Provinsi Sumatra Utara, dan [9] Fakta yang Wajib Kamu Baca!

Provinsi Sumatra Utara, dan [9] Fakta yang Wajib Kamu Baca!



Sumatra Utara pada dasarnya menjadi salah satu daerah yang memiliki berbagai jenis dan bentuk kekayaan alam. Mulai dari pariwisata, industri, sampai dengan pendidikannya. Salah satu pendidikan atau sentral pendidikan tarbaik di Indonesia adalah Universitas USU (Universitas Sumtra Utara) yang sampai saat ini menjadi 10 sampai 20 rekomendasi pendidikan terbaik menurut Kemenristek Dikti.


Sebenarnya ada beberapa fakta menarik yang ada di Sumatra Utara, fakta-fakta tersebut pada umumnya ada bernilai postif ada pula bernilai negatif. Hal ini sangatlah wajar karena setiap daerah memiliki kekuarangan dan kelebihan.

 

Fakta Provinsi Sumatra Utara



Berikut ini ada beberapa fakta yang harus setidaknya diketahui daru Provinsi Sumtra Utara.
 
Sumatra Utara Memiliki Danau Terluas di Indonesia
 
Danau Toba barangkali tak asing lagi bagi masyarakat Indonesia, cerita mengenai terbentuknya danau toba yang dijadikan cerita legenda seringkali di tampilkan dalam dunia pertelevisian. Bahkan sejak anak-anak penulis sendiri sudah mengenai dengan nama danau toba meskipun sampai saat ini belum pernah mengunjung atau berada di sana.
 
Taukah kita, sebenarnya tersimpan kekayaan dan keindahan alam dalam Danau Toba, terlebih lagi menurut data Indonesia, Danau Toba adalah Danau Terluas yang ada di Indonesia.
 
Provinsi Sumatra Utara Memiliki Bandara Terbesar Ke-2 di Indonesia
 
Bandara yang menjadi terbesar ke-2 di Indonesia dan juga menjadi bandara modern di Indonesia terletak di Provinsi Sumatra Utara, nama bandara tersebut adalah Bandara Kualanamu yang terletak di Kota Medan, sebagai Ibu Kota Sumatra Utara.
 
Sumatra Utara Menjadi Penghasil Kelapa Sawit Terbesar Ke-2 di Indonesia
 
Salah satu komunitas perkebunan yang ada di Indonesia dan juga menjadi unggulan adalah Tanaman Kelapa Sawit, tanaman ini hampir ada di semua wilayah, baik di Jawa, Kalimantan, ataupun di Daerah lainnya.
Meskipun demikian pada dasarnya Sumatra Utara lah yang menjadi penghasil perkembunan ini terbesar Ke-2 di Indonesia setelah Riau. Dengan luas wilayah perkebunan tersebut mencapai 1,1 juta hektare.
 
Melahirkan Banyak Tokoh Hukum Terkemuka di Indonesia
 
Sebagai daerah yang mayoritas terkenal dengan Suku Batak dengan watak yang keras tapi baik hatinya, Sumatra Utara ternyata bisa dibilang sebagai daerah dengan melahirkan banyak tokoh hukum. Misalnya tokoh hukum yang cukup sentral ialah Ruhut Sitompul, yang sampai saat ini terus menerus menyuarakan keadilan.
 
Sumatra Utara Memiliki 419 Pulau
 
Fakta lainnya yang ada di Provinsi dengan Ibu Kota Medan ini ialah banyaknya pulau, pulau-pulau yang ada di Sumatra Utara sekitar 419 Pulau meskipun demikian untuk nama pulau yang terkenal di Indonesia atau yang cukup dikenal adalah Pulau Samosir (ditengah-tengah danau toba) dan Pulau Nias.
 
Sumatra Utara Memiliki 7 Agama yang Sampai Saat ini Masih Dipertahankan dalam Faktanya
 
Agama di Indonesia secara umum yang legal atau yang sudah di sahkan di Indonesia ada 5 Agama tapi barulah menjadi 6 Agama setelah Pemerintahan Abdurrahman Wahid, dengan penambahan Agama Konghucu.
 
Akan tetapi dalam berbagai literatur yang ada, khusus di Sumatra Utara ada 7 Agama yang menjadi panutan, penambahan Agama tersebut adalah Agama Parmalim, dimana dalam Agama ini dijalankan oleh sebagian kecil masyarakat Batak yang berpusat di Huta Tinggi, selain itu juga ada Agama Animisme yang ternyata masih ada dipeluk oleh masyarakat Pelebegu Parhabonaron.
 
Sumatra Utara Pernah Mengalami Bencana Menahun yang Terjadi di Gunung Sinabung
 
Bencana alam adalah takdir dari yang maha kuasa, dan salah satu bencana yang memiliki efek sangat besar dan juga berdurasi lama adalah Bencana di Gunung Sinabung, yang terjadi hampir 4 tahunan lamanya.
Tentu bencana di Gunung Sinabung ini menjadi catatan sejarah bagi Provinsi Sumatra Utara yang tidak akan pernah di lupakan.
 
Sumatra Utara Memiliki 3 Suku Asli dan Yang Lainnya adalah Pendatang
 
Suku-suku di Provinsi ini sangatlah banyak, mulai dari Suku Jawa, Suku Bugis, atau suku lainnya. Akan tetapi yang harus diketahuai pada faktanya untuk suku asli di Provinsi ini ada 3 suku, pertama adalah Batak, Suku Nias yang umumnya berada di Kepulauan Nias, dan Melayu.
 
Sumatra Utara Menjadi Satu-Satunya Daerah yang Memiliki Pabrik Aluminium Terbesar di ASEAN
 
Kebanggaan lainnya yang ada di Provinsi ini adalah dengan adanya Pabrik terbesar di ASEAN, pabrik tersebut adalah Pabrik Alumunium dengan Nama PT Inalum. Dalam pabrik ini bekerja dibidang penambangan bijih dan pelebutan aluminium yang teranyata menjadi terbesar di Indonesia dan juga di ASEAN.
 
Demikianlah seputar pembahasan mengenai Provinsi Sumatra Utara, dan [9] Fakta yang Wajib Kamu Baca!. Semoga dengan hadirnya fakta yang ada di Sumatra Utara ini bisa menambah wawasan sekaligus menambah pengetahuan bagi setiap pembaca yang ada di Sumatra Utara dan daerah lainnya. Trimakasih, baca juga artikel yang lainnya;
  1. 10 Tempat Wisata di Metro Lampung yang Paling Banyak Pengunjung
  2. Mengenal Soemantri Brodjonegoro yang Digunakan Sebagai Nama Jalan
  3. Sejarah Organisasi WHDI (Wanita Hindu Dharma Indonesia)
  4. Inilah Solusinya, Salah Nama di Kartu Pendaftaran SBMPTN

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Provinsi Sumatra Utara, dan [9] Fakta yang Wajib Kamu Baca!"