4 Profesi Terkait Dengan Dunia Menulis

Profesi Penulis
Setelah pada artikel sebelumnya kita membahas tentang penulis terkaya di dunia, selanjutnya pada tulisan ini akan menjelasakan apa saja profesi terkait dunia tulis menulis, semoga saja tulisan profesi terkait dunia tulis menulis ini menjadi bacaan yang menarik sebagai ulasan ilmu pengetahuan sekaligus menambah wawasan pembaca seputarpembahasan.

Berikut penjelasan secara singkat tentang empat (4) profesi sebagai penulis yang bisa dijadikan sebagai penghasilan:

Pertama: Ghost Writer

Ghost writer atau dikenal dalam khasanah bahasa Indonesia adalah penulis hantu merupakan pekerjaan menulis yang dilakukan atas nama orang lain, sehingga penulis asli dalam ghost writer nama yang dicantumkan bukanlah namanya akan tetapi yang dicantumkan adalah nama orang yang meminta jasa dan tentu saja telah membayarnya. Seorang ghost writer biasanya telah perpengalaman (baca: penulis handal) sehingga seoarang ghost writer selalu memegang teguh sebuah etika yang mengharuskan “tutup mulut” mengenai karya yang dibuatnya maupun orang yang memakain jasanya. Atas dasar inilah profesi sebagai ghost writer bisanya sangat mahal karena yang memesan adalah mereka-mereka para orang yang sibuk atau kurang memiliki skill dalam kepenulisan namun orang yang memesan adalah orang-orang berpengaruh.

Kedua: Konsultan kepenulisan

Konsultan kepenulisan dalam Profesi terkait dengan dunia menulis biasanya selalu memberi nasehat dan memberikan sebuah bimbingan kepada pihak-pihak yang hobis sekali dengan dunia tulis-menulis, dan tentunya konsultan kepenulisan dibutuhkan kepada mereka para penulis pemula yang ingin mempunyai karya atu usaha dalam kepunilisan, tentu konsultan kepenulisan ini juga dilakukan oleh merka yang cukup memenuhi jam terbang menulis sangat tinggi, sehingga secara kwalitasn dan kuntitas keilmuannya dalam hal menulis sudah tidak bisa diragukan lagi.

Ketiga: Editor Mandiri

Editor mandiri dalam Profesi terkait dengan dunia menulis biasanya diartikan sebagai orang yang bertanggung jawab terhadap naskah sampai pada ahirnya naskah itu diterbitkan. Editor mandiri bukan hanya memperbaiki tulisan yang typo namun juga memperbaiki dalam hal mengaitkan tulisannya, menyambungkan dari kalimat satu ke kalimat yang lainnya.

Bahkan seorang editor mandiri disini bisa dikatakan sebagai perajin buku, karena ketekunannya dalam mengelola bahasa dan membangun susunan kalimat yang pas di dalam tulisan, kemudian ditawarkan kepada penerbit atau diterbitkan secara mandiri/sendiri (self publishing) hingga sampi ahir tutas karya buku yang di inginkan.

Keempat: Pelatih (trainer) penulisan

Dewasa ini seoarang trainer yang melatih dalam kepenulisan memang banyak kita temui dimana saja, baik itu di lingkungan pendidikan seperti kampus atau di lingkungan pemerintahan. Disatu sisi adanya searang pelatih (traner) penulisan seperti ini telah mampu menunjukan bahwa minat masyarakat, terutama genarsi muda, terhadap dunia tulis menulis sangatlah tinggi.

Walaupun banyak sudah penulis besar yang bukan merupakan lulusan sekolah menulis atau bahkan tidak pernah mengikuti pelatihan menulis seama sekali, akibat ketekunan dan sikap pantang menyerahlah menjadi kunci dia sukses cita-citanya sebagai seoarang penulis.

Oleh karenanya dalam Profesi terkait dengan dunia menulis seoarang traner biasanya membagikan tips yang mampu mengatarkan dia sukses dalam kepenulisan, oleh karenanya seoarang tranner lebih pada segmen pemberi motivasi kepada penulis pemuda untuk mau dan terus berkarya.

Sehingga trainer tentu saja dikatakan sebagai Profesi terkait dengan dunia menulis karena dengan memebrikan semangat dan suntikan gairah menulis itu dia mendapatkan bayaran yang cukup tinggi dari para pengguna jasanya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "4 Profesi Terkait Dengan Dunia Menulis"