Saat Ini, Lampung Punya 8 Tokoh Yang Patut Dijadikan Inspirasi

Tokoh di Lampung


Inspirasi memang datang dari manasaja, tak terkecuali inspirasi datang dari para tokoh atau seseorang yang telah berhasil, dan kemudian sebagai generasi muda kita berharap untuk bisa mengikuti jejak mereka yang telah terbukti membangun Indonesia bahkan membagun dunia.

Adapun inspirasi disini versi sepeutar pembahasan dikutib dari berbagai bidang yang berbeda, ada yang dari kepiawainannya soal kepenulisan, kepandaiannya soal pengeloaan uang, ketekunananya dalam berwirausaha, soal politik, pendidikan, bahkan ada soal pengoprasian komputer.

Mereka semua berasal dari Lampung (Baca: 4 Fakta Lampung), Sebagai masyarakat Lampung harus bangga dan berharap banyak genrasi-generasi mendatang seperti 8 tokoh dari lampung ini.

Siapa 8 tokoh dari Lampung yang menginspirasi?, berikut adalah jawaban yang berasal dari berbagai sumber dan literatur, silahkan mulai untuk dibaca, dihayatai, dan berharap mulai belajar dari tokoh lampung yang telah membuktikan dirinya sebagai sosok kebanggaan Lampung.

Pertama: Srimulyani Tokoh Inspirasi Lampung Saat Ini


Tokoh di Lampung


Wanita kelahiran 26 Agustus 1962 ini merupakan wanita yang lahir di Kota Bandar Lampung, Provinsi Lampung. Beliau adalah sosok wanita yang mampu membanggakan Indonesia, dimana Srimulyani pernah menjadi wanita dari Lampung sekaligus menjadi orang Indonesia pertama yang menjabat sebagai Direktur Pelaksana Bank Dunia.

Jabatan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini diemban Ibu Srimulyani mulai 1 Juni 2010 lalu, sampai akhirnya karena bekerja baik beliau tetap mau kembali di Indonesia untuk Menjabat sebagai Menteri Keuangan.

Padahal jabatan sebagai Direktur Pelaksana Bank Dunia dan Menteri Keuangan Indonesia jika dihitung gaji sangat jauh perbandingannya. Tapi beliau rela kembali untuk turut membangun negri.

Selain kebanggaan sebagai Wanita Indonesia pertama yang pernah menjadi Direktur Pelaksana Bank Dunia alumni SMP Negeri 2 Bandar Lampung ini juga, menjadi salah satu penggas Beasiswa LPDP (Lembaga Pengelola Dana Pendidikan). Wahh, keren ya Ibu Srimulyani.

Tokoh di Provinsi Lampung



Kedua: Zulkifli Hasan Tokoh Inspirasi dari Lampung Selatan



Tokoh inspirasi lampung kedua adalah Zulkifli Hasan, pria yang berasal dari Penengahan, Kabupaten Lampung Selatan, Provinsi Lampung. Beliau adalah politikus Partai Amanat Nasional (PAN) yang saat ini juga menjabat sebagai ketua Majelis Permusyawaran Rakyat (MPR) Republik Indonesia.

Sebelum menjabat sebagai Ketua MPR RI, Pak Zulkifli Hasan pernah menjabat sebagai Menteri Kehutanan pada tahun 2009 sampai 2014. Meskipun telah sukses dan patut kita banggakan Pak Zulkifli Hasan juga seringkali kembali ke Lampung. Bahkan dalam postingan facebook beliau, selalu mengatakan saya anak yang berasal dari Lampung. Keren, ya!

Ketiga: Aburizal Bakrie, Pria Keturunan Suku Lampung yang Pernah Menjadi Mentri, Ketua Umum Partai Golkar, dan Pengusaha Terkenal

Melihat sekilas tokoh lampung yang satu ini tentu dari fash wajahnya sudah dapat di tepak bahwa dia adalah suku Lampung. Meski secara kelahiran Aburizal Bakrie adalah di Jakarta, namun tetap dari keturanan ayah dan ibu adalah orang Lampung.



Kepiawaian dan pretasinyaalumni ITB (institute Teknologi Bandung) ini patut kita jadikan inspirasi, beliau bukan hanya di kenal sebagai pengusaha, mantan Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat , namun juga di kenal sebagai Ketua Umum Partai Golkar, meskipun pada saat ini sudah di gantikan oleh Setyanowanto.

Keempat: Eko Yuli Irawan Pemuda dari Lampung Yang Mendunia

Bagi sebagain besar masyarakat Indonesia barangkali masih tak lekang dengan ingatan tentang nama Eko Yuli Irawan, dia adalah pemuda lampung yang mampu berprestasi di perlombaan angkat besi dunia. Kemampuan dan prestasinya sungguh menginspirasi dan tidak dapat di ragukan lagi, misalnya saja yang baru di peroleh Eko Yuli Irawan pada tahun 2016 ini telah menjadi juara pada Olimpiade Rio di Brasil.



Pria kelahiran 24 Juli 1989 ini adalah Putra Asli Lampung, lahir dan belajar di Lampung. Sungguh ini adalah kembanggaan bagi masyarakat Lampung memiliki Eko Yuli Irawan. Semoga pemuda-pemuda di Provinsi Lampung bisa mengikutinya ya.

Kelima: Rahmad Darmawan Putra Metro yang Membanggakan

Rahmad Darmawan adalah sebuah nama yang tak asing lagi bagi masyarakat Indonesia, terutama para pecinta olahraga sepak bola. Rahmad Darmawan lahir di Metro (pada saat itu masih menjadi Kabupaten Lampung Selatan) pada tanggal 28 November 1966.



Alumni SMAN 1 Kotagajah ini pernah menjadi pelatih  Timnas Indonesia U-23. Selain menjadi pelatih, pria yang berusia 49 tahun ini juga pernah menjadi Kapten di Angkatan Laut Indonesia. Sungguh pretasi anak Lampung yang menginspirasi, ya

Keenam: Jim Geovedi Tokoh Hacker Asal Lampung yang Ditakuti Dunia


Orang Lampung memang berpresti dalam hal apasaja. Misalnya untuk tokoh inspirasi selanjutnya adalah Jim Geovedi. Beliau merupakan pemuda kelahiran 28 Juni 1979 di Provinsi Lampung. Sebagai orang yang ahli di bidang komputer khusunya menjadi hacker. Kemampuan dan kecerdasaannya tidak bisa diragukan.



Pemilik C2PRO Consulting ini pernah membantu Komisi Pemilihan Umum (KPU) dalam menguak kasus penjebol pusat data penghitungan suara pemilu tahun 2004. Meskipun beliau dikenal sebagai hacker tapi kemampuannya selalu untuk kebaiakan.

Perlu diketaui bahwa, dalam wawancara Deutsche Welle, Jim Geovedi pernah mengatakan jika dengan mengandalkan kemampuannya tersebut, ia dbisaengan mudah mengendalikan jaringan internet di seluruh Indonesia” Wah, luar biasa sekali, ya

Ketujuh:  Purdi E. Chandra, Putra Lampung Pendiri Primagama

Tokoh dari Lampung selanjutnya adalah Purdi E. Chandra. Pendiri sebuah lembaga kursus pertama dan sampai saat ini sangat terkenal di Indonesia. Dengan nama lembaga kursus  “Primagama” ini, Purdi E. Chandra mampu memiliki 20 anak perusahaan.



Selain sebagai pengusaha muda, pria kelahiran Punggur, Kabupaten Lampung Tengah (Baca: 10 Fakta Kabupaten Lampung Tengah) pada tanggal 9 September 1959 ini juga dikenal sebagai tokoh HIPMI (Himpunan Pengusaha Muda Indonesia) bahkan Purdi E. Chandra juga pernah menjabat sebagai anggota Majelis Permusyawaran Rakyat (MPR) Republik Indonesia (RI)

Kedelapan: Chelsea Oliwia Wijaya

Tokoh yang membanggakan dari Provinsi Lampung selanjutnya adalah Chelsea Oliwia Wijaya, seorang aktris Indonesia yang lahir di Kota Bandar Lampung pada tanggal 29 Juli Tahun 1992. Sebagai seorang aktris Chelsea Oliwia Wijaya penah menjadi 6 Pesinetron terbaik tahun 2012 versi Tabloid Bintang, selain menjadi pesinetron terbaik Chelsea Oliwia Wijaya juga pernah menjadi nominasi artis paling ngetop selama tiga kali berturut-turut pada ajang SCTV Awards.



Meskipun saat ini tinggal di Jakarta, tapi tetap ia pernah di besarkan di Provinsi Lampung, semoga bagi kalian bisa memotivasi ya, yang ingin bercita-cita menjadi seoarang aktris.

8 Tokoh lampung yang membanggakan itulah yang dapat dituliskan meskipun pada dasarnya ada banyak sekali yang belum disebutkan, seperti Muhammad Prasetyo (Jaksa Agung, Alumni Unila), Kangen Band, dan lain sebaginya. Semoga pembahasan kali ini mampu menjadi bekal untuk lebih bersemangat lagi dalam mencapai cita-cita. Ingat!, kita semua punya kesempatan yang sama, baik di desa atau di kota, asal punya usaha disertai do’a Tuhan pasti akan menggabulkan.

Baca: 7 Tempat Angker di Lampung

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Saat Ini, Lampung Punya 8 Tokoh Yang Patut Dijadikan Inspirasi"