Provinsi Aceh, dan [9] Fakta yang Harus Kamu Baca!

Provinsi Aceh, dan [9] Fakta yang Harus Kamu Baca!


Aceh merupakan salah satu provinsi yang ada di Indonesia, provinsi ini menurut catatan sejarah panjang memiliki peran yang sangat vital bagi perkembangan dan kemajuan di Indonesia, salah satu perkembangan yang ada ialah Aceh menjadi daerah pertamakali didirikan kerjaan Islam, yakng bernama Kerjaan Samudra Pasai.


 


Sebenarnya, banyak keistimewaan dan kelebihan Aceh, berikut sebagai pengenalan lebih lanjut SeputarPembahasan.Com akan mengemukakan tentang fakta-fakta di Aceh yang harus kamu ketahui, diantaranya;

 

Fakta Provinsi Aceh



Aceh Menjadi Satu-Satunya Daerah yang Memiliki atau Menjalankan Syareat Agama Islam
 
Agama Islam pada dasarnya menjadi agama terbesar yang dianut oleh masyarakat Indonesia, akan tetapi untuk hukum yang sesuai dengan ajaran dan syareat Islam hanya berlaku di Aceh, misalnya saja hukum berzina di aceh harus dilakukan rajam dan juga pengasaingan.
 
Aceh Menjadi Satu-Satunya Daerah yang Memiliki Partai Kedaerahan
 
Perlu setidaknya pembaca ketahui, bahwa provinsi aceh ini menjadi satu-satunya daerah yang memiliki partai, dan parti ini hanya di jalankan di Aceh, di daerah lain tidak ada partai tersebut. Adapaun nama partai yang hanya di ada di aceh adalah PDA, PNA, dan partai Aceh.
 
Aceh Menjadi Daerah Terparah yang Terserang Tsunami di Indonesia
 
Pada tahun 2004 pada masa awal pemerintahan SBY (Susilo Bambang Yudhoyono) Provinsi Aceh sempat mengalami bencana yang besar, bencana itu adalah tsunami. Akbiat bencana tsunami di Aceh konon hampir 170 ribu masyarakat Aceh dianyatakan hilang atau tewas.
 
Di Aceh ada Gerakan yang Ingin Memisakan dari Indonesia
 
Di Aceh tentu sangat lekat dengan salah satu gerakan yang ingin memisakan diri dari Indonesia, gerakan tersebut bernama Gerakan Aceh Merdeka yang lebih dikenal dengan GAM. Akan tetapi menurut rumor yang berkembang gerakan di Aceh ini sudah mengalami perdamaian dan sepakat tetap berada di Indonesia, adapun perdamaian dilakukan antara GAM dan Pemerintah Indonesia terjadi pada tahun 2004 atas inisiasi dari Pemerintahan SBY dan Yusuf Kalla.
 
Aceh Memiliki Sejarah dengan Negara Islam Pertama di Indonesia
 
Jika sejak dulu aceh dikenal sebagai daerah Islami dan sampai sekarangpun demikian, tentu hal ini sangatlah wajar mengingat dalam catatan sejarah sendiri aceh pada kenyataan memiliki sejumlah fakta yang mengagumkan, salah satunya faktanya ialah adanya kerajaan Islam di Indonesia, dengana Nama Kerajaan Samudra Pasai.
 
Aceh Pernah Menjadi Daerah Termakmur di Kawasan Selat Malaka
 
Fakta yang ada di dalam provinsi aceh yang lainnya ialah adanya pernyataan pada Abad ke-17 yang menyatakan bahwa Kesultanan Aceh di Provinsi Aceh menjadi negara terkuat, terkaya, dan juga termakmur di kawasan Selat Malaka. Hal ini tentusaja menjadi harapan mengenai fakta-fakta mengaggumkan di Aceh.
 
Provinsi Aceh Pernah Menyatakan Bergabung dengan Darul Islam atau Tentara Islam Indonesia
 
Kenyataan yang lain atau fakta yang lainnya di Aceh yang pernah terjadi pada tahun 1953 adanya pernyataan tentang bergabungnya Teungku Muhammad Daud Beureu'eh dengan atas nama rakyat Aceh untuk menyatakan setuju dengan Negara Islam Indonesia yang didirikan oleh Kartosoewirjo, hal itu terjadi lantaran kekecewaan atas jaminan Soekarno yang akan menerapkan syariat Islam menjadi landasan Negara.
 
Aceh Memiliki 23 Kabuapaten dan Kota
 
Daerah di Aceh pada dasarnya ada banyak, bahkan sampai saat ini menurut data terbaru ada sekitar 23 Kabupaten Kota yang ada di Aceh. Dengan Ibu Kota Banda Aceh
 
Aceh Pernah Mengalami Tiga Kali Perubahan Nama
 
Sebelum kita mengenai nama Provinsi Aceh sebagaisa;ah satu daerah di Indonesia, pada dasarnya Aceh pada zaman dulu dikenal dengan nama lain, pertama ialah Aceh Darussalam, Daerah Istimewa Aceh, Nanggro Aceh Darussalam, dan sampai saat ini ialah Provinsi Aceh.
 
Demikianlah setidaknya ada 9 Fakta mengenai fakta atau beberapa kejadian yang ada di Aceh semoga dengan adanya tulisan tentang Provinsi Aceh, dan [9] Fakta yang Harus Kamu Baca! Ini dapat bermanfaat dan juga dapat memberikan pelajaran penting. Trimakasih, baca juga artikela mengenai fakta yang lainnya;
  1. 7 Tempat Angker dan Mistis di Lampung 
  2. Cara Sukses Lulus SBMPTN Tanpa Bimbel
  3. 6 Pondok Pesantren Terkenal Di Metro
  4.  18 Daftar Lengkap Penerbit Buku Secara Gratis

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Provinsi Aceh, dan [9] Fakta yang Harus Kamu Baca!"