3 Fakta Kabupaten Lampung Timur

Membicarakan Kabupaten Lampung Timur sebagai salah satu kabupaten di Provinsi Lampung (Baca: 4 Hal Kebanggaan Lampung) tentu tidak bisa lepas dari sejarah berdirinya, sebab dengan banyak mengetahui sejarah berdirinya kita akan mampu memahami jika Kabupaten Lampung Timur dahulunya adalah bagian dari Kabupaten Lampung Tengah, dimana Kabupaten Lampung Tengah sendiri sampai saat ini menjadi Kabupaten yang memiliki luas wilayah nomor wahid di Provinsi Lampung.

Baca: Lokasi Photo Paling Hits Di Lampung

Bukan hanya itu pada kenyataanya juga kabupaten yang memiliki semboyan "Bumei Tuwah Bepadan" serta luas wilayah 5.300 km² dan berpenduduk sebesar 989.639 jiwa ini memiliki beberapa fakta menarik, yang itu setidaknya menjadi khazanah keilmuan bahkan menjadi referensi bagi para pembaca dalam memahami dan mengetahui luar dalam tentang Kabupaten Lampung Timur.


Berikut-berikut inilah 3 (tiga) fakta versi seputar pembahasan tantang Kabupaten Lampung Timur yang harus kita mengerti, semoga berkenan dalam membacanya:

Pertama : Kabupaten Lampung Timur Menjadi Kabupaten Pertama Se-Sumatra yang dipimpin Oleh Perempuan.

Percaya atau tidak, bahwa Pilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang dilakukan serentak pada tanggal 9 Desember 2015 lalu, menghasilkan caatatan sejarah bagi Kabupaten Lampung Timur. Sebab pada Pilkada tersebut telah berhasil dimenangkan oleh seorang perempuan, yakni Ibu Hj. Chusnunia Chalim yang dikenal masyarakat luas dengan sapaan akrab Mbak Nunik.


Politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang juga semasa kiliah aktif di PMII (Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia), telah berhasil menyingkirkan rival tunggalnya Bapak Yusran Amirullah dengan kemenangan tipis.

Bahkan yang menarik dari hasil pilkada ini. Hj. Chusnunia Chalim menjadi Bupati Perempuan Pertama Se-Sumatra. Inspiratif bukan? semoga dengan terpilihnya beliau menjadi bupati mampu menuntaskan permasalahan-permasalahan yang ada di Kabupaten Lampung Timur.

Kedua: Kabupaten Lampung Timur Pernah Jaya Dengan Penghasil Lada Terbesar di Lampung


Komoditas pertanian khususnya lada pernah menuai hasil yang cukup sempurna di Kabupaten Lampung Timur. Hal itu terjadi pada tahun 1980-an dimana Kabupaten Lampung Timur menjadi kabupaten penghasil lada terbesar di Provinsi Lampung dengan luas wilayah yang mencapai 9.873 hektare.

Namun yang diasayangkan kejayaan tanaman lada di Kabupaten Lampung Timur hingga saat ini belum terulang lagi, hal itu dikarenakan perkebunan lada di kabupaten ini menurun setiap tahunnya, bahkan menurut Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Lampung Timur pada tahun 2005 hanya sekitar 3.121 hektare.

Ketika: Kabupaten Lampung Timur Memiliki Taman Nasional Tertua Di Indononesia.


Sungguh tak elegan jika membicarakan Kabupaten Lampung Timur namun tidak membicarakan Tanaman Nasional. Dimana Taman Nasional yang ada di Lampung Timur, yaitu Taman Nasional Way Gambas menjadi Taman Nasional pertama dan tertua di Indonesia.


Taman Nasional Way Gambas sendiri dalam catatan sejarah sudah didirikan pada masa pemerintah Belanda, yakni tahun 1937. Selain itu Taman Nasional Way Gambas juga memiliki Rumah Sakit Gajah terbesar di Asia Tenggara.





Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "3 Fakta Kabupaten Lampung Timur"