Ingin Menang Lomba? Perhatikan OPPA BULE-Mu

Ingin Menang Lomba?


SeputarPembahasan.Com- Beberapa dari kita pasti seringkali merasa tidak percaya diri atau bahkan putus asa saat mengikuti lomba atau kompetisi, belum lagi ditambah dengan melihat lawan yang nampaknya sangat hebat dibandingkan kita sendiri.

Masih ingat dengan istilah “Rumput tetangga selalu nampak lebih hijau?" Tepat sekali! Kita acap kali terlalu merendahkan kemampuan kita sendiri dan iri dengan apa yang dicapai orang lain, padahal belum tentu demikian.
Baca Juga: Kemenangan Hakiki Dalam Kehidupan
Di balik kesuksesan dan kehebatan yang terlihat sangat menawan pasti memiliki ceritanya  tersendiri, dan tentu telah  melalui usaha dan kerja keras yang tidak kita lihat sebab kita sudah terlalu “silau mata” karena takjub dan sekaligus iri terhadap pencapaiannya. Maka dari itu mari kita sama-sama belajar agar dapat mencapai kemenangan yang kita dambakan.

Untuk menjadi sang pemenang, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan yakni OPPA BULE. Buat teman-teman yang merasa selalu gagal dalam perlombaan, yakin sudah perhatikan OPPA BULE-mu? Ayo kita cek lagi.

OPPA BULE Cara Menang Lomba


Optimis

Tingkat optimisme juga erat kaitannya dengan kepercayaan diri kita. Itulah sebabnya kita harus dapat menjaga rasa percaya diri. Rasa optimisme ini pula merupakan hal yang sangat mendasar. You are what you think.  Jadi kalau kalian selalu berpikir pesimis dan menganggap bahwa diri kalian tidak cukup baik dan layak untuk memenangkan perlombaan itu, maka kemungkinan untuk gagal akan semakin besar. Akan tetapi sebaliknya, apabila kita senantiasa berpikir positif dan optimis, maka peluang untuk  menang akan semakin besar. Namun jika ternyata kalian tidak menang, rasa optimisme itu tidak akan merugikan kalian, bahkan justru akan menjadi pemacu semangat untuk terus berkarya dan berjuang. Lagipula, seperti kata pepatah,

“Kegagalan adalah keberhasilan yang tertunda”. So, jangan pernah berpikir pesimis lagi ya! Habiskan jatah gagalmu.

Potensi

Setiap orang memiliki kemampuan dan potensi yang berbeda-beda. Adalah tugas kita untuk dapat mengenali, menggali, serta mengembangkan potensi yang kita miliki. Salah satu upaya untuk dapat mengembangkan dan juga menyalurkan potensi adalah melalui kompetisi. Terdapat berbagai macam jenis kompetisi, mulai dari menulis, olahraga, seni, cerdas cermat, fotografi, dan masih banyak lagi, tinggal kita menyesuaikan dengan potensi dan kemampuan serta minat. Jangan sia-siakan potensimu ya, sob.

Pesaing

Pada setiap kompetisi tentunya kita mempunyai lawan atau pesaing. Salah satu tips untuk kalian adalah perhatikan dan kenali pesaingmu. Lihat lawan-lawan kalian sob, belajar dari mereka. Bukan hanya dari kehebatan mereka saja, melainkan juga dari kesalahan-kesalahan yang mereka perbuat. Jangan sampai kamu juga melakukan kesalahan yang sama. Dengan begitu, kalian jadi bisa tahu bagaimana cara para pesaingmu dalam menghadapi kompetisi ini. Eits, tapi perlu diingat ya, belajar dari pesaing bukan berarti kalian boleh mencontek.

Aturan dan Persyaratan

Sebelum memulai, pastikan kalian sudah memenuhi syarat dan ketentuan yang telah ditentukan oleh panitia penyelenggara lomba ya, sob. Jangan sampai  usaha maksimalmu jadi sia-sia dan kamu didiskulifikasi karena tidak memenuhi syarat dan ketentuan. Ikuti juga peraturan-peraturan saat lomba, sob.

Baru & Unik

Seperti yang sudah kita bahas sebelumnya bahwa kalian tidak boleh mencontek, sob. Nah, tips yang satu ini juga tidak kalah pentingnya, sob. Kalian sebaiknya mencoba dan menciptakan sesuatu yang baru dan unik. Untuk itu, diperlukan inovasi dan kreatifitas sehingga kita bisa menghasilkan ide-ide brilian. Beberapa perlombaan bahkan sangat memerlukan ide-ide fresh untuk dihadirkan, seperti contohnya pada kompetisi menulis, kompetisi seni, dan lain sebagainya. Kamu bisa menggali ide brilianmu melalui membaca, menonton, atau bisa juga dengan me-review ide-ide orang lain, kemudian memodifikasinya sehingga tercipta suatu ide yang lebih unggul dan inovatif. Selain itu, metode mengkaji atau studi kasus juga dapat memacu kalian untuk dapat melahirkan ide-ide segar dan mengasah kemampuan untuk dapat menyelesaikan masalah, sob.

Let Allah Do The Rest (Do’a)
Berdoa: It’s a must! Jangan lupakan poin ini ya, sob! Kita sebagai manusia harus terus berusaha untuk dapat mewujudkan impian, namun di samping itu, do’a juga penting. Do your best, let Allah do the rest.

Demikianlah tulisan mengenai Ingin Menang Lomba? Perhatikan OPPA BULE-Mu. Dengan penulis dalam artikel ini adalah Ameylia Krnianti. Semoga bisa menjadi inspirasi, baca juga tulisan lainnya;
  1. Cara Memanfaatkan Media Sosial Untuk Usaha 
  2. Seputar Pembahasan Menulis Esai 
  3. Cara Ampuh Lulus SNMPTN Bagi Lulusan SMK 
  4. Cara Lengkap Membuat Konsep Agenda Pawai

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ingin Menang Lomba? Perhatikan OPPA BULE-Mu"