritas, dan juga sebagai pengembangan pendidikan seperti dana BOS, PIP (Program Indonesia Pintar), Syarat Pindah Sekolah, Ujian Nasional (UN), dan lain sebagainya.

Sederhanannya NISN ini kedudukannnya sama dengan berlakunya KTP atu SIM yang dikeluarkan oleh pemerintah, adapun letak perbedanannya untuk NISN dikeluarkan oleh Pusat Data dan Statistik Pendidikan dan Kebudayaan (PDSPK) Kemendikbud.

Mencari NISN


Mencari NISN secara online bisa dilakukan dengan dua pilihah;

Menggunakan NISN


Langkah ini biasa dilakukan untuk mengecek secara benar bahwa data yang ada adalah data yang masih aktif.

Mencari NISN Berdasarkan Nama Siswa


Pencarian Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) berdasarkan nama memanglah sumber yang akurat dalam tips pencariannya. Mengingat nama dan juga tanggal lahir biasanya berhubungan dengan nomor NISN yang dikeluarkan oleh Data Pokok Pendidikan di bawah aturan Kemendikbud.

Mencari NISN Berdasarkan nama ada 3 syarat yang harus dipenuhi terlibih dahulu, pertama adalah mengisi nama siswa dengan menggunakan huruf balok (huruf kapital), Tempat Lahir yang sesui dengan nama raport atau akta kelahiran, dan tanggal lahir.

Langkah atau Cara Mencari NISN


Berikut setelah diberikan penjelasan secara singkat mengenai bagimana Cara Mencari NISN dengan Nomor NISN atau berdasarkan nama, maka langkah yang umum bisa dilakukan antara lain;
  1. Membuka Laptop/HP dengan terkoneksi internat. Sebagai saran lebih baik menggunakan Laptop atau pergi ke warnet, karena dengan demikian pembaca akan lebih mudah melihatnya.
  2. Menggunjungi Situs Online Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan dengan alamat nisn.data.kemdikbud(dot)go(dot)id atau bisa klik disini
  3. Setelah itu pilih pada tap yang bisa anda perluakan, menggunakan Kategori Nama dan Tanggal Lahir atau menggunakan Kategori dalam Nomor NISN untuk mengeceknya
  4. Setelah selesai, langkah terkhir yang bisa dilakukan bagi pembaca langsung klik pada tombol cari

Semuanya, bisa muncul sesui dengan apa yang diinginkan. Apabila mengelami kendala atau tidak ditemukan NISN nya mana dapat dipastikan mengalami masalah, baik masalah yang sederhana seperti masalah salam nomor dan nama atapun masalah belum keluarnya NISN yang terverivikasi oleh pemerintah.

Masalah Gagal Mencari NISN


Banyak sekali permasalahan yang dialami dalam mengecek NISN secara online ini, salah satunya adanya permasalahan dalam situs yang sering ngedown atau tidak bisa terbaca. Oleh karenannya jika pembaca mengalami malasah dalam pencarian NISN silahkan cek data yang dimasukan, tanyakan pada pihak sekolah (karena pihak sekolah yang melakukan pendaftaran), atau bahkan karena sekolah masih belum melakukan pendaftaran NISN pada siswanya.

Syarat pengajuan nomor NISN terbaru hanya bisa dilakukan oleh pihak sekolah, pertama yang mencatat. Oleh karenannya jika belum melakukan pendaftaran silahakan bisa langsung tanyakan oleh pihak sekolahan, baik pihak sekolah yang berada di bawah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (SD, SMP, SMKN, SMK), Kementerian Agama (Pendidikan Islam) seperti MTs, MI MA, atau  sekolah yang berada di bawah Kementerian Agama Bimbingan Masyarakat Kristen dan Katolik.

Demikianlah tulisan mengenai Cara Mencari NISN SD,SMP, SMA dan Alumni yang bisa dilakukan dengan sangat mudah. Semoga dengan adanya tulisan ini dapat membantu para pembaca dalam yang sedang kebungungan dalam mencari NISN (Nomor Induk Siswa Nasional).

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "4+ Cara Mencari NISN SD,SMP, SMA dan Alumni yang Bisa Dilakukan"