20 Tips Belajar Fisika dengan Mudah dan Efektif

Tips Belajar Fisika dengan Mudah dan Efektif

Fisika adalah ilmu pengetahuan yang dinilai amat sangat sulit. Hal inilah yang membuat orang berfikir saat masuk kuliah tidak memilih jurusan fisika. Akan tetapi fisika juga menjadi pilihan bagi meraka yang yang memang suka menghitung, suka rumus dan suka dengan hal-hal yang berhubungan dengan menghitung, baik menghitung kecepatan atau pun tegangan
 

Ilmu Fisika


Ilmu Fisika menjadi salah satu ilmu terpenting yang mempengaruhi perkembangan manusia, misalnya ilmu ini dipergunkakan untuk menghitung kecepatan, menghitung tegangan listrik, atau yang lainnya. Oleh karenannya hampir disetiap jenjang pendidikan, baik Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas (SMA), sampai perguruan tinggi ada ilmu fisika di dalamnya.

Cara Belajar Fisika dengan Gampang


Ini ada beberapa tips untuk kalian agar dapat belajar fisika dengan mudah:
  1. Setiap selesai belajar di sekolah ataupun di kampus, kita harus mengulanginya. Misalnya di kasih soal nih, kita harus mengerjakan ulang soal yang di berikan itu di rumah ataupun di kos tanpa melihat jawaban yang di berikan oleh guru atau dosen tersebut.
  2. Jangan lupa selalu menempel rumus – rumus yang telah di berikan guru atau dosen di tembok dekat tempat kita tidur, agar setiap kita mau tidur atau kita lagi tiduran kita bisa melihat rumus tersebut dan lambat laun kita akan menghafalnya. Sehingga setiap di tanya atau ada soal yang berhubungan dengan hal ini kita dapat mengerjakannya dengan baik dan benar. 
  3. Jangan lupa selalu bertanya kepada guru atau teman jika tidak paham dengan materi yang di berikan
  4. Untuk tips yang selanjutnya adalah, ikuti les privat tentang fisika sehingga belajar kita bukan hanya di sekolah atau di kampus saja tapi juga di luar kampus ataupun sekolah dan pengalaman atau ilmu yang kita dapat itu jauh lebih luas dan banyak ketimbang belajar nya hanya di sekolah atau kampus saja.
  5. Untuk selanjutnya adalah sering belajar kelompok dengan teman, jadi saat belajar kelompok kita jadi bisa sharing apa yang kita tidak tahu dari materi yang di berikan.  
  6. Berdamailah dengan rumus, maksudnya adalah rumus itu jangan di hafalin tapi di pahamin asal tau konsepnya baru kita akan terus dapat memahami bagaimana rumus tersebut.
  7. Jangan sampai lupa dan jangan bosen-bosen untuk belajar dan terus terus belajar, dengan orang yang lebih tau jadi kita akan gampang memahamin jika dengan yang lebih tau.
  8. Untuk tips yang selanjutnya adalah jangan bolos saat belajar fisika, karena saat kalian ketinggalan satu materi saja pasti akan bingung. Dan esok hari saat kalian berangkat kalian gak akan tau kelanjutnya dari materi yang telah di sampaikan kemaren. 
  9. Tips yang selanjutnya adalah jangan bermalas- malasan karena saat kalian malas belajar fisika itu akan mempengaruhi minat kalian memahami dari materi yang telah di sampaikan oleh guru ataupun dosen kalian. 
  10. Kemudian sebelum kalian belajar mata pelajaran fisika baik itu di sekolah ataupun di kampus, kalian harus suka dengan yang mengajar, baik guru atupun dosen. Karena kalian gak akan bisa memahami materi yang di berikan kepada guru atau dosen, jika kalian tidak suka dengan yang mengajar. Kata orang juga sebelum kalian belajar maka sukai dulu guru baru kalian akan paham belajar katanya.
  11. Jangan lupa selalau buat catetan di setiap belajar, jadi saat kalian ingin mengulang materinya di rumah kalian punya buku catetan dan buku tersebut setiap mata pelajarannya jangan di campur aduk jadi satu. Jadi harus sendiri-sendiri. Ini bertujuan untuk memudahkan kalian saat belajar. Catetan ini bukan hanya berlaku untuk pelajaran fisika saja tapi untuk pelajaran yang lain agar kalian lebih memudah kan kalian sendiri juga. Karena menurut saya belajar mata pelajaran fisika itu sangat sulit. 
  12. Konsentrasi, maksudnya dalah saat kalian belajar mata pelajameman fisika kalian harus bener fokus ke pelajran tersebut, jangan memikirkan hal lain, karena pelajran ini terbilang pelajaran yang akan membuat otak kita capek, baik itu otak kanan ataupun otak kiri kalian sendiri. 
  13. Setelah itu jangan lupa perbanyak latian-latian untuk mengerjakan soal-soal yang ada di dalam buku yang sudah kalian miliki, walaupun saat itu kalian memang sedang tidak di berikan tugas oleh guru kalian harus terus latian terus.  karen latian itu lah yang membuat kalian mahir dalam mengerjakan tugas ataupun uts,dan uas yang di berikan oleh dosen atau guru kalian. 
  14. Perbanyak membaca buku, baik itu tentang teori teori fisika ataupun tentang cara penurunan rumus fisika itu sendiri. Kalian harus terus mempunyai ide –ide baru, tentang bagaimana kalian dapat dengan mudah belajar fisika tanpa tergantung oleh guru ataupun dosen kalian. 
  15. Jangan lupa untuk selalu menonton di youtube, meliahat model –model pembelajaran yang mudah di pahami di youtube, karena biasanya dengan kita melihat model pembelajaran dari materi yang memang sangat sulit kita pahami, dengan meliahat model pembelajaran yang ada di youtube kita akan jauh lebih paham, dan tau jalan untuk menyelesaikan materi yang di berikan baik oleh guru atau dosen kalian. 
  16. Ada juga beberapa cara untuk kita mempermudah dalam mempelajari fisika itu yaitu kita menggunakan media pembelajran yang memang mudah untuk kita pahami, mengingat sekarang ini banyak media pembelajran yang berfariasi macam nya,seperti sparkol, ppt dan lain sebagainya setidaknya itu menjadi tolak ukur kita dan untuk mempermudah kita dalam menyampaikan materi saat presentasi dengan menggunakan media pembeljaran tersebut.
  17. Untuk tips yang selanjutnya dalah jagan lupa kita harus jaga kesehatan, jangan lupa makan makanan yang menandung empat sehat lima sempurna karena saat kita belajar fisika dengan keadaan lapar itu akan membuat kita menjadi tidak fokus dan konsentrasi menjadi berkurang, asupan makan yang pas dan sehat itu menjadi tolak ukur kita untuk belajar fisika dengan baik dan benar. 
  18. Untuk tips yang selanjutnya adalah mengimbangi dengan liburan juga, jadi kita tidak hanya belajar terus tanpa ada liburan, tanpa ada maen bareng teman, dan kita hanya belajar-belajar fisika terus kerjaannya tanpa ada yanga lain, itu akan membuat otak kita menjadi jenuh, otak kita menjadi capek dan bisa juga kita menjadi frustasi karena hidup kita tidak ada selingan, hanya beljar terus kerjaaanya. 
  19. Tips selanjunya adalah saat kalian menghadapi ujian kalian harus mempersiapkan diri dari seminggu atau beberapa hari sebelumnya jagan sampai kalian menggunakan sistem SKS (sistem kebut semalem) karena itu akan membuat nilai ujian kalian turun, dan kalian gak akan mendapatkan nilai ujian yang memuaskan seperti apa yang kalian harapkan. 
  20. Usahakan jagan sampai kalian mencontek, karena mengurangi rasa percaya diri kalian denagan hasil yang kalian kerjakan sendiri.
Demikianlah cara belajar ilmu fisika dengan mudah dan efektif yang dapat saya berikan sebagai mahasiswa fisika, tips ini saya bagikan agar mempermudah kalian dalam mempelajari mata pelajaran fisika, jika ada yang salah atau pun ada yang ingin berkomentar atau menaggapi dan menambahkan dari apa yang telah saya tulis ini silahkan kalian bisa berkomentar di bawah ini.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "20 Tips Belajar Fisika dengan Mudah dan Efektif"